Inilah Cara Mencari Kerja di Disnaker yang Bisa Dicoba!

  • Whatsapp

Hari demi hari, jumlah pengangguran mengalami peningkatan. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah menyediakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang salah satu fungsinya menyediakan pekerjaan bagi para pencari kerja. Namun, untuk mengisi setiap lowongan yang tersedia sangatlah kompetitif. Oleh karena itu dibutuhkan tips khusus guna mencapainya. Berikut ini cara mencari kerja di Disnaker yang bisa dicoba!

Cara Mencari Kerja di Disnaker

Sekilas Tentang Disnaker

Untuk mengatasi lonjakan angka pengangguran yang kian hari meningkat, pemerintah menyajikan Disnaker. Sebuah lembaga yang dinamakan Dinas Tenaga Pekerjaan, selanjutnya disebut dengan Disnaker. Lembaga pemerintah yang satu ini merupakan suguhan dari pemerintah yang memiliki fungsi untuk melakukan pembinaan, pengendalian serta pengawasan di bidang ketenagakerjaan.

Keberadaan Disnaker diharapkan menjadi langkah untuk mencetak calon pekerja yang berkemampuan khusus dan berkualitas. Memiliki fungsi utama menyajikan pelayanan terhadap pencari kerja. Selain itu, memberikan pelayanan terhadap setiap pemberi kerja/ suatu perusahaan.

Cara Mencari Kerja di Disnaker

Bagi yang baru lulus kuliah maupun yang masih pengangguran tentunya bersikeras untuk mencari lowongan pekerjaan. Salah satu yang banyak dicari yakni cara mencari kerja di Disnaker. Untuk mencetak hasil yang diinginkan, banyak langkah yang bisa dicoba. Di antara cara tersebut yakni sebagai berikut.

1.   Mengenali Potensi Diri

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mencari pekerjaan yakni mengenali potensi yang dimiliki. Memahami betul potensi diri akan lebih memudahkan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.

2.   Buatlah CV yang Menarik

Selanjutnya, cara mencari kerja di Disnaker lainnya yakni membuat CV/ Curiculum Vitae yang menarik. Pada dasarnya, HRD perusahaan bisa menilai tingkat keseriusan pelamar dari CV yang disajikan. CV yang disuguhkan kepada pemberi kerja di dalamnya harus terdapat informasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

3.   Cari Tahu Informasi Kelanjutan Surat Lamaran

Jika sudah mengirimkan surat lamaran via DIsnaker, maka aktif-aktiflah dalam mencari informasi selanjutnya. Keberlanjutan terkait surat lamaran yang diberikan hendaknya dipertanyakan, baik via telepon maupun langsung.

4.   Menggunakan Alamat Email yang Tepat

Di masa pandemi yang mengharuskan setiap orang untuk berada di rumah saja tentunya tidak menjadi penghalang dalam mencari kerja. Disnaker biasanya menyajikan informasi terkait pemberi kerja secara online begitupun cara pendaftarannya. Hal ini tentunya tidak lepas dari surat elektronik/ email. Pastikan alamat email yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah diingat.

5.   Memanfaatkan Relasi

Langkah lainnya yakni dengan memanfaatkan relasi baik teman dekat maupun kerabat. Cari tahu informasi terkait Disnaker yang menyajikan ragam pekerjaan. Tanyakan persyaratan yang dibutuhkan hingga alurnya dalam pendaftaran pekerja.

6.   Berpartisipasi dalam Job Fair

Cara mencari kerja di Disnaker lainnya yakni dengan mengikuti job fair. Hamper tiap tahunnya, Disnaker memiliki kegiatan job fair. Adapun di masa pandemi, job fair dilakukan secara online. Untuk bisa bergabung biasanya para pencari kerja bisa mendaftarkan diri dengan KTP yang dimiliki.

7.   Manfaatkan Media Sosial dengan Baik

Selanjutnya, memanfaatkan berbagai media sosial dengan baik. Ikuti Disnaker dalam setiap media sosial, baik Twitter, Instagram, Facebook dan sebagainya. Hal ini sebagai salah satu langkah agar senantiasa mendapatkan informasi terbaru terkait lowongan pekerjaan.

8.   Mulai Sekarang Juga

Cara lainnya yakni mulai sekarang juga, hindari  sikap menunda-nunda. Segerakan untuk keluar rumah dan mengeksplorasi berbagai peluang lapangan pekerjaan di luar sana. Carilah perusahaan yang sesuai dengan potensi diri. Selain itu, perkuat relasi dengan orang-orang yang berada di lingkungan sekitar Disnaker maupun para pemberi kerja.

Nah, itulah beberapa cara mencari kerja di Disnaker yang bisa dicoba. Tetap semangat dan pantang menyerah. Setiap kerja keras yang dilakukan tentunya akan berbuah hasil yang memuaskan. Selain itu, pastikan untuk berikhtiar disertai dengan doa kepada yang Mahakuasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *