Inilah 4 Rekomendasi Film Tentang Pendidikan yang Layak Untuk Ditonton!

  • Whatsapp
Mimpi Ananda Raih Semesta (Foto: cepedaknews.com)

Ada banyak sekali genre film yang bisa dijadikan pilihan untuk di tonton dikala memiliki waktu senggang. Mulai dari film bertemakan petualangan, komedi, drama, aksi, horror, dan lain sebagainya.

Namun satu genre film yang tidak boleh dilewatkan untuk di tonton adalah film yang bertemakan Pendidikan. Ada banyak sekali film tentang Pendidikan yang akan dibahas di bawah ini.

Read More

Namun sebelum membahas tentang beberapa rekomendasi film mengenai Pendidikan yang nantinya bisa di tonton, ada baiknya jika mengetahui dulu beberapa alasan kenapa harus menonton film bergenre Pendidikan ini.

Nah supaya tidak semakin penasaran lagi, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Mengapa Harus Menonton Film Tentang Pendidikan?

Jika ditanya mengenai alasan kenapa harus menonton film dengan genre pendidikan, maka tentu saja alasannya sangat beragam.

Namun satu hal yang pasti bahwa dengan menonton film biasanya pesan-pesan yang disampaikan akan mudah diterima oleh para penontonnya. Dengan begitu, para penonton tidak akan merasa sedang digurui.

Jadi bisa dikatakan menonton film Pendidikan ini merupakan acara asyik untuk bisa belajar sesuatu hal tanpa perlu mendengarkan guru atau dosen menerangkan di depan kelas.

Terlebih lagi dalam film bertemakan Pendidikan biasanya banyak sekali pelajaran-pelajaran berharga yang bisa dipetik. Tentunya hal tersebut akan menjadi modal berharga dalam mengarungi kehidupan ini.

Singkatnya, selain dapat menghilangkan penat di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari, menonton film Pendidikan juga merupakan pilihan terbaik untuk mengisi waktu luang dengan cara yang bermanfaat.

Jadi di samping sebagai sarana hiburan, terdapat juga sarana edukasi yang bisa di ambil di dalamnya.

Apa saja Rekomendasi Film Pendidikan yang Layak Untuk Ditonton?

Nah setelah mengetahui alasan kenapa harus menonton film tentang Pendidikan, mungkin banyak yang bertanya juga terkait film mengenai Pendidikan apa saja yang layak untuk dijadikan tontonan.

Nah berikut ini adalah beberapa film dengan genre pendidikan yang sayang sekali untuk dilewatkan. Apa saja itu? Yuk langsung saja cek di bawah ini.

1. Negeri 5 Menara (2012)

Film yang satu ini sangat direkomendasikan sekali untuk di tonton.

Tokoh utama dari Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini bercerita tentang Alif, seorang anak yang baru saja lulus SMP di Maninjau. Alif ini berkeinginan untuk bisa kuliah di ITB sehingga berencana untuk melanjutkan SMA di Bandung.

Sayangnya orang tua Alif menginginkan anaknya itu untuk masuk Pesantren di Ponorogo, Jawa Timur. Akhirnya Alif pun menuruti keinginan orang tuanya tersebut.

Pada awalnya ia lebih suka menyendiri hingga akhirnya Alif bertemu dengan enam sahabat akrabnya. Bersama kawan-kawannya tersebut, Alif sangat senang berkumpul di Menara masjid yang ada di Pondok tersebut.

Karena hal tersebutlah akhirnya muncul sebuah istilah Sahibul Menara yang artinya para pemilik menara.

Bersama sahabat-sahabatnya ini, Alif tumbuh menjadi remaja yang visioner dan saling berjanji untuk bisa menaklukkan dunia dan mewujudkan masing-masing cita-citanya. Dan yang terpenting bisa menjadi orang yang bisa bermanfaat untuk banyak orang.

2. Laskar Pelangi (2008)

Film tentang Pendidikan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Film yang sangat booming pada tahun 2008 ini sudah sangat sering di putar di televisi-televisi nasional. Banyak sekali pelajaran dan hikmah yang bisa diambil kisah yang dijelaskan pada film Laskar Pelangi ini.

Salah satu contohnya yaitu bahwa keterbatasan bukanlah alasan untuk tidak berprestasi.

Ya, film yang satu ini mengisahkan bagaimana perjuangan guru dan anak-anak di Pulau Belitung yang hampir saja tidak bisa bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong karena keterbatasan murid.

Hingga akhirnya sekolah pun tidak jadi ditutup karena di detik-detik akhir jumlah murid memenuhi jumlah minimal sekolah tersebut bisa tetap dibuka.

Walaupun harus menempuh perjalanan berkilo-kilo untuk bersekolah, namun anak-anak Laskar Pelangi ini tetap semangat dan bisa berprestasi.

3. Alangkah Lucunya Negeri Ini (2010)

Film yang dirilis oleh Deddy Mizwar ini menceritakan sosok Muluk yang diperankan oleh Reza Rahadian.

Setelah menamatkan kuliah nya, muluk masih belum bisa mendapatkan pekerjaan walaupun sudah dua tahun lulus dari bangku kuliah. Mungkin ini juga salah satu alasan kenapa judul dari Film yang satu ini adalah ‘Alangkah Lucunya Negeri Ini’.

Selain itu, film ini juga memberikan pelajaran bagi para penontonnya bahwa proses Pendidikan itu tidak hanya berhenti setelah tamat kuliah.

Adapun pelajaran lainnya yang membuat membuka mata siapa saja yang menonton film ini yaitu masih tingginya angka pengangguran di Indonesia dan masih mahal nya biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa sekolah.

Baca Juga: Deretan Film Tentang Bisnis Untuk Motivasi Para Pebisnis, Wajib Ditonton!

4. Mimpi Ananda Raih Semesta (2016)

Film tentang Pendidikan yang direkomendasikan untuk ditonton adalah Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS).

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini mengisahkan bagaimana perjuangan seorang ibu untuk bisa memberikan Pendidikan terbaik bagi anaknya. Ibu Tupon yang tinggal di kaki Gunung Kidul merupakan sosok ibu pejuang yang tidak mengenal lelah.

Walaupun anaknya yang bernama Sekar Palupi buta huruf, namun Bu Tupon tidak pernah Lelah untuk terus berjuang agar anaknya itu mendapatkan Pendidikan layak.

Akhirnya perjuangan Bu Tupon tersebut berbuah manis ketika anaknya Sekar meraih gelar master di Oxford University dalam bidang Astronomi.

Itulah 4 rekomendasi film tentang pendidikan yang layak untuk ditonton. Kira-kira dari keempat film yang sudah disebutkan diatas, mana saja film yang sudah di tonton?

Nah jika banyak film yang belum sempat ditonton, segera luangkan waktu untuk menonton film-film tersebut. Selain akan memberikan motivasi dan inspirasi, tentu saja akan banyak pelajaran yang nantinya bisa diambil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *