9 Cara Merawat Tanaman Monstera Untuk Pemula Agar Subur

  • Whatsapp

Tanaman dengan nama latin Monstera Deliciosa merupakan salah satu jenis tanaman merambat. Alasan disebut dengan Monstera karena tanaman ini mampu tumbuh hingga puluhan meter di alam liar. Penasaran bagaimana cara merawat tanaman Monstera? Apakah sulit merawatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Merawat Tanaman Monstera

Memulai gaya hidup bersih dan sehat seringkali membuat seseorang mencintai tanaman. Rasa penasaran dengan merawat aneka tanaman kian memuncak. Nah, salah satu tanaman yang populer akhir-akhir ini adalah monstera.

Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah  ini memiliki ciri khas pada daunnya yang berlubang. Tanaman ini tidak menghasilkan bunga ataupun buah. Sehingga lebih cocok dijadikan tanaman hias. Terbilang cukup mudah dibudidayakan, salah satunya dengan cara vegetatif stek batang menjadikan Monstera sebagai primadona baru dalam tanaman hias. Berikut 9 cara merawat tanaman Monstera!

1. Siapkan Media Tanam Yang Memadai

Hal pertama dalam cara merawat tanaman Monstera adalah menyiapkan media tanam. Sebelum mengisi pot dengan Monstera, pastikan bahwa tanah sudah mendapatkan nutrisi yang cukup dan baik.

Tak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya, Monstera hanya membutuhkan campuran tanah dan sekam serta pupuk organik. Namun, jika menginginkan hasil yang lebih baik, campurkan tanah dengan pasir. Kemudian tambahkan kompos dengan perbandingan 1:1.

2. Perhatikan Intensitas Cahaya Dan Kelembaban

Setiap tanaman tentu saja memerlukan asupan cahaya yang cukup guna berfotosintesis. Semakin banyak cahaya yang didapat, maka semakin baik pula pertumbuhan setiap tanaman. Akan tetapi, hal yang berbeda terjadi apabila tanaman Monstera diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, sebaiknya tanaman ini diletakkan di tempat yang cukup teduh.

Selain cahaya, kelembapan juga menjadi hal penting dalam cara merawat tanaman Monstera. Mengingat bahwa tanaman ini berasal dari hutan tropis yang memiliki kelembaban tinggi, maka tak ada salahnya apabila meletakkan tanaman ini di kamar mandi atau berdampingan dengan tanaman jenis lainnya.

3. Jangan Berlebihan Dalam Menyiram

Biasanya, ketika sudah tertarik dengan suatu hal, seseorang cenderung melakukan hal yang berlebihan. Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada tanaman Monstera, ya. Meskipun sangat menawan, tanaman Monstera hanya perlu disiram secukupnya saja. 

Sebab, apabila memiliki kandungan air yang terlalu banyak, tanaman ini justru akan mati. Siramlah sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu saja.

4. Merawat Daun Monstera

Sebagaimana yang diketahui, keunikan Monstera terletak pada daunnya. Bahkan, beberapa penjual tanaman hias menghargai Monstera berdasarkan jumlah daun dalam satu pot. Semakin banyak daunnya, maka harganya pun semakin mahal. 

Nah, karena itu, rawatlah daun monstera dengan baik. Caranya tidaklah sulit. Cukup dilap dengan kain bersih agar tidak ada debu yang menempel.

Di internet telah banyak bertebaran cara merawat Daun Monstera. Bahkan salah seorang pecinta tanaman hias memberikan tips merawat Daun Monstera dengan mayonaise. Caranya cukup dengan memberikan mayonaise secukupnya kemudian lap dengan kain bersih. Hasilnya pun luar biasa. Daun monstera jadi lebih mengkilap dan tahan lama.

5. Ternyata Daun Monstera Juga Beracun, lho!

Nah, lho? Iya, daun monstera dapat menjadi racun yang mematikan apabila dimakan. Jadi, jangan coba-coba iseng mengunyahnya, ya! Meskipun menarik, tetap saja daun monstera bukanlah tanaman yang dapat dimakan baik oleh manusia maupun hewan.

6. Penggantian Pot

Apabila Monstera telah rimbun, tentu saja pot yang dipakai sebelumnya menjadi sempit. Penting untuk mengganti pot dengan yang lebih besar agar tidak menghambat pertumbuhan Monstera. Sebaiknya, ganti pot minimal satu tahun sekali agar Monstera tumbuh dengan baik. Gunakan pot yang dilengkapi dengan lubang air, ya!

7. Cegah Pertumbuhan Gulma

Seperti halnya tanaman lain, tidak menutup kemungkinan monstera dapat ditumbuhi gulma. Gulma sendiri merupakan tanaman lain yang tumbuh pada area yang tidak diinginkan.

Dikhawatirkan, gulma dapat merebut nutrisi yang seharusnya diserap oleh Monstera. Oleh sebab itu, apabila terdapat gulma pada Monstera, cabutlah hingga ke akarnya agar tidak dapat tumbuh kembali.

8. Budidaya Dengan Stek Batang

Tanaman hias yang satu ini tergolong cukup mudah apabila dibudidayakan. Salah satunya dengan cara stek batang. Potong tanaman ini, kemudian tempatkan dalam vas yang telah diisi air. Kemudian akar gantung Monstera dapat berubah menjadi akar sejati. Setelah cukup rimbun, dapat dipindahkan ke dalam pot yang berisi tanah.

9. Monstera Juga Bisa Ditempatkan Pada Vas Berisi Air

Tidak hanya tanah, media tanam Monstera juga dapat berupa air. Caranya adalah dengan memotong bagian batang Monstera kemudian letakkan di air. Tanaman Monstera pun dapat menjadi hiasan pada meja maupun digantung.

Nah, itulah tadi 7 cara merawat tanaman Monstera. Ada sebaiknya pahami terlebih dahulu ketujuh poin di atas sebelum memutuskan untuk merawat Monstera, ya! Ingatlah bahwa tanaman merupakan makhluk hidup yang juga memiliki hak sama seperti manusia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *