Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP, Lakukan Hal Penting Ini!

  • Whatsapp

Indonesia memiliki salah satu program beasiswa, yaitu LPDP atau kepanjangan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Adapun cara mendapatkan beasiswa LPDP bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal penting yang ada. Bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan dana pendidikan bisa memperhatikan hal penting ini.

1. Cek Syarat Beasiswa LPDP

Dalam menjalani seleksi LPDP yang paling pertama diperhatikan adalah mengecek syarat apa saja yang dibutuhkan. Dengan cara melakukan registrasi online pada situs LPDP dengan memperhatikan beberapa hal penting, yaitu : membuat akun, melakukan verifikasi, klik menu daftar beasiswa yang akan ada program berdasarkan negara tujuan, bidang keilmuan, dsb.

Selanjutnya lengkapilah riwayat pendidikan serta pekerjaan yang sedang dijalani. Lengkapi pula kolom organisasi serta kolom lainnya untuk nilai TOEFL, workshop, riset dan sebagainya. Selanjutnya ungga dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat, proposal, dsb. Jika sudah melakukan prosedur dengan benar tinggal menunggu pengumuman saja.

2. Miliki Niat dan Tekad yang Kuat

Sebagai salah satu cara mendapatkan beasiswa LPDP adalah memiliki tekad yang kuat dari diri sendiri. Bagaimana menempa diri bahwa nanti akan banyak rintangan dan tantangan yang dihadapi. Perjuangkan cita-cita dan masa depan dengan mendaftar LPDP dan melakukan seleksi secara benar.

Jangan pernah berpikir untuk mundur dan merasa tidak mampu, karena hal ini akan memberikan aura negatif pada diri. Bangun kepercayaan diri saat akan mendaftar LPDP jangan sampai merasa kecil hati sebelum melangkah ke depan. Untuk mewujudkan cita-cita harus dibutuhkan perjuangan dan kerja keras yang besar, termasuk meraih LPDP.

3. Tentukan Pilihan yang Dituju

Saat akan melakukan pendaftaran LPDP, harus sudah menentukan pilihan apa yang akan diambil. Seperti universitas mana yang akan menjadi pilihan dan jurusan apa yang nanti akan ditempuh. Dalam memilih hal tersebut, lihatlah universitas mana yang sesuai dengan kebutuhan jurusan yang diambil.

Selain itu perhatikan pula grade dan fasilitas yang ada di universitas  tersebut. Jurusan yang diambil harus jelas dan bisa memberikan dampak kepada masyarakat luas. Biasanya pihak LPDP akan mempertanyakan hal tersebut. Dan sajikan essay study plan dengan alasan yang kuat agar pihak LPDP yakin.

4. Tingkatkan TOEFL dan IELTS

Cara mendapatkan beasiswa LPDP selanjutnya yaitu meningkatkan skill untuk TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Sementara itu IELTS yaitu International English Language Test System yang merupakan tes berbahasa Inggris untuk tujuan akademik, imigrasi hingga rekrutmen ketenagakerjaan dari negara lain. 

Sementara itu untuk TOEFL dikhususkan bidang akademik serta institusi pendidikan. Manfaatkan belajar yang lebih baik lagi dengan mencari tempat menunjang untuk TOEFL dan IELTS ini. Biasanya tes paling sulit saat bagian writing, maka perdalam hal tersebut saat akan tes. 

Selain itu ada pula kompetensi seperti reading, listening beserta speaking yang harus dikuasai saat tes IELTS atau TOEFL. Agar bisa mencapai skor maksimal dan memenuhi syarat untuk beasiswa LPDP.

5. Persiapan Sertifikasi Bahasa dan LoA

Mempersiapkan sertifikasi bahasa dan LoA merupakan tambahan dokumen dan optimalisasi saat mendaftar LPDP. Cobalah untuk mengikuti pelatihan atau les bahasa sesuai negara yang dituju. Gunakan kesempatan tersebut untuk berkomunikasi secara intensif dengan pihak LPDP universitas.

Sertifikasi LoA atau Letter of Acceptance merupakan salah satu poin plus bagi pendaftar LPDP. Sehingga pihak LPDP dan universitas bisa mempertimbangkan berdasarkan sertifikasi bahasa serta LoA yang dimiliki. Dengan melakukan persiapan maksimal tentu bisa mendapatkan hasil memuaskan dari LPDP.

6. Siapkan Visi Misi

Hal penting sebagai salah satu cara mendapatkan beasiswa LPDP adalah penentuan visi misi. Untuk memastikan visi misi yang dimiliki bisa disesuaikan dengan bidang yang akan diambil nantinya. Pada saat melakukan wawancara. Pihak interviewer LPDP akan menanyakan hal tersebut.

Jawablah dengan jujur, memiliki karakter baik, integritas tinggi, punya pengetahuan dan siap sedia melayani bangsanya. Persiapkan diri sebagai seorang yang memiliki attitude baik, serta semangat membantu masyarakat nantinya. Dan memaparkan visi misi dengan baik bisa menjadi penentu mendapatkan beasiswa LPDP.

7. Berikan Kontribusi untuk Bangsa

Saat mendaftar LPDP maka seseorang harus memiliki niat yang kuat dan berkontribusi untuk bangsa nantinya. Hal inilah yang dibutuhkan bangsa saat para putra bangsanya menyebar menimba ilmu hingga negara lain. Pencapaian yang luar biasa ketika selesai studi dengan beasiswa LPDP yaitu kontribusi.

Melakukan kontribusi harus didasarkan pada hal yang kuat serta penting dilakukan. Sehingga nantinya akan menghasilkan perjuangan maksimal serta membawa nama bangsa lebih baik lagi. Biasanya hal ini diwujudkan dan dituangkan lewat essay setelah masuk seleksi beasiswa LPDP

Dengan adanya beberapa cara mendapatkan beasiswa LPDP memang harus lebih fokus ke diri sendiri. Bagaimana melakukan persiapan mulai dari persyaratan hingga mental yang dimiliki. Sehingga saat melangkah dan mempunyai tujuan mulia bisa terwujud. Dan LPDP bisa menjadi salah satu jalan terbukanya cita-cita diri menuju masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *