Inilah Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Mudah dan Tidak Ribet

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Android Lemot

Smartphone android yang kerap kali digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun keluarga. Namun siapa sangka jika smartphone ini juga kerap kali mengalami masalah seperti lemot. Sehingga seseorang perlu mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi android lemot dengan mudah dan tidak ribet.

Penyebab Smartphone Android Lemot

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa smartphone tipe android terkadang memiliki masalah yaitu lemot saat digunakan. Akan tetapi masih banyak pengguna yang tidak mengetahui hal apa yang menjadi penyebabnya. Maka dari itu, berikut ini merupakan paparan lengkap tentang hal yang menjadi penyebab smartphone android lemot:

1. Ruang Penyimpanan Android Penuh

Kapasitas penyimpanan setiap smartphone tentu memiliki batas. Apabila sudah mencapai batas, ruang penyimpanan smartphone menjadi penuh dan membuat smartphone lemot. Penuhnya ruang penyimpanan pada smartphone disebabkan karena banyaknya file yang telah disimpan oleh pengguna. File yang dimaksud seperti foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya.

Sangat disarankan jika menyimpan file sebaiknya melihat kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh smartphone. Apabila kapasitas penyimpanan yang disediakan tidak terlalu besar, maka jangan menyimpan file yang memiliki kapasitas besar. Hal tersebut membuat kinerja smartphone android menjadi lambat atau lemot pada saat digunakan oleh pengguna.

2. Banyaknya Aplikasi Yang Dijalankan

Meskipun memiliki banyak aplikasi yang didownload pada smartphone, namun pengguna tidak boleh menjalankannya sekaligus. Jika pengguna membuka atau menjalankan aplikasi tersebut dalam jumlah banyak secara bersamaan, tentu membuat smartphone menjadi lemot. Hal tersebut pula membuat kapasitas RAM yang disediakan smartphone dapat terkuras.

Maka dari itu, pengguna sebaiknya menutup sebagian aplikasi yang sudah dibuka namun tidak digunakan. Selain itu, adanya aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan. Untuk mengurangi kapasitas RAM yang digunakan oleh aplikasi bawaan tersebut adalah dengan menonaktifkan aplikasinya melalui pengaturan.

3. Menggunakan Widget Secara Berlebihan

Widget dapat diartikan sebagai tampilan untuk aplikasi yang bersifat mini dan dapat disematkan pada aplikasi yang lain. Aplikasi lain yang dimaksud seperti layar utama smartphone yang nantinya akan menerima pembaruan atau update secara berkala. Selain itu, widget ini biasanya bisa ditemukan pada tampilan pada awal layar smartphone android yang dimiliki.

Widget ini merupakan istilah lain dari aplikasi yang dapat dibuka hanya melalui tampilan layar utama. Selain itu, widget yang digunakan secara berlebihan dapat menjadi penyebab smartphone lemot dan membuat baterai cepat habis. Olehnya itu, pengguna sebaiknya membatasi terkait penggunaan jumlah widget agar tidak menyebabkan smartphone android lemot.

4. Banyaknya Tumpukan Cache Aplikasi

Cache dapat diartikan sebagai sisa sampah pada saat pengguna menjalankan aplikasi yang terdapat pada smartphone. Meskipun cache ini hanya disimpan sementara pada memori telepon namun tidak menutup kemungkinan membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Karena memang isi dari cache ini adalah rekam jejak pada saat menggunakan aplikasi.

Apabila cache aplikasi tersebut menumpuk, maka ruang penyimpanan menjadi penuh dan membuat smartphone menjadi lemot saat digunakan. Untuk menghindari hal ini, pengguna sebaiknya menghapus cache secara berkala dan dapat dihapus secara manual. Dimana cara menghapus manual cache adalah dengan masuk ke pengaturan smartphone dan pilih aplikasi.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab smartphone android menjadi lemot memang hanya disebabkan oleh hal kecil yang jarang diketahui. Lantas bagaimana jika penyebab tersebut sudah terjadi pada smartphone? Seseorang tidak perlu khawatir jika penyebab tersebut terjadi pada android karena masih diatasi. Berikut merupakan paparan terkait cara mengatasi android lemot dengan mudah:

1. Menggunakan Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus sangat wajib didownload pada android karena memiliki banyak manfaat yang diberikan untuk smartphone. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengatasi smartphone android yang lemot saat digunakan pengguna nantinya. Namun aplikasi antivirus yang akan digunakan sebaiknya satu saja sehingga tidak memakan ruang penyimpanan yang banyak.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Banyaknya aplikasi pada android memang menjadi penyebab android lemot. Maka dari itu, hapus aplikasi yang memang tidak digunakan sehingga tidak boros terhadap ruang penyimpanan. Cara menghapus aplikasi ini adalah masuk ke pengaturan, aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus. Namun sebelumnya hapus data aplikasi dan uninstall aplikasi tersebut.

3. Nonaktifkan Auto Update

Dengan mengaktifkan fitur auto update untuk aplikasi, secara otomatis melakukan  pembaruan pada aplikasi yang ada. Hal ini memberikan pengaruh yang tidak baik terhadap android karena dapat membuatnya menjadi lemot. Sehingga dengan menonaktifkan fitur ini merupakan salah satu cara mengatasi android lemot dengan mudah melalui menu pengaturan.

Itulah penjelasan singkat terkait dengan apa yang menjadi penyebab android menjadi lemot. Selain penyebab, cara mengatasi android lemot pun dipaparkan sehingga dapat dilakukan apabila memiliki android yang lemot. Memang cara yang dapat dilakukan ini cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan begitu, android tidak akan lemot ketika digunakan nantinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *