11 Cara Mengatasi HP Lemot (Android Semua Merk) & Penyebab

Advertisements
Cara Mengatasi HP Lemot Tanpa Aplikasi

Mau secanggih apapun handphone kamu akan ada saatnya handphone mendadak lemot, tentu hal ini menyebalkan tapi tenang saja karena sudah ada cara mengatasi HP lemot dengan cepat dan mudah.

Semua cara di bawah ini bisa kamu terapkan langsung tanpa perlu mendownload aplikasi pihak ketiga, apalagi mengganti HP lama ke HP yang baru.

Sebelum membahas cara mengatasi handphone yang lemot, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa saja penyebab HP bisa lemot, agar kamu bisa mengantisipasi HP yang mendadak lemot.

Penyebab Smartphone Menjadi Lemot

1. Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan

Pengguna smartphone sering mengabaikan memori penyimpan, mereka langsung download aplikasi dengan jumlah banyak tanpa peduli resikonya.

Padahal aplikasi yang menumpuk dan jarang dipakai bisa memakan banyak memori penyimpanan. Jika dibiarkan kinerja smartphone akan melambat.

Makanya kamu disarankan untuk mendownload aplikasi yang sesuai kebutuhan dan memang akan dipakai dalam jangka waktu yang lama.

2. Baterai HP berkurang

Baterai HP berkurang

Saat baterai smartphone mengalami kerusakan bisa membuat kualitas baterai menurun, sehingga menyebabkan performa atau kinerja smartphone ikut menurun.

Disarankan untuk merawat ketahanan baterai dengan cara tidak charger smartphone dalam waktu yang lama, jika baterai sudah full 100% segera cabut kabel casan.

3. Update sistem operasi yang tidak sesuai

Update sistem operasi yang tidak sesuai

Tindakan update sistem operasi sangat perlu dilakukan karena bisa berpengaruh pada peningkatan kinerja smartphone.

Tapi ada tindakan update sistem operasi malah memakan tempat sendiri pada memori internal. Makanya kamu perlu pertimbangkan dulu mana sistem operasi yang sesuai dan perlu di update.

Masalahnya jika kapasitas memori dan RAM rendah bisa berakibat pada penurunan kinerja smartphone. Makanya kamu sering mengalami smartphone yang mendadak lemot.

4. Memori internal penuh

Memori internal penuh

Kinerja kecepatan memori internal saat menyimpan data akan menurun, salah satu penyebabnya adalah jumlah data yang disimpan terlalu banyak.

Data yang dimaksud yaitu foto, aplikasi, video, dan file lainnya. Terutama file-file lama yang sudah tidak terpakai namun tidak cepat dihapus. Hal ini dapat berpengaruh pada kinerja memori internal smartphone.

5. RAM & memory flash storage menurun

RAM & memory flash storage menurun

Terakhir, saat kualitas RAM dan memori flash storage mengalami penurunan bisa membuat kinerja handphone jadi lambat.

Penyebab kualitas RAM & memori flash storage menurun adalah terlalu banyak aktivitas penulisan dan penghapusan data.

Tutorial Cara Mengatasi HP Lemot

1. Perhatikan jumlah memori smartphone

Perhatikan jumlah memori smartphone

Setiap smartphone memiliki spesifikasi memori yang berbeda, dan kapasitas memori internal sangat berpengaruh pada kinerja atau performa smartphone.

Jika kapasitas memori internal hampir penuh bisa dipastikan kinerja smartphone menjadi lambat dan lemot.

Cara mengatasinya dengan mengurangi dan menghindari menyimpan data dalam jumlah banyak, jika ada data yang sudah tidak diperlukan segera dihapus.

Penghapusan data yang tidak penting bisa membantu menambah ruang penyimpanan pada memori internal. Sehingga membantu meningkatkan kinerja smartphone.

2. Update software secara berkala

Update software secara berkala

Saat ada notifikasi update software segera lakukan proses update. Tindakan update software berfungsi untuk memperbaiki masalah yang secara tidak sengaja terbawa oleh sistem sebelumnya.

Kamu bisa lakukan update software smartphone dengan cara berikut:

  • Buka menu setting di smartphone.
  • Klik menu about.
  • Klik menu system update.
  • Klik menu check for update.

Cara tersebut juga bisa kamu gunakan saat ada notifikasi dari Google Play Store, dimana kamu harus mengupdate beberapa aplikasi.

3. Kurangi memakai widget

Kurangi memakai widget

Tampilan smartphone akan semakin menarik saat kamu memakai widget pada tampilan homescreen. Widget berfungsi sebagai alternatif memantau aplikasi tanpa perlu membuka aplikasi sebelumnya.

Namun, penggunaan widget berlebihan dapat memakan banyak RAM, sehingga performa smartphone jadi menurun. Jadi disarankan untuk memakai widget sesuai kebutuhan saja.

4. Cek koneksi WiFi dan data internet

Cek koneksi WiFi dan data internet

Jaringan data internet atau WiFi yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab lemotnya smartphone.

Saat performa smartphone menurun coba untuk cek jaringan WiFi, jika ada gangguan coba alihkan ke jaringan WiFi lain yang sinyalnya lebih kuat, atau matikan WiFi dan data internet sejenak lalu nyalakan kembali.

5. Reset ulang pengaturan HP

Reset ulang pengaturan HP

Cara lainnya kamu bisa melakukan reboot atau reset smartphone untuk menyetel ulang sistem, agar performa smartphone kembali ke pengaturan awal dari pabrik.

Selain itu kamu bisa restart smartphone, lalu tunggu sampai sistem penyegaran smartphone kembali normal seperti biasanya.

6. Hapus data cache

Hapus data cache

Bagi pengguna Android dan iOS disarankan untuk membersihkan data cache secara rutin, lewat menu pengaturan di smartphone.

Saat cache dibiarkan menumpuk akan berakibat performa smartphone menurun, sehingga smartphone sering lemot dan kinerjanya kurang maksimal.

7. Matikan Auto Sync

Matikan Auto Sync

Filter Auto Sync diaktifkan untuk menghubungkan semua akun yang sudah terpasang. Namun hal ini punya dampak besar pada performa smartphone.

Saat smartphone sudah mulai lambat atau lemot, kamu bisa mematikan fitur Auto Sync saat di jam santai. Lalu kamu bisa memakai aplikasi Accounts Sync Profiler dan MacroDroid – Device Automation, fungsinya untuk menghemat baterai pada smartphone.

8. Pakai custom ROM

Pakai custom ROM

Kamu perlu ingat kalau tindakan rooting smartphone tidak akan bisa langsung membuat kinerja smartphone jadi lebih cepat.

Coba kamu pakai custom ROM untuk menghilangkan bloatware bawaan di smartphone. Jangan lupa untuk reset smartphone sebelum memilih ROM yang cocok dengan smartphone kamu.

Tindakan memakai custom ROM ternyata dapat membantu mengatasi kinerja smartphone yang lemot menjadi lebih cepat.

9. Lakukan Factory Reset

Lakukan Factory Reset

Tindakan Factory Reset dilakukan sebagai bentuk mengembalikan kecepatan performa pada smartphone.

Cara ini akan membuat smartphone kembali ke setelan awal atau setelan pabrik, dan memastikan semua data penting sudah di pindahkan ke tempat yang aman.

10. Matikan animasi di smartphone

Matikan animasi di smartphone

Penggunaan animasi ternyata mencuri beberapa kapasitas pada RAM di smartphone. Kamu bisa matikan animasi untuk mengatasi kelemotan di smartphone dengan cara berikut:

  • Buka menu setting.
  • Klik menu developer options.
  • Klik tombol nonaktifkan pada windows animation scale, animator duration scale dan transition animation scale.

11. Matikan aplikasi yang tidak terpakai

Matikan aplikasi yang tidak terpakai

Cara mengatasi HP lemot terakhir bisa dengan mematikan beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai. Memakai banyak aplikasi akan memakan banyak ruang penyimpanan, apalagi kalau aplikasi tersebut sudah lama tidak dipakai.

Hal tersebut dapat membuat performa HP jadi lemot, jadi disarankan segera hapus aplikasi yang memang sudah tidak dipakai lagi. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus karena sudah bawaan dari sistem dan tetap berjalan walau tidak dipakai.

Untuk menghentikannya kamu bisa lakukan cara berikut ini :

  • Buka menu setting di smartphone.
  • Klik menu tab running.
  • Pilih aplikasi yang sudah tidak dipakai, lalu klik disable.

Cukup mudah bukan tutorial diatas, semua tutorial ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan tukang service. Jadi tidak perlu keluar uang untuk biaya service handphone.

Selain itu semua cara mengatasi HP lemot tersebut bisa dilakukan tanpa aplikasi pihak ketiga, jadi gak perlu lagi download aplikasi sana sini yang malah makan banyak memori. Selamat mencoba.

Baca Juga: 3 Cara Berlangganan Mola TV via Web, Indihome dan Aplikasi HP