Cara Promosi Channel YouTube, Ikuti 7 Tips Mudah dan Menarik Ini!

  • Whatsapp

Memanfaatkan fitur YouTube sebagai salah satu cara membranding diri dan membuatnya pertama kali tentu tidak mudah. Harus menemukan cara promosi channel YouTube yang mudah serta menarik untuk dilakukan. Tentunya seorang YouTuber, apalagi pemula harus paham terlebih dahulu target market atau penontonnya. Kemudian lakukan beberapa tips berikut ini agar channel YouTube semakin terkenal.

1. Pahami Tema Yang Sedang Dicari Penonton YouTube

Bagi yang sudah lama terjun sebagai YouTuber pasti tidak asing lagi dengan konten menarik dan banyak dicari oleh penonton. Namun, untuk YouTuber pemula harus memulainya dengan cara ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi. Langkah awal dengan memahami konten apa yang sedang dibutuhkan oleh penonton dan paling dicari di YouTUbe.

Setelah memahami dan menentukan konten paling dicari, buatlah konten berdasarkan tema tersebut. Tentunya YouTuber harus memperhatikan isi konten dan videonya agar tampak menarik dan menginspirasi penonton.

2. Sajikan Judul Video Konten Yang Menarik

Judul merupakan kekuatan penting, dimana judul adalah kesan pertama yang akan dilihat oleh penonton YouTube. Maka seorang YouTuber harus paham cara promosi channel YouTube dengan menyajikan judul video konten yang menarik. Tentunya disertai dengan konten yang relevan saat ini dan paling banyak dicari di channel YouTube.

Kesan pertama dari judul bisa membuka jalan untuk orang-orang kenal dengan channel yang dibuat. Selain itu juga, dari ketertarikan sebuah judul biasanya penonton akan penasaran dan segera menonton channel YouTube tersebut.

3. Lakukan Kolaborasi Dengan YouTuber Lainnya

Untuk lebih mempromosikan dan mengenalkan channel YouTube, para YouTuber pemula ini bisa melakukan kolaborasi. Yaitu dengan mengajak YouTuber lain untuk mengisi konten secara collabs. Sehingga penonton yang belum like dan subscribe bisa memberikan apresiasi di channel YouTube yang dibuat.

Dengan adanya kolaborasi ini juga memberikan nuansa berbeda serta pengetahuan berbeda pula. Tergantung pada konteks konten yang sedang dibicarakan pada saat melakukan kolaborasi tersebut.

4. Optimalkan SEO di YouTube

Tidak hanya blog saja yang harus melakukan optimalisasi SEO, tapi di YouTube juga memanfaatkan optimalisasi ini. Caranya sangat mudah seperti optimalisasi blog, dengan cara mencari topic relevan di kolom pencarian. atau memanfaatkan mesin pencari seperti Google Awards untuk kata kunci yang dibutuhkan. Dengan adanya tampilan ragam keyword bisa tampil untuk konten yang akan dijadikan bahan pembuatan video.

Tambahkan pula kalimat atau kata efektif untuk keyword tertentu ke dalam deskripsi video. Perhatikan pula cara kerja Google karena Google akan memangkas judul yang lebih dari 66 karakter. Menggunakan cara promosi channel YouTube dengan memanfaatkan judul menarik dan tuliskan agar tidak lebih dari 66 karakter.

5. Gunakan CTA Dengan Baik

Pernah dengan CTa? CTA adalah Call to Action, yang nama jika di YouTube pernah mendengar si YouTuber tersebut berkata-kata. Tentang like, share dan subscribe yang memang akan menjadikan kekuatan luar biasa untuk orang-orang menyukai channel YouTube tersebut. Yang endingnya orang akan tertarik untuk memberikan apresiasi berupa like, subscribe bahkan menshare ke orang lain.

CTA ini masuk ke dalam video yang sedang berlangsung, biasanya diletakkan di awal pembuka. Atau ada juga yang memberikan di tengah video bahkan akhir video, tergantung pada pembuat konten. Berupa kata-kata yang mengajak orang untuk memberikan apresiasi pada channel YouTube tersebut.

6. Beri Giveaway dan Bagikan Ke Media Sosial

Hadiah serta share ke media sosial bisa jadi cara promosi channel YouTube yang efektif dilakukan. Pasalnya orang-orang pemburu hadiah akan sangat suka dengan hal tersebut sehingga akan lebih bersemangat subscribe, komen dan share. Hal ini juga dinilai lebih efektif karena akan semangkin banyak ikut untuk giveaway channel YouTube.

Giveaway ini juga bisa diberikan kepada penonton channel yang paling interaktif dan share videonya. Selanjutnya, promosikan link YouTube via akun media sosial yang dimiliki sehingga bisa menjangkau masyarakat luas.

7. Manfaatkan Pasang Iklan Channel YouTube

Cara promosi channel YouTube yaitu dengan pasang iklan, YouTuber harus mengeluarkan modal untuk membayar biaya iklan ke YouTube. Iklan menjadi bagian penting untuk bisa mempromosikan konten channel YouTube yang dibuat. Jadi bisa lebih banyak menjangkau audiens secara online baik via YouTube atau akun media sosial lainnya.

Iklan yang dibuat akan muncul di landing page video promosi yang ada di halaman pencari Google. Iklan ini juga bisa mendapatkan fee jika pengunjung atau penonton melakukan klik. Selain itu pula coba gunakan fitur Google Ads dan Display Networks untuk tampilan gambar pada channel iklan. Yang pada akhirnya iklan channel YouTube bisa tersebar secara online untuk menjaring target penonton.

Beberapa cara promosi channel YouTube bisa dilakukan dengan mudah, apalagi untuk YouTuber pemula. Jadi, channel yang sedang dirintis bisa dikenal banyak orang dan tentunya mendapatkan like, subscribe seperti diharapkan. Tinggal bagaimana melakukan optimalisasi selanjutnya terhadap channel YouTube hingga akhirnya banyak khalayak yang tertarik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *