Cara Potong Video Di Kinemaster Dengan Mudah Untuk Pemula

  • Whatsapp

Bagi para Content Creator, aplikasi edit merupakan hal yang penting. Salah satu aplikasi yang sering digunakan ialah Kinemaster. Banyak fitur edit yang disediakan oleh aplikasi ini, salah satunya ialah memotong video. Untuk para pemula yang belum mengetahui caranya, berikut cara potong video di Kinemaster dengan mudah.

Cara Potong Video Di Kinemaster

1. Memiliki Aplikasi Kinemaster

Pertama pastikan dulu telah memiliki aplikasi Kinemaster. Jika belum memilikinya, Kinemaster Apk dapat diunduh di https://uptodown.co.id/. Buka playstore, kemudian ketik Kinemaster di kolom pencarian. Setelah itu pilih opsi Instal, dan tunggu hingga Kinemaster terunduh. Jika sudah terunduh, Kinemaster dapat langsung digunakan untuk mengedit video.

2. Pilih Ukuran dan Rasio Video

Buka aplikasi Kinemaster, lalu pilih ikon tanda tambah. Setelah itu pilih ukuran dan rasio yang diinginkan. Terdapat banyak ukuran dan rasio, tergantung dari fungsi videonya. Untuk Slideshow dan Youtube, disarankan menggunakan rasio 16:9. Kemudian jika ingin video dalam bentuk potrait atau satu layar penuh, dapat menggunakan rasio 9:16.

Rasio 9:16 juga biasa digunakan untuk Story Instagram dan status Whatsapp. Terakhir ada rasio 1:1, jadi bentuk videonya akan kotak atau persegi. Rasio 1:1 ini biasa digunakan, untuk memposting video di Feed Instagram.

3. Pilih Video yang Akan Diedit

Jika sudah memilih ukuran, tahap berikutnya ialah memilih video yang akan diedit. Pilih opsi media dan pilih videonya, lalu pilih opsi centang di pojok kanan atas. Untuk yang menggunakan PC, video dapat langsung ditaruh di Kinemaster dalam bentuk file. Jika video sudah berhasil masuk ke aplikasi, maka bisa lanjut ke tahap berikutnya.

4. Edit dan Potong Video

Sekarang masuk ke cara potong video di Kinemaster. Untuk memotong video, klik video yang terdapat di storyboard terlebih dahulu. Hanya perlu digeser-geser, lalu pas kan dengan play head atau garis merah. Jika sudah yakin klik storyboard, lalu akan muncul pengaturan di sebelah kanan.

Pilih opsi Cut yang dilambangkan dengan gunting. Bagi para pemula pasti akan sangat membingungkan, karena terdapat beberapa opsi dari gunting tersebut. Terdapat empat pilihan, yakni pangkas ke kanan, pangkas ke kiri, dibagi dua, dan terakhir dibagi dua dan disisipkan. Jika bingung karena banyak pilihan, simak penjelasan dibawah ini.

Jika memilih pangkas ke kanan, maka bagian video setelah garis merah akan terhapus. Lalu jika memilih pangkas ke kiri, maka bagian video sebelum garis merah yang akan terhapus. Kemudian jika memilih bagi dua atau split, maka video akan terbagi atau terbelah dua dengan garis merah sebagai batasnya.

Terakhir jika memilih bagi dua dan disisipkan, maka video akan terbagi dua dan muncul opsi tanda tambah. Opsi tersebut berguna untuk menambah atau menyisipkan, video dan foto di garis merah atau play head. Jika sudah mengerti mengenai potongan, bisa langsung dipilih sesuai kebutuhan.

5. Simpan Video

Tahap terakhir ialah menyimpan video. Jika sudah selesai mengedit, bisa memilih opsi centang di pojok kanan atas. Kegiatan potong video telah selesai, jangan lupa untuk menyimpannya. Untuk menyimpannya terkadang membutuhkan waktu yang lama. Istilah menyimpan di Kinemaster ialah Ekspor video.

Jadi semakin panjang durasi video, maka akan semakin lama waktu untuk mengekspor atau menyimpannya. Jika durasi video yang diedit panjang, maka harus bersabar karena cukup memakan waktu.

Itulah cara potong video di Kinemaster dengan mudah. Sangat mudah bukan? Dengan penjelasan lengkap diatas, dijamin para pemula dapat langsung paham dan mengerti. Agar lebih mengerti, bisa langsung mempraktekkan di aplikasi Kinemaster.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *