2 Cara Restart HP Xiaomi (Semua Seri) via Tombol Power/Settings

Advertisements
Cara Restart HP Xiaomi dan Manfaat Restart HP yang Belum Banyak Diketahui

Apa kamu pernah lupa password pada HP Xiaomi milikmu? Salah satu solusi mengatasinya, yaitu dengan melakukan cara restart HP Xiaomi yang benar dan tepat. Melakukan proses restart dapat membantu kamu membuka kembali HP  yang terkunci namun semua data-data akan terhapus.

Tidak hanya berguna untuk membuka HP yang terkunci, melakukan restart juga bisa mengembalikan performa HP yang sering hang dan nge-lag. Namun, masalahnya tidak semua pengguna HP Xiaomi tahu cara me-restart HP-nya sehingga lebih memilih pergi ke tukang servis.

Sebenarnya untuk melakukan restart kamu tidak perlu repot-repot pergi ke tukang reparasi HP karena bisa dilakukan dengan mudah, bahkan oleh orang awam sekalipun. Tapi, dengan catatan orang tersebut memperhatikan dengan betul langkah-langkahnya dengan saksama.

Cara Restart HP Xiaomi yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan restart sebaiknya lakukan backup data ke laptop atau PC terlebih dulu. Kenapa harus begitu? Supaya kamu tidak kehilangan data-data penting yang mungkin berguna di kemudian hari.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa baterai HP masih full atau mengecasnya terlebih dulu minimal hingga mencapai 50 persen.

Terdapat dua cara me-restart HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan tombol power atau done masuk ke sistem pengaturan.

1. Cara Restart dengan Tombol Power

Cara Restart dengan Tombol Power

Cara restart HP Xiaomi 4A dan seri lainnya, bisa kamu lakukan dengan menggunakan tombol power. Sebenarnya cara ini tidak hanya bisa digunakan di HP Xiaomi saja tapi juga di beberapa HP merek lain.

Berikut cara melakukan restart HP Xiaomi berbagai tipe menggunakan tombol power dengan mudah tanpa bantuan tukang reparasi:

  • Langkah pertama kamu perlu menekan Tombol Power dan Tombol Volume Up secara bersamaan dan tahan beberapa saat
  • Tahan dan tunggu hingga muncul logo Xiaomi di layar
  • Setelah itu akan muncul menu Recovery Mode
  • Selanjutnya kamu perlu mengklik tulisan Wipe Data dengan cara menekan Tombol Volume DOWN untuk ke atas dan ke bawah
  • Kemudian klik tulisan Wipe All Data selanjutnyaklik tulisan Confirm
  • Tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai
  • Setelah selesai kamu akan diarahkan ke menu utama Recovery Mode
  • Di menu tersebut klik menu Back to Main Menu
  • Langkah terakhir kamu cukup klik menu Reboot selanjutnya klik Reboot to System
  • Setelah melakukan langkah tersebut, HP Xiaomi milikmu itu sudah bisa digunakan kembali

2. Cara Restart Melalui Menu Settings

Cara Restart Melalui Menu Settings

Cara restart HP Xiaomi berikutnya ini bisa dilakukan tanpa menggunakan tombol power, melainkan dengan masuk ke sistem settings HP tersebut. Melakukan restart dengan menggunakan menu settings ini cukup mudah dan tidak terlalu merepotkan seperti pada cara di atas.

Caranya bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama kamu perlu membuka menu settings di HP tersebut
  • Lalu di dalam menu tersebut klik menu About Phone
  • Selanjutnya klik menu Backup & reset
  • Selanjutnya klik Erase all data atau Factory Reset
  • Langkah terakhir kamu cukup mengklik Reset Phone yang terletak di bagian bawah layar
  • Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan mengisi password
  • Setelah itu HP Xiaomi tersebut akan melakukan proses restart dan tunggu hingga hidup kembali

Manfaat Restart HP yang Belum Banyak Diketahui

Melakukan restart HP Xiaomi sebaiknya tidak hanya dilakukan ketika lupa password saja. Melakukan proses restart sebaiknya dilakukan sesekali agar performa HP tetap optimal.

Bagi orang awam, melakukan proses restart dianggap tidak memiliki manfaat kecuali untuk memulihkan HP ke setelan pabrik. Tapi, tahukah kamu bahwa me-restart HP memiliki banyak manfaat yang tidak banyak diketahui orang.

Berikut ini beberapa manfaat me-restart HP yang perlu kamu tahu mulai sekarang.

1. Mengatasi HP yang Sering Hang

Mengatasi HP yang Sering Hang

Kamu pasti kesal kan jika HP milikmu sering hang dan lag, nah untuk mengatasinya kamu bisa melakukan proses restart. Dengan mengembalikan ke setelan pabrik, HP bisa berfungsi optimal seperti saat baru dibeli.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi HP yang tiba-tiba hang dan tidak bisa dioperasikan. Tapi, ingat lakukan langkah-langkahnya dengan benar agar tidak salah dan terjadi kerusakan pada HP tersebut.

2. Meningkatkan Performa HP

Meningkatkan Performa HP

Selain, bisa mengatasi HP hang melakukan proses restart juga bisa membantu meningkatkan performa HP yang mulai menurun. Pada umumnya, HP yang telah melakukan proses restart akan bekerja lebih baik dari sebelumnya sehingga bisa dioperasikan dengan lancar.

3. Menghapus Virus yang Bersarang di HP

Menghapus Virus yang Bersarang di HP

Manfaat restart HP berikutnya bisa menghapus virus yang ada di dalam HP secara keseluruhan. HP Xiaomi kamu terkena virus yang cukup mengganggu, seperti muncul iklan secara terus-menerus dan semacamnya.

Dengan melakukan restart kamu bisa menghapus virus yang bersarang du HP secara menyeluruh. Cara ini bisa menjadi solusi jika aplikasi anti virus yang kamu pasang tidak cukup ampuh dalam membersihkan virus tersebut.

4. Mengosongkan RAM

Mengosongkan RAM

Manfaat melakukan restart HP selanjutnya, yaitu dapat mengosongkan RAM. Setelah dilakukan restart HP Android bisa berfungsi optimal karena kapasitas RAM kembali normal dan tidak dipenuhi file-file yang tidak berguna.

5. Mengatasi Gagal Sistem

Mengatasi Gagal Sistem

Apa kamu pernah mengalami masalah ketika membuka menu atau terjadi error? Jika iya coba lakukan restart untuk mengatasi masalah tersebut.

Masalah seperti menu yang ada di ponsel tidak dapat dibuka, beberapa fitur tiba-tiba hilang dan masalah lainnya bisa diatasi dengan melakukan proses restart. Dengan melakukan restart HP kamu akan kembali ke kondisi semula sehingga sehingga sistemnya kembali pulih.

6. Mengatasi Aplikasi Eror Tanpa Sebab

Mengatasi Aplikasi Eror Tanpa Sebab

Fungsi restart HP yang terakhir ini, sangat berguna bagi kamu yang sering mengalami gagal memuat atau membuka aplikasi tertentu. Eror yang terjadi pada aplikasi tersebut biasanya terjadi karena berbagai hal, salah satunya karena terjadi gagal sistem.

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya bahwa proses restart bisa mengatasi gagal sistem. Masalah seperti aplikasi tidak mau berjalan sama sekali, tiba-tiba keluar sendiri, atau tidak mau dibuka bisa diatasi dengan mudah melalui proses restart.

Jadi, itulah beberapa fungsi restart HP yang belum banyak diketahui orang sehingga banyak yang mengabaikan pentingnya me-restart HP. Sebenarnya me-restart HP tidak harus dilakukan secara rutin tapi bisa dilakukan ketika ada tanda-tanda masalah pada HP.

Setelah membahas fungsi restart dan cara melakukan restart, sekarang kamu bisa lebih tahu lagi tentang cara-cara restart HP ang benar. Proses restart bisa saja gagal karena suatu sebab jadi proses ini memiliki risiko bootlop yang membuat HP tidak bisa dioperasikan.

Risiko tersebut jarang terjadi jika kamu melakukan cara restart HP Xiaomi sesuai petunjuk dengan benar. Dua cara restart HP di pada artikel kali ini bisa diterapkan di berbagai seri HP Xiaomi dan Redmi.

Baca Juga: 4 Cara Melihat Status WA Tanpa Ketahuan Pemilik, Aman!