Inilah Cara Tes TOEFL Online Dijamin Tanpa Ribet Untuk Semua Kalangan

  • Whatsapp
Cara Tes TOEFL Online

Di era 4.0 ini, skill berbahasa inggris menjadi syarat utama bagi siapapun yang ingin bersaing di kancah internasional. TOEFL menjadi salah satu alat ukur kemampuan berbahasa Inggris yang diakui setidaknya lebih dari 9.000 institusi di seluruh dunia. Kini cara tes TOEFL online pun bisa diakses siapapun, kapanpun dan dimanapun.

TOEFL online disebut dengan iBT (internet-based test) yang biasanya diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berbasis di AS. Tentu banyak pertanyaan, seberapa penting tes ini untuk dilakukan padahal tingkat kesulitannya cukup tinggi.  Sertifikat TOEFL paling banyak dilampirkan saat pendaftaran kuliah atau beasiswa di luar negeri seperti Eropa atau Amerika.  

Empat komponen berbahasa Inggris yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing akan diujikan dalam tes TOEFL. Diketahui, tes ini menerapkan nilai minimal tinggi untuk standar berbahasa Inggris yang baik dengan skor tertinggi 120. Berikut ini beberapa cara dan prosedur yang bisa diikuti untuk mendaftar tes TOEFL secara daring atau online:

1. Mengakses Website Resmi ETS

Educational Testing Service (ETS) menjadi lembaga yang menyelenggarakan pengujian TOEFL, TOEIC, GRE dan Praxis series. Berdiri tahun 1947 yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat setidaknya telah menilai lebih dari 50 juta tes tiap tahun. Tujuan diciptakan ETS ini untuk meningkatkan kualitas dan kesetaraan dalam pendidikan bagi individu di seluruh dunia.

Terutama dalam hal kemampuan berbahasa Inggris melalui penciptaan pengujian yang telah didasari oleh penelitian mendalam. Selain mengembangkan pengujian, ETS juga mengadakan penelitian, analisa, studi kebijakan dan mengembangkan berbagai macam layanan tambahan. Tentu keakuratan penilaian serta sertifikat yang dikeluarkan lembaga ini telah diakui secara internasional.

Sementara untuk tata cara tes TOEFL online yang pertama membuka www.ets.org, setelah masuk halaman pilih menu TOEFL. Untuk pilihan tes online, akan diarahkan ke penjelasan mengenai syarat perangkat komputer dan ruang pengujian. Persyaratan ini harus terpenuhi terlebih dahulu, karena jika tidak maka ujian tidak dapat dilakukan.

2. Membuat Akun ETS

Untuk akun baru, pilih create an account jika belum memiliki akun dan hanya perlu mengisi beberapa informasi seperti nama, asal negara, alamat dan lainnya. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit untuk pembuatan akun baru namun tergantung bagaimana melengkapi informasi yang diperlukan. Cukup mengikuti langkah-langkah yang disediakan dan mengisi data valid sesuai kartu identitas.

Selain informasi personal, pertanyaan mengenai kira-kira negara mana yang akan dituju juga harus dijawab. Informasi tentang riwayat belajar bahasa inggris dan native speaker pada bahasa apa saja pastikan untuk dilengkapi. Terakhir, sebelum submit form akan diminta untuk mengecek lagi karena ada beberapa hal yang tidak dapat diubah setelah submit.

Langkah selanjutnya adalah membuat username dan password sesuai ketentuan yang ada. Adapun untuk mengantisipasi lupa password, maka akan diarahkan untuk memilih pertanyaan pemulihan. Kemudian akan dikirim verifikasi ke email yang didaftarkan dan akun siap digunakan.

3. Melakukan Pendaftaran

Untuk TOEFL iBT pada web ETS menyediakan dua pilihan tempat tes, yaitu test center atau home edition. Kemudian tersedia pilihan bulan untuk periode tes yang akan dilakukan dan pilihan tanggal otomatis akan muncul. Tanggal yang tersedia akan ditandai warna hijau dan warna abu-abu berarti tidak ada sesi yang tersedia.

Pilihlah salah satu tanggal tes akan dilaksanakan, pastikan tidak bertabrakan dengan jadwal lainnya. Pada web, tidak tersedia pilihan tanggal pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu atau empat hari tes dalam seminggu. Setelah memilih tanggal yang cocok, otomatis akan muncul pilihan jam tes dan waktu yang tersedia akan diberi warna putih.

4. Pembayaran Tes

Setelah memilih opsi tes yakni tempat, maka akan tertera besaran biaya yang harus dibayarkan pada tabel. Saat ini, biaya sekali mengikuti tes TOEFL IBT sekitar 205 dolar atau sekitar tiga juta jika dirupiahkan. Ada tiga opsi pilihan pembayaran diantaranya melalui kartu kredit atau debit, Paypal dan yang terakhir menggunakan voucher.

Metode pembayaran menggunakan voucher hanya bisa dilakukan jika sebelumnya telah membeli voucher yang disediakan oleh ETS. Setelah menyelesaikan proses pembayaran, tunggu sesaat hingga dinyatakan berhasil. Setelah itu akan muncul bahwa order sukses dan lembaran konfirmasi dapat dicetak untuk dijadikan bukti.

5. Pembatalan Pendaftaran

Tiap orang tentu tidak dapat mengetahui masa depan, sama halnya dengan mengikuti tes TOEFL ini. Jika ternyata setelah melakukan serangkaian pendaftaran namun ada halangan yang terjadi maka pembatalan dapat dilakukan. Pada web tersedia pilihan untuk reschedule atau menjadwal ulang tanggal dilaksanakannya tes.

Setidaknya pembatalan atau reschedule harus dilakukan empat hari sebelum hari H atau tanggal tes pilihan sebelumnya. Misalnya dijadwalkan tes pada hari Minggu makan untuk menjadwal minimal dilakukan pada hari Rabu. Sekedar informasi, reschedule akan dikenai biaya sebesar 60 dolar sebelum mendaftar tes baru.

Itulah serangkaian cara tes TOEFL online yang dapat diikuti untuk mendaftar pada website resmi penyelenggara. Ada baiknya sebelum mengikuti tes TOEFL, persiapkan diri terutama pada empat komponen yang akan diujikan. Apabila skor akhir yang diperoleh dibawah harapan, dimungkinkan mengulang tes yang sama yang artinya kembali mengeluarkan biaya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *