9 Cara Menggabungkan File PDF di Android Online & Dengan App

Advertisements
9 Cara Menggabungkan File PDF di Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Pasti kamu pernah diharapkan dengan tugas atau pekerjaan yang mengharuskan kamu, menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dengan cepat. Menggunakan cara menggabungkan file PDF di Android bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Cukup melalui aplikasi di HP Android kamu sudah bisa menggabungkan beberapa file PDF, dengan proses mudah dan tidak perlu menunggu lama. Lainnya jika kamu menggunakan perangkat PC atau laptop akan yang memakan proses yang cukup lama dah kurang praktis.  

Menggabungkan file PDF di perangkat Android bisa dilakukan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Jadi, bagi kamu yang memiliki ruang memori internal terbatas jangan khawatir karena ada solusinya.

Cara Menggabungkan File PDF di Android Lewat Situs Online

Kamu bisa menggabungkan file PDF menjadi satu tanpa perlu mengunduh aplikasi tertentu. Jadi, cara ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka menginstal banyak aplikasi karena takut mengganggu performa HP.

Cara menggabungkan PDF online ini juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang memiliki memori internal dan eksternal yang terbatas. Melalui beberapa situs online di bawah ini kamu bisa menyatukan beberapa file PDF menjadi satu dengan mudah.

Berikut ini beberapa cara menggabungkan file PDF secara online dengan mudah dan gratis.

1. Adobe Acrobat Online

Adobe Acrobat Online cara menggabungkan file pdf

Situs untuk menggabungkan PDF online yang pertama, yaitu Adobe Acrobat Online yang bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut ini cara menggunakan situs Adobe Acrobat Online untuk menyatukan file PDF:

  • Buka situs adobe.com di aplikasi browser HP
  • Di bagian atas layar utama, klik menu PDF & E-Signatures
  • Kemudian klik menu Online Tools
  • Selanjutnya klik tombol Edit lalu klik Merge PDFs
  • Untuk mengunggah file PDF kamu perlu klik Select Files lalu pilih file PDF yang diinginkan
  • Berikutnya atur tata letaknya agar sesuai urutan yang kamu inginkan
  • Setelah itu klik Merge Files
  • Langkah terakhir unduh file PDF yang telah digabungkan tersebut

2. Smallpdf

Smallpdf cara menggabungkan file pdf

Cara menggabungkan PDF online juga bisa kamu lakukan di situs resmi Smallpdf.com dengan mudah dan gratis. Berikut ini cara menyatukan file PDF dengan mudah melalui situs Smallpdf.com:

  • Buka situs smallpdf.com di browser HP
  • Lalu scroll ke bawah lalu pilih Merge PDF
  • Selanjutnya kamu perlu klik Choose Files kemudian pilihlah file PDF yang diinginkan
  • Setelah itu kamu perlu mengatur urutan file PDF sesuai yang kamu inginkan
  • Jika sudah selesai klik Merge PDF
  • File PDF yang sudah digabungkan akan secara otomatis diunduh

3. Sodapdf

Sodapdf

Cara menggabungkan file PDF di Android selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan situs Sodapdf.com secara gratis. Berikut ini langkah-langkah menyatukan file PDF 8 Sodapdf.com dengan mudah:

  • Buka situs sodapdf.com di browser HP-mu
  • Lalu klik Online Tools lalu klik Merge PDF
  • Berikutnya pilih file PDF yang akan kamu gabungkan
  • Setelah berhasil mengunggah file PDF yang diinginkan selanjutnya aturlah urutannya sesuai yang diinginkan
  • Setelah selesai mengatur tata letaknya klik Merge Files
  • Kamu bisa langsung mengunduh file PDF yang sudah disatukan tersebut dengan klik tombol Download File atau tombol Preview File untuk melihatnya terlebih dulu

Aplikasi untuk Menggabungkan File PDF secara Gratis dan Mudah

Jika, kamu memiliki cukup banyak ruang memori internal HP maka tidak ada salahnya mencoba cara ini. Selain, lebih mudah dan praktis kamu juga bisa menggunakan aplikasi di bawah ini secara gratis alias tanpa biaya langganan.

Cara download aplikasi gabung PDF juga cukup mudah karena sudah tersedia secara gratis di Google Play Store. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk menggabungkan file PDF.

1. iLovePDF

iLovePDF

Rekomendasi aplikasi yang pertama ini bernama iLovePDF yang memiliki tampilan antar muka simpel. Sehingga mudah dioperasikan dengan mudah, bahkan bagi orang awam yang tidak pernah menggabungkan file PDF sekalipun.

Tidak hanya menawarkan fitur menggabungkan file PDF, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur. Contohnya seperti mengubah foto JPG menjadi PDF, Mengisi formulir PDF, mengompres file PDF, dan fitur-fitur lainnya.  

Aplikasi ini tidak hanya tersedia di perangkat Android tapi juga bisa digunakan untuk pengguna perangkat iOS.

2. Combine PDF App

Combine PDF App

Cara  menggabungkan file PDF di Android  selanjutnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi bernama Combine PDF App. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

Aplikasi ini menyediakan beberapa menu dan tools yang akan membantu kamu, melakukan proses edit dan menggabungkan file pdf menjadi satu hanya dalam beberapa detik saja.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, pertama kamu perlu memilih file yang diungkapkan lalu gabungkan dengan klik tombol (+).

3. PDFelement

PDFelement

Aplikasi penggabung file PDF selanjutnya, yaitu PDFelement yang bisa kamu unduh di Google Play Store secara gratis. Tidak hanya memiliki fitur untuk menggabungkan file menjadi satu tapi juga mempunyai berbagai fitur edit file lainnya.

Di aplikasi ini, kamu juga bisa menambahkan komentar, tanda tangan, menggarisbawahi kata atau kalimat, dan fitur-fitur menarik lainnya. Setelah selesai menggabungkan file PDF kamu bisa langsung mengirimnya ke aplikasi lain, seperti email, WhatsApp, Telegram, dan lainnya.

4. Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor cara menggabungkan file pdf

Untuk mengedit file PDF kamu bisa download aplikasi gabung PDF satu ini secara gratis di Google Play Store. Xodo PDF Reader & Editor tidak hanya bisa menggabungkan file PDF tapi juga membuka file PDF yang dibaca.  

Cukup melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai proses edit file PDF dengan mudah dan cepat. Mulai dari menggabungkan file PDF, memisahkan file PDF, menandatangani file PDF, mengisi formulir file PDF, menambahkan garis bawah, dan fitur-fitur lainnya.

Aplikasi Xodo PDF Reader & Editor ini juga telah dilengkapi dengan fitur mode malam, yang nyaman digunakan membaca du malam hari.

5. PDF Utility

PDF Utility cara menggabungkan file pdf

Aplikasi PDF Utility ini termasuk aplikasi yang mempunyai banyak menu dan tools untuk mengedit file PDF. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store secara gratis dan bisa langsung menggunakannya untuk menggabungkan file PDF.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini kamu juga bisa membaca file PDF, memisahkan file PDF, mengunci file PDF, buka kunci file PDF, mengekstrak halaman, mengekstrak gambar, memutar halaman PDF, dan fitur menarik lainnya.

6. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Selain, tersedia dalam versi webnya platform Adobe Acrobat ini juga tersedia versi aplikasinya. Melalui aplikasi Adobe Acrobat Reader kamu bisa membaca dan menggabungkan file PDF dengan mudah dan cepat.

Berdasarkan jumlah penggunanya, aplikasi ini cukup populer dan sudah diunduh oleh 500 juta orang. Aplikasi buatan Adobe memang tidak perlu diragukan lagi karena tersedia beragam fitur dan tools edit file PDF.

Namun, untuk menggunakan seluruh fitur yang disediakan kamu perlu membayar biaya berlangganan terlebih dulu. Tapi, meskipun tidak membayar biaya langganan tersebut kamu masih bisa menikmati beberapa fitur yang tersedia secara gratis.

Jadi, itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi edit file PDF, yang bisa kamu coba untuk menggabungkan beberapa file PDF dengan mudah dan cepat. Hampir semua situs dan aplikasi edit file PDF di atas bisa digunakan secara gratis dengan proses yang cepat.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, karena dengan menggunakan cara menggabungkan file PDF di Android dari pembahasan di atas. Kamu bisa lebih mudah melakukannya bahkan hanya dalam waktu hitungan detik.

Baca Juga: 2 Cara Restart HP Xiaomi (Semua Seri) via Tombol Power/Settings