3 Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Tanpa Ribet (Simpati, As, Halo)

Advertisements
3 Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Tanpa Ribet

Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah NSP atau Nada Sambung Pribadi yang biasa digunakan oleh para pengguna ponsel zaman dulu. Meski sangat diminati, tidak jarang pula para pelanggan ingin mengetahui cara menonaktifkan NSP Telkomsel.

Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka tidak ingin lagi menggunakan fitur NSP, seperti biaya yang mahal. Penggunaan NSP memang membutuhkan biaya tertentu jadi kamu harus membayar biaya tersebut secara berkala untuk menikmati NSP.

Pada umumnya, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan NSP Telkomsel, yakni melalui SMS dan USSD. Tapi, kamu juga akan membahas bagaimana trik menonaktifkan NSP tanpa melalui kedua cara tersebut dan berikut ulasannya.

Apa Itu NSP?

Apa Itu NSP

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara berhenti langganan NSP Telkomsel, ada baiknya kamu mengetahui pengertian NSP terlebih dahulu. Bagi kebanyakan orang atau anak muda sekarang, belum mengenal istilah NSP atau Nada Sambung Pribadi.

Berbeda dengan orang dahulu yang begitu tertarik dengan NSP karena seringnya melakukan panggilan. NSP merupakan suara berupa lagu atau musik yang akan dimainkan saat sebelum panggilan dijawab oleh penerima hingga setelah panggilan selesai.

Pemanggil tidak akan bosan saat menunggu penerima mengangkat teleponnya karena ia bisa mendengarkan lagu atau musik di balik ponselnya. Lagu atau musik tersebut akan berhenti dimainkan jika penerima sudah menerima panggilan tersebut.

Nada sambung secara umum semua operator di Indonesia hanya berbunyi bip jadi sebagian orang memasang NSP agar pemanggil tidak bosan saat menunggu telepon diangkat. Meski begitu, tidak jarang pula orang yang belum bisa membedakan antara NSP dengan RBT.

Pada dasarnya, setiap lagu atau musik NSP memiliki kode dan nomor registrasi yang berbeda-beda. Jika kamu lupa telah mendaftar NSP atau tidak, maka kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu baru kemudian melakukan cara menonaktifkannya.

3 Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Tanpa Ribet

3 Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Tanpa Ribet.1

1. Menonaktifkan NSP Telkomsel melalui SMS

Kamu pasti sudah tidak asing dengan fitur bawaan setiap ponsel bernama SMS. Itulah mengapa kami membahas cara yang paling mudah bagi semua orang, yakni menonaktifkan NSP Telkomsel melalui SMS seperti yang kita lakukan saat bertukar pesan biasa.

Di sini, ada dua metode yang bisa kamu lakukan namun semuanya sama efektifnya. Kamu tinggal memilih metode mana yang sekiranya lebih mudah untuk menonaktifkan NSP Telkomsel.

Terus berlangganan NSP Telkomsel tentu akan menghabiskan lebih banyak biaya dalam bentuk pulsa. Tidak heran jika setiap hari pulsa kamu akan semakin menipis dan lama-lama habis karena selalu digunakan untuk membayar NSP Telkomsel.

Ternyata, semua masalah tersebut dapat diatasi dengan sangat mudah dan cepat, yakni melakukan unreg NSP Telkomsel melalui SMS.

Metode 1

  • Ketik “OFF” lalu kirim ke 1212.
  • Jika berhasil, informasi pemberhentian NSP Telkomsel akan kamu dapatkan beberapa saat kemudian.

Metode 2

  • Ketik “OFF(spasi)judul NSP” yang sedang kamu gunakan lalu kirim ke 1212.
  • Konfirmasi pemberhentian NSP akan dikirim ke nomor kamu apabila proses menonaktifkan NSP Telkomsel berhasil dilakukan.

Tujuan metode 1 dan 2 sebenarnya saja, yakni menonaktifkan NSP Telkomsel meski caranya sedikit berbeda. Menonaktifkan dengan metode 1 dirasa lebih umum, sedangkan metode 2 menawarkan cara yang lebih spesifik karena kamu harus menyebutkan judul lagunya.

Beberapa orang mungkin menggunakan NSP lebih dari satu sehingga metode 2 perlu dilakukan untuk memastikan setiap judul lagu yang digunakan sudah dinonaktifkan. Jika cara tersebut telah berhasil, maka nomor ponsel sudah tidak lagi berlangganan NSP Telkomsel.

Tidak perlu ragu lagi untuk menonaktifkan NSP Telkomsel jika dirasa sudah tidak diperlukan. Apalagi, tidak ada biaya yang akan dikenakan selama menjalani proses menonaktifkan NSP ini jadi kamu bisa menonaktifkan NSP Telkomsel secara gratis.

2. Menonaktifkan NSP Telkomsel melalui USSD

Meski menonaktifkan NSP Telkomsel melalui SMS sudah dianggap mudah, tapi masih ada orang yang bingung dalam mengikuti petunjuk yang sudah diberikan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain yang tidak ribet untuk menonaktifkan NSP itu.

Cara menonaktifkan NSP Telkomsel dengan USSD sama mudahnya dengan SMS karena kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan ponsel, yakni melakukan panggilan. Sebagian orang mungkin lebih puas dengan layanan panggilan, termasuk dalam menonaktifkan NSP.

Jika kamu sudah tidak membutuhkan NSP Telkomsel, tidak ada salahnya untuk segera menonaktifkan NSP tersebut agar biaya tidak semakin membengkak. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Buka menu panggilan pada ponsel.
  • Ketik nomor *121*9# lalu tekan “Call” atau “Panggil”.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul menu dengan tulisan “Berhenti Langganan NSP” lalu klik tulisan tersebut.
  • Tidak berapa lama, kamu akan mendapatkan SMS yang berisi tentang pemberhentian NSP Telkomsel telah berhasil dilakukan.

Setelah menerima konfirmasi tersebut, maka NSP yang sebelumnya kamu gunakan sudah tidak bisa lagi karena sudah berhenti berlangganan. Justru, hal ini menjadi tanda bahwa proses menonaktifkan NSP Telkomsel telah berhasil dilakukan.

3. Menonaktifkan NSP Telkomsel dengan Menghabiskan Pulsa

Sebenarnya, melakukan salah satu dari cara di atas sudah cukup untuk menonaktifkan NSP Telkomsel. Meskipun kedua cara sebelumnya sangat mudah dilakukan, tapi beberapa orang tidak mau mencari informasi lebih lanjut untuk berhenti berlangganan NSP Telkomsel.

Kondisi inilah yang membuat beberapa orang memilih cara termudah dan paling cepat untuk menonaktifkan NSP Telkomsel. Logikanya sangat mudah karena NSP Telkomsel selalu ada karena adanya pulsa pada nomor tersebut untuk membayar berlangganan NSP.

Secara otomatis, pulsa dalam nomor tersebut akan selalu berkurang karena pembayaran NSP Telkomsel biasanya dilakukan secara berkala, misalnya setiap satu bulan. Jadi, pulsa akan berkurang setiap satu bulan sekali untuk membayar NSP Telkomsel.

Lantas, bagaimana jika pulsa tidak cukup atau bahkan tidak ada pulsa di dalam nomor tersebut? Jawabannya, nomor tersebut akan berhenti berlangganan karena tidak ada pulsa yang bisa digunakan untuk membayar biaya NSP Telkomsel.

Namun, cara ini hanya bersifat sementara karena setelah kamu mengisi kembali pulsa pada nomor tersebut maka NSP Telkomsel akan kembali aktif. Beberapa orang bahkan menjumpai jika biaya sebelumnya akan diakumulasi sehingga pulsa habis dengan lebih cepat.

Itulah mengapa setelah menghabiskan semua pulsa pada nomor tersebut, jangan lupa untuk melakukan salah satu dari kedua cara yang sudah dibahas sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar terlepas dari NSP Telkomsel karena sudah menonaktifkan langganan.

Bagi sebagian orang, kehadiran NSP Telkomsel mungkin sangat membantu karena bisa memasang nada sambung pribadi dengan lagu yang disukai. Dengan begitu, penelpon tidak akan merasa bosan saat menunggu penerima mengangkatnya karena bisa dengarkan lagu.

Meski begitu, banyak pula orang yang merasa terbebani dengan biaya yang harus dibayar untuk berlangganan NSP Telkomsel. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan cara menonaktifkan NSP Telkomsel yang sudah di bahas sebelumnya.

Baca Juga: 10 Cara Mengembalikan Kontak Yang Terhapus di Android, iOS, dan PC