Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi yang Aman dan Terpercaya

  • Whatsapp
Ciri-ciri Pinjaman Online Resmi

Pada masa sekarang ini sudah banyak sekali penyedia jasa dalam bentuk online, tidak terkecuali jasa peminjaman.

Namun dapat dikatakan bahwa tidak semua jasa peminjaman yang ada termasuk dalam kategori aman dan terpercaya serta resmi dalam pandangan hukum. Supaya tidak menjadi salah satu korban penipuan saat melakukan pinjaman. Sebaiknya ketahui lebih dulu ciri-ciri pinjaman online resmi.

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri yang terdapat pada penyedia jasa pinjaman online. Tentu calon peminjam dapat membedakan mana pinjaman yang aman dan yang tidak aman. Bagi yang ingin mengetahui apa saja ciri-ciri pinjaman dapat dikatakan resmi dari jalur hukum. Berikut penjabarannya :

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Ciri-ciri pinjaman online resmi yang pertama, bahwa penyedia jasa tersebut sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Biasanya pihak otoritas jasa keuangan akan mengumumkan apa saja aplikasi pinjaman online yang resmi dan tidak resmi. Calon peminjam dapat mengetahui berbagai nama aplikasi pinjaman online tersebut dengan mengunjungi situs OJK secara langsung atau bisa juga menghubungi customer service OJK.

2. Bunga Standar

Setiap aplikasi penyedia jasa pinjaman online memiliki ketentuan dan aturannya masing-masing termasuk besarnya bunga. Yang menjadi catatan penting bahwa di setiap harinya bunga pinjaman online tidak lebih dari 1 persen. Bahkan terdapat beberapa aplikasi penyedia jasa pinjaman online menetapkan bunga hanya sebesar 0,16 persen per hari.

Memang, pinjaman online proses cepat cair cukup menggiurkan. Akan tetapi, pastikan tetap mengikuti kebijakan tentang bunga tidak lebih dari 1 persen per hari ditetapkan. Hal ini memiliki tujuan supaya peminjam tidak merasa keberatan saat membayar angsuran dan mengembalikan pinjamannya.

3. Mekanisme Pinjaman yang Transparan

Ciri-ciri pinjaman online resmi yang selanjutnya adalah Memiliki mekanisme pinjaman yang nyata dan transparan. Penyedia jasa pinjaman online yang resmi dan terpercaya tidak akan keberatan jika diminta untuk menjelaskan mekanisme peminjaman dengan detail kepada calon peminjam.

Dalam hal ini mekanisme yang dimaksudkan tentang besaran suku bunga, rentang waktu dan batas pelunasan pinjaman serta simulasi pembayaran cicilan. Pihak OJK juga telah mengatur mekanisme seperti diatas dan berlaku untuk semua penyedia jasa pinjaman online supaya memberikan informasi selengkap-lengkapnya.

4. Alamat Kantor Jelas Dan Valid

Penyedia jasa pinjaman online walaupun dalam bentuk aplikasi tetapi juga harus memiliki alamat kantor yang jelas dan valid. Alamat penyedia jasa pinjaman online ini biasanya tercantum sangat jelas dalam situs resminya. Namun jika penyedia jasa pinjaman online tersebut tidak mencantumkan alamat kantor dengan lengkap dan jelas.

Maka calon peminjam patut curiga dan berhati-hati. Bisa jadi penyedia jasa pinjaman online yang seperti ini termasuk yang tidak resmi dan tidak aman.

Baca juga: 7 Hal Tentang Tabungan Pendidikan Anak Syariah, Harus Diketahui Para Orang Tua

5. Adanya Kontak Layanan Konsumen Resmi

Mempunyai kontak layanan konsumen yang resmi merupakan ciri-ciri pinjaman online resmi yang berikutnya. Aplikasi penyedia jasa pinjaman online termasuk dalam kategori resmi. Maka penyedia jasa pinjaman online tersebut pasti akan menyediakan kontak layanan yang di peruntukan untuk konsumennya.

Kontak layanan ini biasanya dapat ditemukan di laman situs resmi yang dimiliki oleh penyedia jasa pinjaman online tersebut. Abaikan saja jika yang menawarkan jasa pinjaman melalui pesan SMS ataupun lewat pesan WhatsApp. Karena kemungkinan besar itu berasal dari penyedia jasa pinjaman online yang ilegal dan tidak resmi.

Demikian pembahasan tentang 5 ciri-ciri pinjaman online resmi yang dapat menjadi rujukan ketika hendak melakukan peminjaman. Perlu dipastikan dulu sebelum melakukan transaksi peminjaman bahwa penyedia jasa pinjaman online tersebut telah memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik, seperti Gopinjol.com. Hal ini dapat diketahui melalui berbagai macam testimoni dan review debitur perusahaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *