Penasaran Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat? Simak Ulasan Singkatnya!

  • Whatsapp
Gaji Tukang Parkir Pesawat

Setiap kendaraan memang harus diparkir dengan baik ketika berada di tempat umum sehingga tidak mengganggu. Namun lain hanya dengan pesawat yang memang harus juga di parkir ketika selepas melakukan penerbangan. Memang menjadi tukang parkir pesawat tidak semudah yang dibayangkan sehingga gaji tukang parkir pesawat cukup tinggi.

Mengapa Tukang Parkir Pesawat Harus Digunakan?

Seorang pilot tidak dapat berhasil memarkirkan pesawat dengan baik tanpa bantuan dari tukang parkir. Memang pesawat juga harus di parkir dengan baik sehingga penerbangan dapat dilakukan dengan lancar. Olehnya itu, berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai alasan profesi marhaller sangat penting untuk digunakan:

1. Dijadikan Sebagai Pemandu untuk Pilot

Profesi marshaller memang mempunyai peran yang sangat penting karena dijadikan sebagai seorang pemandu pilot di pesawat. Tujuannya untuk memarkirkan pesawat tersebut di lokasi dengan teratur. Seorang parkir ini akan memandu dengan cara melalui gerak badan dan berkomunikasi untuk memberikan arah terhadap pesawat.

2. Memiliki Peran untuk Berkoordinasi

Dalam menjalankan tugasnya, seorang tukang parkir tersebut memiliki peran untuk berkoordinasi yang sangat penting. Karena memang tugas dari tukang parkir ini sangat berhubungan dengan lepas landas dari pesawat. Selain itu, tugas yang dijalankan pun berhubungan dengan pendaratan sehingga tidak heran jika gajinya sangat tinggi.

3. Memiliki Target Parkir

Seorang marshaller ini harus memiliki target parkir sebanyak 5 pesawat. Pesawat tersebut nantinya diparkir ke area tertentu dan membuat marshaller ini pun harus bekerja selama 13 jam lamanya. Memang pekerjaan ini menggunakan sistem shift yang bekerja mulai jam 06.00-19.00 dan ada juga yang bekerja mulai jam 18.00-07.00.

4. Mempunyai Alat Khusus

Untuk menjaga keselamatan marshaller tersebut, nantinya akan dilengkapi berbagai alat yang khusus. Dimana alat yang dimaksud tersebut seperti adanya penutup telinga yang bertujuan untuk meredam ribut dari suara pesawat. Selain itu, ada juga sepatu yang memiliki ujung besi dan harus menggunakan jaket neon. Tidak kalah pentingnya dengan penggunaan tongkat LED.

5. Mempunyai Syarat Akademik

Tukang parkir pesawat ini dituntut untuk mempunyai syarat akademik. Memang seorang tukang parkir harus memiliki pengetahuan minimal lulusan diploma maupun sarjana. Namun di negara Indonesia, masyarakat bisa menjadi tukang parkir pesawat dengan pendidikan SMA atau SMK saja. Selain itu, usia yang dimiliki oleh marshaller ini maksimal 24 tahun.

Gaji yang Diperoleh Marshaller

Bukan hanya mempunyai gaji besar saja, namun seseorang yang memiliki profesi marshaller dengan mempunyai kehati-hatian. Memang pada saat memarkirkan pesawat harus hati-hati untuk dilakukan. Hal yang membuat gaji tukang parkir pesawat menjadi tinggi dibanding dari pekerjaan sejenisnya.

Pemberian gaji tukang parkir pesawat di negara Indonesia harus berdasarkan dengan standar gaji dari masing-masing daerah. Kemudian nantinya akan ada beberapa tunjangan yang dapat diberikan kepada marshaller seperti dari segi keahlian. Selain itu, seorang marshaller akan mengalami kenaikan gaji dan dilihat dari lamanya marshaller bekerja.

Adapun gaji dari seorang marshaller di negara Indonesia kurang lebih Rp5.000.000 hingga Rp6.000.000 untuk setiap bulannya. Meskipun ini hanya kisaran namun kembali lagi dari kebijakan yang dimiliki dari maskapai penerbangan masing-masing. Selain itu, tingginya penghasilan yang dimiliki dari marshaller tergantung pengalaman yang dimiliki.

Itulah pembahasan lengkap mengenai kisaran gaji tukang parkir pesawat di Indonesia berdasarkan pengalamannya. Selain itu, seorang marshaller memiliki peran yang sangat penting untuk kantor penerbangan yang ada. Namun sebelum menjadi tukang parkir ini, harus mempunyai akademik khusus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *