3 Cara Restart HP Vivo Tanpa App & Dengan App

Advertisements
Cara Restart HP Vivo

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa merestart HP dilakukan apabila sudah terjadi kerusakan cukup parah. Termasuk merestart HP Vivo. Sebagian dari orang-orang coba menemukan bagaimana cara restart HP Vivo yang mereka miliki. Alasannya pun sangat beragam.

Restart HP Vivo dilakukan tentunya bukan hanya karena terjadi kerusakan semata. Namun, orang-orang ingin melakukan restart HP Vivo karena ingin mendapatkan sejumlah keuntungan tertentu. Misalnya, guna menghilangkan virus maupun malware berbahaya.

Di samping itu, melakukan restart HP juga bisa dilakukan untuk membersihkan memori penyimpanan HP. Namun, sangat disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum merestart HP. Cara restart HP Android Vivo pun ternyata sangat beragam.

Cara Restart HP Vivo yang Aman, Sesuai Prosedur

Terdapat sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa merestart HP Vivo. Beberapa cara tersebut tidak sulit dilakukan tentunya. Jika kamu ingin langsung merestart HP tersebut, silakan ikuti beberapa cara berikut.

1. Cara Restart HP Android Vivo Menggunakan Tombol Power

Cara Restart HP Android Vivo Menggunakan Tombol Power

Alternatif pertama yang bisa kamu lakukan untuk merestart HP Vivo adalah dengan memanfaatkan tombol power. Tentu cara ini menjadi yang paling umum dilakukan bagi pengguna Android. Bahkan dapat dikatakan bahwa cara ini adalah yang termudah diantara cara-cara lainnya.

Di buku panduan penggunaan HP Vivo pun juga mencantumkan tentang tata cara melakukan restart HP lewat tombol power. Jadi, rasanya sangat tidak sulit untuk dilakukan. Nah, jika kamu penasaran mengenai bagaimana caranya, silakan simak informasi ini.

  • Tekan dan tahan pada bagian tombol power yang ada di HP Vivo.
  • Apabila kamu mengalami kesulitan untuk menekan dan menahan tombol power, maka berikutnya silakan buka case dan coba lakukan kembali.
  • Lalu, nantinya akan muncul informasi mengenai tampilan Turn Off dan Restart ponsel.
  • Kemudian, kamu coba pilih opsi Restart untuk melakukan restart pada ponsel Vivo tersebut.
  • Biasanya waktu restart akan berlangsung selama beberapa saat.
  • Tunggu sampai proses restart selesai dilakukan untuk bisa kembali mengoperasikan ponselmu.

2. Cara Restart HP Android Vivo Menggunakan Aplikasi Fast Reboot 

Cara Restart HP Android Vivo Menggunakan Aplikasi Fast Reboot

Jika kamu merasa kesulitan untuk melakukan restart HP Vivo yang dimiliki menggunakan tombol power, maka ada baiknya untuk coba merestart HP Vivo menggunakan aplikasi tambahan. Saat ingin melakukan restart HP dengan aplikasi tambahan, maka ada baiknya untuk lebih selektif.

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk merestart HP Vivo adalah Fast Reboot. Ini adalah aplikasi besutan Great Bytes Software untuk mempermudah kamu dalam merestart HP Vivo. Berikut adalah tahapan restart HP dengan Fast Reboot.

  • Buka aplikasi Google Playstore yang ada di HP.
  • Kemudian, silakan temukan aplikasi Fast Reboot melalui kolom pencarian.
  • Jika sudah, silakan unduh dan install aplikasi tersebut.
  • Apabila aplikasi sudah terinstal, maka silakan buka.
  • Kemudian, kamu bisa pilih opsi Restart.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses restart HP selesai dilakukan.
  • Selamat, HP Vivo sudah berhasil direstart dengan sempurna.

3. Cara Restart HP Android Vivo Menggunakan Aplikasi Shutdwon No Root 

Cara Restart HP Android Vivo Menggunakan Aplikasi Shutdwon No Root

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan untuk restart HP Vivo adalah dengan menggunakan aplikasi Shutdown No Root. Ini merupakan aplikasi tambahan yang sering dipakai untuk merestart HP Android. Aplikasi besutan Samiadom ini bisa kamu temukan dengan mudah melalui Google Playstore.

Kamu tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi ini sebab keamanannya sudah benar-benar terjamin oleh pihak developer. Nah, apabila kamu penasaran mengenai bagaimana cara restart HP Vivo menggunakan Shutdown No Root sebaiknya simak langkah-langkah berikut.

  • Pertama, silakan buka aplikasi Google Playstore.
  • Kemudian, kamu bisa segera mengunduh aplikasi Shutdown No Root dan menginstallnya.
  • Jika sudah, kamu dapat langsung membuka aplikasi.
  • Nantinya pada halaman utama, kamu akan menemukan beberapa opsi yang terpampang. Mulai dari Restart, Power Off, Silent hingga Airplane Mode Default.
  • Karena kamu mau merestart HP Vivo, maka silakan klik opsi Restart.
  • Tunggu beberapa detik sampai HP memulai proses restart.
  • Jika sudah selesai memuat ulang, maka silakan cek kembali ponsel Vivo.

Manfaat Restart HP Vivo

Tahukah kamu bahwa merestart HP Vivo ternyata mampu memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan malware maupun virus berbahaya lainnya bagi HP Vivo yang kamu miliki. Tentunya kehadiran malware seperti ini hanya akan membuat ponselmu lambat.

Bahkan juga bisa menimbulkan risiko lainnya. Selain itu, masih ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu peroleh saat melakukan restart HP Vivo. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat merestart HP Vivo, diantaranya:

1. Memperbaiki HP yang Sering Eror 

Memperbaiki HP yang Sering Eror 

Manfaat restart HP Vivo yang perlu kamu tahu adalah untuk bisa memperbaiki HP yang kerap mengalami eror (gangguan). Banyak orang mengatakan bahwa dengan merestart HP, ini akan menjadi opsi terbaik dalam rangka mengatasi eror HP.

Dengan merestart HP, maka hal ini akan mampu mengembalikan HP ke setelan utama. Eror tersebut biasa terjadi dengan beberapa alasan seperti kalibrasi touchscreen eror, bootloop ringan dan lain sebagainya.

2. Menghilangkan Virus dan Malware Berbahaya

Menghilangkan Virus dan Malware Berbahaya

Faedah lainnya yang bisa kamu peroleh saat merestart HP Vivo adalah untuk menghilangkan virus dan malware berbahaya. Dengan hilangnya virus dan malware tersebut, maka akan mampu membuat kinerja ponselmu kian lancar.

Misalnya, ketika kamu merasa bahwa kinerja ponselmu melambat, ada baiknya untuk melakukan restart HP. Silakan restart dengan cara restart HP Vivo yang baik dan benar sehingga proses penghilangan virus maupun malware berbahaya bisa dilakukan dengan sempurna.

3. Membersihkan Memori Penyimpanan

Membersihkan Memori Penyimpanan

Hal baik lainnya yang bisa diperoleh saat kamu merestart HP Vivo adalah untuk membersihkan memori penyimpan dalam perangkat yang kamu gunakan. Misalnya, laju ponsel yang tiba-tiba melamban, mungkin saja bukan semata-mata karena virus.

Akan tetapi, karena memori penyimpananmu sudah terlalu penuh. Jika sudah begini, maka silakan restart HP yang kamu miliki. Jika sudah, tentunya ponselmu akan bisa bekerja seperti sedia kala. Lakukan restart HP dengan cara yang sudah kamu ketahui.

4. Mengembalikan Kunci Kembali ke Pola Awal 

Mengembalikan Kunci Kembali ke Pola Awal 

Demi meningkatkan keamanan ponsel Vivo yang dimiliki, tidak sedikit orang yang menerapkan kata kunci dengan menggunakan pola tertentu. Namun, hal ini bisa menjadi boomerang apabila kamu lupa dengan kata sandi tersebut.

Jika sudah begini, maka sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan restart HP. Dengan demikian, kamu bisa mengembalikan kunci kembali ke pola awal. Selanjutnya, jangan sampai lupa lagi ya dengan kata sandimu.

Ada sejumlah cara restart HP Vivo yang bisa kamu terapkan. Pilih cara mana yang sekiranya efektif dan mudah untuk kamu coba. Misalnya, menggunakan cara paling umum yaitu menekan tombol power maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di layanan Google Playstore.

Merestart HP Vivo tentunya bisa memberikan begitu banyak manfaat baik bagi ponselmu. Misalnya, membersihkan ponsel dari virus maupun malware berbahaya, mengembalikan kunci ke pola awal, membersihkan memori penyimpanan maupun mengatasi HP yang sering eror.

Baca Juga: 7 HP Gaming 3 Jutaan Terbaik, Ada yang RAM nya 8 GB!