Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Yang Singkat

  • Whatsapp

Pendidikan pada saat ini memang sangat penting dan harus diutamakan demi kepentingan bangsa dan negara di masa depan.

Maka dari itu, anak harus sekolah mulai dari TK sampai dengan tingkat perguruan tinggi. Berkaitan dengan hal ini ada beberapa contoh ceramah tentang pendidikan yang bisa dijadikan sebagai nasehat atau motivasi untuk belajar.

Read More

Beberapa Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Yang Singkat

Ceramah merupakan sebuah penyampaian dari seseorang secara lisan. Di mana ceramah ini dapat juga dikatakan sebagai sebuah nasehat atau motivasi untuk kepentingan bersama.

Salah satunya adalah ceramah yang membahas mengenai pendidikan yang biasanya disampaikan di sekolah. Nah, berikut ini merupakan paparan mengenai beberapa contoh ceramah tentang pendidikan.

1. Ceramah Mengenai Pendidikan Yang Berkarakter

Selamat pagi teman-teman sekalian yang sempat hadir, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hari ini perlu kita bersyukur karena masih sempat bertemu di tempat ini untuk mendengarkan ceramah dengan tema pendidikan.

Dalam ceramah tentang pendidikan karakter ini saya menyimpan banyak harap kepada generasi muda. Dengan melihat berbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa.

Di mana masalah tersebut adalah menurunnya moral yang dimiliki remaja karena terpengaruh oleh sikap hidup hedonis. Salah satunya dengan berhubungan badan namun belum memiliki status pernikahan.

Maka dari itu, didiklah anak-anak kita agar mempunyai karakter yang baik dan berakhlak mulia. Itulah yang sempat saya sampaikan, saya akhiri Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Ceramah Mengenai Pendidikan Moral

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang saya hormati bapak ibu dan siswa-siswa sekalian. Pertama-tama, marilah kita panjat kan segala puji bagi Allah SWT dengan limpahan rahmat dan nikmat.

Adapun ceramah yang ingin saya sampaikan mengenai betapa pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan. Di mana pendidikan moral ini dengan menjaga sopan santun dan etika yang dimiliki.

Karena suatu bangsa dapat dikatakan lemah jika cara bertingkah laku masyarakat yang tidak senonoh. Akan tetapi, jika masyarakat mampu menjaga tingkah laku dan menjauhi pengaruh buruk dan saling tolong menolong maka hal tersebut tidak akan terjadi. Mungkin itu ceramah saya, saya undur diri dan sekian. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Ceramah Mengenai Ilmu dan Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat siang untuk para hadirin. Tak lupa pula kita mengucapkan banyak rasa syukur kepada Allah SWT dan senantiasa bershalawat kepada Nabi.

Untuk ceramah kali ini yang akan saya sampaikan mengenai pentingnya ilmu dan pendidikan agar generasi bisa berbuat baik. Dengan melihat masalah yang dihadapi oleh bangsa terkait norma yang selalu diabaikan.

Salah satunya adalah melakukan perilaku buruk seperti menggunakan narkoba pada anak yang masih remaja. Hal tersebut harus dihindari dengan didikan dari orang tua dan guru di sekolah.

Dengan cara memperlihatkan sikap yang baik dan memberikan nasehat agar tidak mudah terpengaruh kepada hal negatif. Saya berharap ceramah ini bisa bermanfaat bagi hadirin yang berbahagia, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Ceramah Mengenai Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang saya hormati bapak ibu guru dan teman-teman sekalian. Puji syukur selalu kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT dan shalawat kepada baginda rasul. Ceramah yang akan saya sampaikan kali ini adalah ceramah tentang pendidikan berdasarkan Al-Qur’an. Hal tersebut seperti yang dijelaskan pada surah al-Mujadalah ayat 11.

Yang menyebutkan bahwa seseorang harus memperhatikan mengenai ilmu yang mengantarkan manusia terhadap keimanan. Selain itu, ilmu juga bisa mengangkat derajat manusia dan ilmu didapatkan jika ingin berfikir, mengamati, dan mencerna. Maka dari itu, marilah terus untuk menuntut ilmu sesuai ajaran Al-Qur’an. Itulah ceramah singkat yang saya bawakan untuk hadirin, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

5. Ceramah Mengenai Peribahasa Pendidikan Dari Ki Hajar Dewantara

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Saya selaku kepala sekolah akan menyampaikan sedikit cermah singkat kepada murid-murid yang berbahagia. Pada ceramah kali ini, saya akan menyampaikan mengenai salah satu pribahasa pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Yakni Tut Wuri Handayani yang berarti memberikan sebuah dorongan.

Dorongan yang dimaksud ini adalah dorongan yang besar untuk senantiasa dalam menempuh pendidikan. Di mana dorongan tersebut berasal dari guru dan orang tua melalui pengorbanan ilmu yang diberikan. Maka dari itu, marilah menciptakan prestasi yang luar biasa dan membuat mereka bangga. Itulah ceramah singkat yang sempat saya sampaikan, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

6. Ceramah Mengenai Rendah Hati Terhadap Pendidikan Yang Dimiliki

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang saya hormati hadirin yang berbahagia. Untuk pertama kalinya tak lupa kita selalu panjatkan puji syukur kepada Allah SWT beserta Nabi Muhammad SAW. Ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia masih minim dibanding yang dimiliki Allah. Sehingga ilmu pengetahuan tersebut tidak perlu untuk sombong kepada sesama.

Banyak keutamaan yang bisa didapatkan jika memiliki banyak ilmu pengetahuan seperti akan diberikan kemudahan menuju jalan yang benar. Namun tenaga pengajar memiliki peran penting untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut.

Dengan cara mau belajar bersama meskipun dalam waktu yang singkat. Ceramah singkat ini semoga bisa diterapkan oleh para hadiri, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Bagaimana saya bisa mengonversi catatan dokumen Word ke PDF?

7. Ceramah Mengenai Pendidikan Dalam Bidang Teknologi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat pagi. Hal yang paling utama adalah mengucapkan alhamdulillah atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita.

Ceramah kali ini yang akan saya bawakan mengenai dampak teknologi di zaman globalisasi. Di mana teknologi yang semakin canggih juga membawa pengaruh buruk.

Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan internet yang di salah gunakan oleh masyarakat termasuk generasi mudah. Penggunaan internet juga dijadikan penyebab masuknya budaya asing. Untuk menghindari hal tersebut harus pintar-pintar dalam mencerna informasi yang didapat. Ceramah singkat tersebut semoga bermanfaat, selamat pagi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah beberapa contoh ceramah tentang pendidikan yang terdiri dari judul yang berbeda-beda. Sehingga bisa dijadikan contoh jika ingin melakukan kegiatan ceramah baik di sekolah maupun di masyarakat. Biasanya ceramah ini digunakan atau disampaikan di hari pendidikan nasional untuk mengingat betapa pentingnya makna pendidikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *