9 Cara Menghemat Baterai HP Tanpa Aplikasi (Semua Merk)

9-Cara-Menghemat-Baterai-HP-Tanpa-Aplikasi

Baterai merupakan salah satu perangkat di HP yang dinilai paling sensitif. Pada umumnya, orang kerap mengeluh dan mendapati fakta bahwa baterai bocor atau cepat habis. Salah satu penyebabnya adalah pemakaian baterai yang boros. Sebenarnya, terdapat cara menghemat baterai HP yang bisa digunakan.

Cara menghemat baterai tersebut umumnya melibatkan perubahan pengaturan beberapa fitur yang ada di sana. Menerapkan gaya pemakaian HP dengan baterai yang hemat akan memberi banyak keuntungan bagi penggunanya. Selain baterai tahan lama, durabilitas baterai akan meningkat dalam jangka panjang.

Membiasakan diri menggunakan HP dengan pemakaian baterai yang hemat akan membuat kesehatan baterai lebih terjaga. Tingkat keawetannya pun akan meningkat. Meskipun sudah ada power bank dan teknologi fast charging, menghemat baterai smartphone merupakan sikap positif yang harus dibudayakan.

Tips Cara Menghemat Baterai HP Anti Ribet

Cara melakukan penghematan baterai HP sangat mudah dipraktikkan. Kamu umumnya hanya perlu melakukan pengaturan ulang dan menggunakan HP dengan cara yang benar. Daya baterai HP bisa dihemat tanpa menggunakan aplikasi apapun. Tidak ada aplikasi real yang bisa membuat baterai jadi kuat.

Berikut adalah 9 cara menghemat daya baterai HP tanpa menggunakan aplikasi.

1. Gunakan Fitur Penghemat Baterai

Gunakan-Fitur-Penghemat-Baterai

Fitur penghemat daya atau baterai merupakan fitur yang umumnya sudah ada pada smartphone saat ini. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, sistem akan dibuat bekerja dengan menghemat baterai. Sistem akan membuat pengaturan secara otomatis yang nantinya bisa menghemat daya baterai seefektif mungkin.

Memang, terdapat kekurangan pada fitur ini. Ketika sistem menghemat daya, akan ada pengorbanan berupa pengurangan kualitas performa dan fitur-fitur yang dinon-aktifkan atau dikurangi kemampuannya. Jika performa tidak ingin dibatasi, gunakan saja fitur ini ketika baterai dalam kondisi sudah mau habis.

2. Kurang Cahaya Layar

Kurang-Cahaya-Layar

Cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah mengurangi cahaya layar. Cahaya yang muncul di layar tentu menggunakan daya agar bisa muncul. Prinsipnya, semakin banyak atau besar cahaya yang dikeluarkan maka pemakaian baterai akan semakin besar. Pemakaian baterai akan semakin boros.

Untuk menghadapi situasi tersebut, kamu bisa mengatur kecerahan dan mengurangi tingkat kecerahan layar agar pemakaian baterai menjadi lebih hemat. Keuntungan yang kamu dapat dari membuat cahaya tidak terlalu terang bukan hanya itu. Matamu juga akan lebih nyaman melihat layar HP selama berjam-jam.

3. Jangan Gunakan Widget di Layar Home

Jangan-Gunakan-Widget-di-Layar-Home

Widget memang memiliki banyak manfaat dan bisa mempermudah beberapa akses dan pemakaian fitur yang ada di smartphone. Namun, widget ini terutama di Homescreen bisa mengurangi pemakaian baterai. Jika terlalu banyak digunakan, maka baterai bisa cepat habis dan hal tersebut kadang tidak disadari.

Untuk menghemat baterai dan membuat pemakaian baterai efektif, jangan gunakan widget di layar Home. Lebih baik, kosongkan Homescreen dan singkirkan widget-widget yang kamu anggap pemakaiannya tidak terlalu penting. Wallpaper yang berwarna hitam bisa membuat pemakaian baterai bisa lebih hemat lagi.

4. Buat Waktu Stand By Sebentar Saja

Buat-Waktu-Stand-By-Sebentar-Saja

Rasanya, tidak ada urgensinya HP selalu hidup cahayanya ketika HP tersebut tidak digunakan. Umumnya, waktu Stand By di HP akan membuat HP selalu siap sedia ketika kamu akan menggunakannya. Ketika mode tersebut aktif, begitu juga pemakaian dari baterai, apalagi jika cahaya layar begitu terang benderang.

Dalam situasi yang umum, tidak ada untungnya memasang waktu Stand By yang lama. Dengan memasang waktu Stand By yang sebentar, cahaya pada layar HP akan mati dan dengan demikian, pemakaian baterai pun bisa lebih dihemat. Daya baterai smartphone menjadi efektif digunakan dan tidak terbuang percuma.

5. Matikan Getar HP

Matikan-Getar-HP

Mematikan fitur getar di HP adalah cara menghemat baterai HP selanjutnya. Fitur getar yang ada di HP memang membuat penggunanya bisa mengetahui pesan dan panggilan masuk dengan lebih jelas. Selain suara yang kencang, getaran juga bisa menjadi penanda yang efektif untuk memberi informasi penting.

Namun, fitur getar yang ada di HP ini ternyata merupakan salah satu penyebab kenapa baterai cepat terkuras dayanya. Fitur ini tergantikan dan bisa dikatakan tidak terlalu penting. Setiap kali HP bergetar, baterai akan menyumbangkan dayanya. Mematikan fitur getar akan membuat hemat pemakaian beterai.

6. Matikan GPS

Matikan-GPS

Fitur lokasi atau GPS yang ada di HP dan kamu aktifkan ternyata memakan daya materai. Hal ini tidak banyak disadari. Jika tidak diperlukan hal yang paling dianjurkan adalah mematikan fitur tersebut. Fitur GPS atau lokasi memang bermanfaat untuk menemukan lokasi atau alamat menggunakan peta GPS.

Namun, fitur ini tidak diperlukan ketika kamu tidak sedang melakukan pencarian atau tidak sedang ingin dicari. Tidak ada manfaat atau urgensi untuk menghidupkan fitur ini. Dalam situasi tersebut, lebih menguntungkan jika kamu mematikan fitur ini untuk melakukan penghematan daya baterai smartphone.

7. Tutup dan Bersihkan Aplikasi

Tutup-dan-Bersihkan-Aplikasi

Ketika HP dijalankan, kamu sebenarnya sedang juga menjalankan aplikasi yang hidup di background sistem. Aplikasi semacam ini tidak banyak diketahui dan tidak disadari eksistensinya. Ketika aplikasi ini dibuka dan bekerja di bagian background, aplikasi ini juga turut mengkonsumsi daya smartphone-mu.

Untuk itu, kamu sangat dianjurkan untuk menemukan dan mematikan aplikasi ini. Selain memakan daya baterai, aplikasi yang berjalan di background juga mengkonsumsi memori RAM. Akibatnya, aplikasi ini bisa memperlambat kinerja HP. Untuk mematikannya, kamu bisa membuka menu multitasking di pengaturan.

Di sana, kamu bisa melihat mana saja aplikasi yang bekerja di bagian background. Ke depannya, kamu bisa melakukan pembersihan aplikasi yang sama sekali tidak diperlukan. Mematikan atau menghapusnya, selain akan menghemat baterai, juga akan membuat performa baterai meningkat dan memori jadi lega.

8. Kelola Push Notification

Kelola-Push-Notification

Cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah mengelola dan bijak dalam menggunakan fitur push notification. Menghidupkan fitur notifikasi di HP memang merupakan budaya yang umum diterapkan. Namun, notifikasi yang muncul ternyata juga termasuk menggunakan daya baterai yang cukup lumayan.

Setiap kali ada sesuatu yang muncul, notifikasi akan muncul dan daya baterai pun akan digunakan. Memang, menghidupkan notifikasi akan membuatmu selalu mendapatkan informasi dengan cepat. Namun, fitur ini sebaiknya tidak selalu diaktifkan atau aktifkan untuk notifikasi yang terbilang penting atau urgen.

9. Gunakan Mode Pesawat

Gunakan-Mode-Pesawat

Mode Pesawat membuat HP yang kamu gunakan memang bisa mematikan beragam fitur, dari mulai Wifi sampai GPS. Matinya fitur-fitur tersebut akan membuat pemakaian daya baterai berkurang drastis bisa sampai 10%. Aktifkan mode pesawat jika kamu sedang benar-benar sedang menghemat daya baterai.

Semua cara menghemat baterai smartphone di atas bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus instal aplikasi tertentu. Tidak ada yang sulit dari cara-cara di atas. Agar baterai tetap terjaga kesehatannya, kamu harus membudayakan menghemat baterai. Melakukan beragam eksplorasi fitur merupakan hal yang baik.

Cara menghemat baterai HP di atas bisa membuat pemakaian baterai kamu berkurang. Dampak positif dari berhemat dalam pemakaian baterai akan kamu rasakan dalam jangka panjang. Baterai akan lebih awet dan kamu tidak perlu melakukan pengisian baterai terlalu sering. Performa HP pun akan terjaga.

Baca Juga: 7 Cara Screenshot di Laptop Lenovo Windows 10, Praktis!