Etika Bisnis Adalah: Pemahaman, Contoh Dan Manfaat Yang Dirasakan

  • Whatsapp

Dunia bisnis merupakan suatu kondisi yang membutuhkan salah satu komponen penting, yaitu etika bisnis. Etika bisnis adalah suatu tata cara, nilai luhur, sebuah landasan yang digunakan dalam dunia bisnis.

Dalam hal ini, peran dari etika bisnis sendiri berhubungan langsung dengan nilai moral dan tata cara hidup.

Read More

Sebuah hubungan yang terjalin dengan mengedepankan nilai moral, respect dan berbagai nilai yang berlaku di masyarakat.

Pengertian Dari Etika Bisnis

Etika bisnis adalah sebuah sistem nilai yang mewujudkan koneksi antar manusia dengan mengedepankan pola perilaku positif.

Pada pengertian dari etika bisnis, pendapat para ahli pun menjelaskan seperti apa etika bisnis tersebut. Beberapa pengertian yang diutarakan oleh para ahli bisa diambil kesimpulan tentang pengertian etika bisnis.

  • Merupakan sebuah standar etika yang memiliki tujuan serta cara dalam mengambil keputusan bisnis.
  • Sebuah pembelajaran moral dan memiliki konsentrasi tinggi dalam penerapan kebijakan, sebuah institusi hingga perilaku dalam bisnis.
  • Cara membedakan mana salah dan benar, yaitu pembekalan pemimpin perusahaan. Dalam hal ini, pengambilan keputusan strategis berkaitan pada permasalahan moral yang begitu majemuk.
  • Pada bisnis terkadang ditemukan wilayah tanpa deteksi yang tidak masuk wilayah ketentuan hukum. Hal inilah yang menjadikan munculnya etika bisnis dan menjadi standar lebih luas dibandingkan ketentuan dan aturan hukum.
  • Secara universal, pengaturan dan pengelolaan bisnis didasarkan pada norma serta moralitas yang berlaku.
  • Sebuah penilaian terkait pada kegiatan serta pelaku bisnis yang sedang dilakukan berdasarkan kebenaran dan kejujuran berusaha.

Dengan memahami beberapa pengertian dari etika bisnis tersebut, maka bisa diwujudkan dengan beberapa contoh yang ada.

Contoh dari etika bisnis ini bisa menjadi acuan dalam pelaksanaan etika pada bisnis yang dilakukan perusahaan.

Contoh Etika Bisnis

Sebuah contoh merupakan suatu tindakan yang dilaksanakan, pada etika dalam bisnis ini bisa dengan memberikan kesan baik. Kesan baik ini senantiasa harus diperhatikan agar perlakuan etika bisnis menjadi lebih terlihat.

1. Penyebutan Nama

Penyebutan nama dilakukan pada saat para pelaku bisnis bertemu atau berkenalan di sebuah tempat. Misalnya saja jika akan mengadakan perjanjian bisnis, maka dalam pertemuan tersebut hal pertama yang dilakukan adalah memperkenalkan diri.

Dalam memperkenalkan diri, sebutlah nama panggilan awal saja sehingga mudah diucapkan dan diingat. Penyebutan nama inilah yang merupakan salah satu dari contoh etika bisnis yang dijalankan.

2. Berdiri Ketika Berkenalan

Salah satu etika bisnis adalah berdiri Ketika berkenalan ke rekan bisnis yang ditemui. Dengan berjabat tangan dan berdiri maka memberikan respect kepada sesama rekan bisnis. Dan sebagai bentuk rasa hormat sehingga merupakan awal yang baik dalam menjalankan bisnis nantinya.

3. Mengucapkan Terima Kasih

Kata terima kasih merupakan kata yang ampuh dan menjadi salah satu nilai pada etika bisnis yang dilakukan. Disaat rekan bisnis memaparkan perencanaan kemudian ditanggapi oleh rekanan lain, selanjutnya lakukan pengucapan terima kasih. Hal ini memberikan kesan mendalam sebagai bentuk apresiasi kepada rekan bisnis.

4. Membayar Saat Mengundang

Saat mengadakan kerjasama bisnis biasanya akan diadakan undangan untuk berkumpul bersama guna membahas bisnis. Maka saat menjadi pengundang, harus membayar tagihan sesuai yang sudah dilakukan.

Jika berkunjung di sebuah cafe, maka segeralah untuk membayar tagihan makan. Inilah etika bisnis yang bisa ditunjukkan dan menjadi hal yang baik untuk dilakukan.

Dengan memahami beberapa contoh etika bisnis yang ada dan bisa dilakukan oleh pelaku bisnis. Maka etika bisnis tersebut tentu menimbulkan manfaat yang begitu banyak. Terutama dalam perjalanan bisnis, sehingga bisnis berjalan lebih baik dan lancar.

Manfaat Dari Etika Bisnis

Ada beberapa manfaat etika bisnis yang bisa dirasakan oleh para pelaku bisnis. Etika bisnis ini memang menjadi hal yang penting dalam dunia bisnis sebagai suatu hal yang sangat positif untuk dilakukan.

1. Pengembangan Jati Diri

Penerapan etika yang baik dalam bisnis tentu akan memunculkan pengembangan jati diri positif bagi pelaku bisnis. Hal ini dibuktikan dengan respon yang cepat, rasa tanggungjawab yang tinggi hingga meningkatkan pengembangan bisnis perusahaan.

2. Pengendalian Diri

Pengaruh dari etika bisnis dalam keseharian pelaku bisnis adalah tentang pengendalian diri. Terjaganya sikap yang baik dan penuh etika serta norma yang dilakukan. Hal ini memunculkan nilai pengendalian yang penuh terhadap diri untuk menunjukkan sikap terbaik dan memberikan yang terbaik.

3. Menciptakan Suasana Persaingan Yang Sehat

Persaingan sehat ini ditunjukkan dengan saling berkompetisi tanpa harus terpengaruh dengan kecurangan, ketamakan atau iming-iming suap, bonus dan sebagainya. Persaingan sehat berlandaskan pengembangan bisnis dengan ide dan inovasi terbaru dari para pelaku bisnis.

4. Saling Percaya

Munculnya sikap saling percaya antar pelaku bisnis berasal dari etika bisnis itu sendiri. Kepercayaan ini akan mewujudkan kebaikan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Sebuah kepercayaan juga bisa ditampilkan pada laporan keuangan perusahaan yang selalu mengalami peningkatan.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Online Dengan Profit Menggiurkan

5. Terciptanya Kenyamanan Dalam Bisnis

Jika etika bisnis berjalan dengan baik dan masing-masing pelaku bisnis sadar pentingnya nilai etika bisnis. Maka akan tercipta kenyamanan dalam menjalankan bisnis ke depan.

Sehingga perusahaan akan bergerak lebih cepat dikarenakan situasi yang serba kondusif. Para pelaku bisnis sadar menanamkan nilai moral dan etikanya dalam bertindak dan bertingkah laku.

Inilah kenapa etika bisnis begitu penting ditetapkan pada dunia bisnis saat ini. Karena etika bisnis adalah suatu keadaan dimana pelaku bisnis menjunjung tinggi nilai yang berlaku di masyarakat.

Manusia yang berbudi pekerti luhur dan memiliki nilai yang positif dalam berinteraksi akan memperlancar bisnis berjalan dan berkembang. Sehingga tercipta suatu kondisi perusahaan yang nyaman dan aman dalam pengembangan bisnis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *