7 Cara Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat dan Benar untuk Generasi Muda

  • Whatsapp
Cara Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat dan Benar

Sekolah Menengah Atas atau SMA merupakan lembaga pendidikan yang dirancang untuk mempersiapkan anak didik menuju perguruan tinggi. Seorang siswa seharusnya memiliki pengetahuan mengenai sebuah perguruan tinggi yang dituju setelah lulus SMA nanti. Maka dari itu siswa harus dibekali dengan cara memilih perguruan tinggi yang tepat dan benar.

Supaya tidak salah memiliki program studi yang nantinya dapat berpengaruh terhadap proses tercapainya cita-cita dan karir yang dimiliki siswa. Dengan pentingnya peran perguruan tinggi dalam menentukan masa depan, membuat banyak siswa merasa kesulitan dan masih bingung memiliki perguruan tinggi yang tepat.

Berikut akan dipaparkan beberapa pembahasan tentang cara memilih perguruan tinggi yang cocok untuk para siswa. Apa saja cara-cara nya, mari simak ulasan di bawah ini:

1. Mencari Informasi yang Lengkap Mengenai Berbagai Perguruan tinggi

Cara memilih perguruan tinggi yang tepat dan benar yang pertama adalah mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang perguruan tinggi tersebut. Informasi yang dapat dicari misalnya seperti bentuk-bentuk perguruan tinggi, status perguruan tinggi, dan program pendidikan yang tersedia di perguruan tinggi.

Selain itu siswa juga harus mengetahui informasi tentang jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi, apa yang harus dipelajari, bagaimana jenjang Karirnya. Serta apa saja yang harus dikerjakan secara detail dalam pekerjaan tersebut, apa persyaratan dan bagaimana prospek kedepannya.

2. Mengetahui Kemampuan Diri

Jika membaca buku pasti tahu tentang isi buku tersebut. Begitu pun jika siswa dapat membaca diri maka siswa dapat mengenal dan mengetahui tentang dirinya sendiri. Hal ini memudahkan ketika siswa hendak memilih perguruan tinggi terlebih jurusan dan program studi yang akan ditempuh.

Dengan mengenal diri sendiri, siswa akan mengetahui apa potensi yang dimiliki dan dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Dengan hal ini siswa dapat mencocokkan program studi dengan kemampuan bakat dan minat yang dimiliki.

3. Menyesuaikan Antara Tekad, Minat, Kemauan, dan Keinginan Harus Sejalan dengan Kemampuan

Ketika siswa memiliki tekad, bakat, minat, Kemauan, Dan Keinginan akan sangat menguntungkan jika dapat sejalan dengan kemampuan. Sehingga prestasi yang dapat diraih lebih maksimal. Namun kenyataannya yang sering terjadi keinginan minat tidak selalu sejalan dengan kemampuan yang dimiliki.

Cara memilih perguruan tinggi yang tepat dan benar berikut ini sering terjadi tidak sejalan. Seperti ingin bekerja dan memilih program studi akuntansi, namun kemampuan siswa dalam menghitung terbilang lemah dan kurang teliti. Pada intinya jika kemauan siswa sangat kuat, maka pasti akan memunculkan usaha yang keras. Dan usaha keras tersebut akan membuahkan hasil walaupun dalam waktu yang tidak sebentar.

4. Fokuskan Pilihan pada Jurusan, Bukan Perguruan Tinggi

Kualitas sebuah pendidikan tidak dapat ditentukan dari seberapa besar perguruan tinggi tersebut. Melainkan dari jurusan dan program studinya. Karena semua perguruan tinggi memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Misalnya seperti sebuah perguruan tinggi ternama, tidak semua jurusan dan program studinya bagus.

Begitu pun kebalikannya, tidak semua jurusan yang berasal dari perguruan tinggi yang tidak ternama, jurusan yang dimiliki terbilang jelek kualitasnya. Baik dan buruk sebuah jurusan dan program studi dapat dilihat dari status akreditasi jurusan, buka nama perguruan tinggi.

5. Cari Informasi Status Akreditasi

Mencari informasi mengenai status akreditasi jurusan merupakan cara memilih perguruan tinggi yang tepat dan benar serta penting dilakukan. Akreditasi dari suatu jurusan tertentu dapat dilihat melalui nilai seperti A, B, C, D, dan seterusnya. Biasanya status akreditasi jurusan dapat dilihat pada media promosi yang digunakan oleh perguruan tinggi.

Lalu jika permasalahannya ketika perguruan tinggi tidak mencantumkan status akreditasi jurusan pada media promosinya. Maka sudah dapat dilihat jika perguruan tinggi tersebut memiliki nilai status akreditasi jurusan yang kurang memuaskan. Karena jika status akreditasi jurusannya memiliki nilai yang baik pasti dicantumkan untuk menarik banyak peminat yang masuk perguruan tinggi tersebut.

6. Adakan Survey tentang Biaya Pendidikan di Perguruan tinggi

Hal ini perlu dilakukan untuk membuat rancangan anggaran selama masa pendidikan di perguruan tinggi. Rancangan ini dibuat untuk menghindari berbagai permasalahan yang mungkin terjadi. Misalnya putus kuliah karena alasan kekurangan biaya. Bahkan saat masa perkuliahan tersebut sudah berlangsung beberapa semester.

Baca juga: Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Yang Singkat

7. Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Berdoa merupakan sebuah komunikasi seorang hamba dengan sang pencipta. Semakin baik komunikasi yang terjalin maka semakin erat pula hubungan yang dimiliki. Hal tersebut sama seperti ketika dekat dengan seseorang maka peluang permintaan dikabulkan semakin besar. Begitu juga ketika hubungan dengan sang pencipta sudah dekat. Untuk mengabulkan segala keinginan hambanya pun sangat mudah, termasuk urusan pendidikan.

Itulah pembahasan mengenai 7 cara memilih perguruan tinggi yang tepat dan benar untuk masa depan generasi muda. Pembahasan diatas dapat menjadi pertimbangan ketika anak hendak memilih jurusan dalam sebuah perguruan tinggi. Sesuaikan juga antara minat, bakat, keinginan dan kemampuan anak untuk prestasi yang lebih maksimal lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *