Inilah Contoh Motivation Letter Beasiswa di Perguruan Tinggi

  • Whatsapp
Contoh Motivation Letter Beasiswa

Memiliki motivasi yang tinggi untuk memperoleh sesuatu memang sangat dibutuhkan seseorang. Apalagi jika seseorang ingin memperoleh beasiswa tentu harus memiliki motivasi yang kuat. Biasanya seseorang membutuhkan contoh motivation letter beasiswa untuk dijadikan motivasi. Selain itu, contoh tersebut juga memiliki beberapa tujuan yang wajib diketahui.

Tujuan Pembuatan Motivation Letter Beasiswa

Pembuatan motivation letter untuk beasiswa memang memiliki beberapa tujuan yang harus diketahui seseorang. Dimana tujuan dari pembuatan contoh motivation letter beasiswa adalah sebagai bentuk ungkapan atas program studi yang dipilih. Bukan hanya itu, tujuan lainnya adalah untuk memberikan penjelasan terkait dengan alasan memiliki program studi dan perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, dengan adanya surat motivasi tentu dapat mempromosikan keahlian atau kompetensi yang dimiliki. Dengan begitu, peluang untuk mendapat beasiswa pun akan dipertimbangkan karena memiliki prestasi yang baik. Memang dalam salah satu syarat untuk memperoleh beasiswa dari kampus yakni memiliki prestasi yang baik di berbagai bidang.

Contoh Motivation Letter Beasiswa Untuk Mahasiswa

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwasanya contoh motivation letter beasiswa sangat dibutuhkan seseorang. Karena dengan adanya sebuah surat yang ditulis dan ditujukan ke perguruan tinggi dapat memberikan peluang besar untuk beasiswa. Maka dari itu, berikut paparan lengkap mengenai contoh motivation letter beasiswa untuk mahasiswa:

1. Untuk Beasiswa Bank Indonesia

Kepada yang terhormat Panitia pelaksana beasiswa Bank Indonesia. Penulisan motivation letter ini dapat dijadikan bukti bahwa saya memiliki minat yang besar. Dimana minat untuk ikut dalam pendaftaran beasiswa jenis BI. Saya telah melihat dan mencerna beberapa kriteria untuk penerima beasiswa ini sehingga membuat saya mendaftar dan menjadi salah satu penerima.

Adapun alasan utama bagi saya berani melakukan pendaftaran karena jurusan saya dimasa depan akan sangat dibutuhkan. Jurusan saya tentunya sangat dibutuhkan utamanya dalam dunia kerja nantinya. Akan tetapi saya juga membutuhkan biaya untuk menyelesaikan studi melalui beasiswa BI. Semua berkas yang dibutuhkan pun sudah saya lampirkan.

2. Untuk Beasiswa LPDP

Yang terhormat Direktur Utama beasiswa LPDP. Saya menulis sebuah surat motivation letter yang memiliki tujuan untuk menyampaikan alasan utama ingin mendaftar beasiswa tersebut. Alasan saya melakukan pendaftaran beasiswa ini yaitu untuk membantu dalam membiayai pendidikan magister saya. Saya memiliki beberapa prestasi yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

Adapun prestasi yang sempat saya peroleh antara lain juara I olimpiade Bahasa Inggris ajang nasional. Selain itu, saya juga memiliki prestasi TOEFL yang tinggi dan menjadi salah satu persyaratan untuk mendapat beasiswa LPDP. Oleh karena itu, saya merasa sangat yakin bisa mendapatkan beasiswa tersebut untuk menunjang pendidikan magister saya.

3. Untuk Beasiswa ke Luar Negeri

Untuk Pimpinan Perguruan Tinggi yang saya hormati. Perkenalkan nama saya Doni Arsono yang merupakan lulusan dari Universitas Indonesia. Saat sekarang ini saya memiliki sebuah impian untuk menimba ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri. Saya memiliki impian untuk menimba ilmu di University of Bremen Jerman melalui beasiswa.

Alasan saya ingin menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut yakni untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris saya. Bukan hanya itu, saya juga ingin berkenalan dengan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Melalui surat ini, saya mengungkapkan keinginan terbesar saya untuk menimba ilmu di perguruan tinggi yang luar biasa ini.

4. Untuk Beasiswa KGSP di Negara Korea Selatan

Yang terhormat Pemerintah Korea Selatan. Pertama, perkenalkan nama saya Yoni Suhartono berasal dari negara Indonesia. Saya menulis motivation letter untuk memperoleh beasiswa yang tidak lepas dari alasan utama yang saya miliki. Berkaitan dengan keinginan saya untuk melanjutkan pendidikan di negara Korea Selatan sehingga saya mendaftar beasiswa KGSP.

Semenjak lama memang saya mendambakan untuk menimba ilmu di negara tersebut dengan melalui beasiswa. Menurut saya, pendidikan negara Korea memang memiliki kualitas yang bagus dan akan saya terapkan di dunia kerja nantinya. Saya memiliki harapan yang besar untuk lolos dan menjadi penerima beasiswa KGSP sehingga impian saya dapat terwujud.

5. Untuk Beasiswa AAS di Negara Australia

Kepada yang terhormat Pimpinan Perguruan Tinggi. Penulisan motivation letter yang saya lakukan ini untuk menyampaikan keinginan saya. Sejak lulus S1 saya memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri yakni negara Australia. Menurut saya, dengan menimba ilmu di negara tersebut, saya bisa mendapatkan banyak ilmu yang luar biasa.

Akan tetapi untuk mewujudkan impian yang saya miliki, saya membutuhkan bantuan melalui beasiswa AAS. Dengan mendapatkan beasiswa AAS, saya bisa dengan mudah untuk mengambil gelar magister di negara Australia. Saya menaruh harapan yang besar agar bisa mendapatkan beasiswa AAS untuk menimba ilmu di perguruan tinggi yang saya tuju.

Itulah penjelasan lengkap mengenai contoh motivation letter beasiswa dalam taraf internasional maupun nasional. Memang surat tersebut sangat membantu agar bisa mendapat beasiswa di perguruan tinggi yang diinginkan. Selain itu, dengan melalui surat yang telah dibuat oleh calon penerima beasiswa tentu menjadi pertimbangan dari pihak pelaksana beasiswa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *