Game  

6 Game Pertama di Dunia yang Tercatat dalam Sejarah

Advertisements
6-Game-Pertama-di-Dunia-yang-Tercatat-Dalam-Sejarah

Menentukan apa game pertama di dunia bisa menjadi pekerjaan yang tidak sederhana. Penyebabnya adalah adanya perbedaan pendapat dan pemahaman mengenai apa itu video game. Perbedaan definisi dan pemahaman tentu akan berujung pada perbedaan identifikasi mengenai apa game pertama di dunia.

Apapun definisi video game-nya, eksisten permainan elektronik ini bisa dilacak sampai ke dekade 1950-an, dimana pada dekade tersebut ada 2 game yang dinilai sebagai game pertama di planet bumi. Kedua game tersebut adalah Bertie the Brain dan Tennis for Two. Di dekade berikutnya pun ada perkembangan.

Di dekade 60-an ada Spacewar dan didekade 70-an ada Galaxy Game, Pong, dan Space Race. Masing-masing permainan membawa sesuatu yang baru dan bisa dianggap sebagai pionir sekaligus yang pertama. Pengaruh waktu juga bisa memberi pengaruh pada opini apa game pertama yang dirilis di dunia ini.

Daftar Game Pertama di Dunia

Terdapat daftar game pertama dalam sejarah umat manusia yang bisa dipresentasikan. Kamu sendiri bisa menilai game mana yang bisa masuk dalam kategori game pertama di dunia. Yang pasti, game yang terbilang pertama dan pionir, muncul dalam bentuk yang jauh dari video game yang kamu lihat saat ini.

Berikut adalah 6 game klasik termasuk yang pertama dan memberi pengaruh dalam industri game.

1. Bertie the Brain (1950)

Bertie-the-Brain-1950

Bertie the Brain dirilis di tahun 1950 dinilai sebagai game pertama di dunia. Tentu saja, ada beberapa pihak yang tidak sepakat dengan klaim ini dan hal ini merupakan hal yang biasa. Seorang inventor bernama Josef Kates mengembangkan sebuah mesin bertinggi 4 meter yang menampilkan Bertie the Brain.

Bertie the Brain mirip dengan permainan bernama Tic-Tac-Toe yang sering dimainkan oleh anak-anak. Bertie the Brain pertama kali ditampilkan di Canada National Exhibition. Selama berminggu-minggu, para pengunjung banyak yang tertarik dan mencoba memainkan game ini dan banyak orang yang tertantang.

Bertie the Brain menyediakan beragam tingkat kesulitan yang coba ditaklukkan oleh para pemainnya. Game ini menampilkan kecerdasan buatan yang banyak membuat orang terkesan. Di akhir eksibisi, sayangnya mesin ini tidak dianggap sebagai sesuatu yang “wah” dan tidak mendapat pengembangan.

2. Tennis for Two (1958)

Tennis-for-Two-1958

Tennis for Two dinilai dan diklaim oleh banyak orang sebagai game pertama di dunia. Game pertama di dunia ini muncul di tahun 1958. Seorang ilmuwan Amerika, William Higinbotham, menciptakan permainan ini dan dipresentasikan dalam acara open house yang digelar di Brrokhaven National Laboratory.

Pada saat itu, Tennis for Two berhasil menarik perhatian tamu dan menggoda mereka untuk memainkannya. Orang-orang mengantre untuk mencoba memainkan permainan yang menggunakan komputer analog dimana pemainnya menentukan posisi yang tepat dan menekan tombol pada alatnya.

Game ini bisa dikatakan merupakan versi awal dari game Pong yang populer di awal dekade 70-an. Tennis for Two bisa jadi merupakan permainan simulasi tenis paling awal dalam sejarag dunia game. Permainan ini dimainkan oleh 2 orang secara berlawanan. Tennis for Two pada saat itu termasuk game yang sukses.

Tennis for Two memang tidak menampilkan grafis yang memuaskan. Keasyikan para pemain bisa dinilai dari antusiasime dan keseriusan para pemainnya, sampai mereka menulis skornya dan saling beradu kemampuan. Game ini dinilai berhasil menanamkan benih untuk perkembangan video game.

3. Spacewar (1962)

Spacewar-1962

Spacewar adalah permainan yang dirancang oleh Steve Russels dan timnya. Anggota dari tim Russels tersebut adalah Martin Graetz, Wayne Wiitanen, Bob Saunder, dan Steve Piner. Spacewar yang dirilis di tahun 1962, awalnya dikembangkan sesuai dengan platform komputer pada masanya (dekade 60-an).

Ketika itu, komputer yang digunakan adalah DEC PDP-1. Spacewar kemudian berhasil berkembang di lingkungan akademisi dimana Russels bekerja. Tidak berhenti di situ, karena menariknya Spacewar, permainan tersebut berhasil menarik minat pengguna komputer PDP-1 untuk turut serta memainkannya.

Spacewar dikenal karena keunggulannya dalam menampilkan gameplay yang membuat dua orang secara bersamaan bisa bermain. Hal tersebut tentu cukup menarik. Permainan ini juga memiliki pilihan dengan sebutan Hyperspace sehingga mampu membuat pemain berpindah secara acak pada layar permainan.

4. Galaxy Game (1971)

Galaxy-Game-1971

Game bernama Galaxy Game memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan Spacewar. Galaxy game menggunakan konsep permainan luar angkasa. Galaxy Game dikembangkan oleh Hugh Tuck dan Bill Pits di tahun 1971. Sangat mudah untuk memahami konsep permainan dari game Galaxy Game tersebut.

Dalam permainan ini, kamu akan melakukan penyerangan pesawat ruang angkasa musuh sambil menghindari serangan. Dalam permainan ini, pengembang memakai bintang sebagai bahan bakar pesawat. Pada masanya, konsep dari Galaxy Game ini termasuk menarik dan asyik untuk dimainkan.

5. Pong (1972)

Pong-1972 game pertama di dunia

Berbicara mengenai game pertama di dunia yang pernah dibuat, game berjudul Pong yang dirilis di tahun 1972 pasti akan muncul. Game ini diklaim juga sebagai game paling tua di dunia. Tentu ada alasan kenapa Pong diklaim sebagai video game pertama di dunia. Pong adalah video game tenis meja dua dimensi.

Pong dirilis oleh Allan Alcorn di bawah perusahaan game terkemuka, Atari Inc. Konsep permainannya sangat sederhana. Kendati terkesan receh, game ini laris manis dan berhasil terjual dalam jumlah banyak. Pada saat itu, Pong berhasil terjual lebih dari 8 ribu mesin arcade. Jumlah yang fantastis tentunya.

Bahkan, game ini masuk dalam catatan Guiness Book or World Records sebagai game pertama yang dibilang paling sukses. Selain dimainkan berdua, Pong juga bisa dimainkan sendiri. Pong dimainkan dengan cara mengontrol alat pemukul tenis dan menggerakannya secara vertikal melintasi sisi layar.

Pong dianggap sebagai salah satu game sukses dan berpengaruh. Game ini turut mempopulerkan arcade dan video game. Pong memberi pengaruh besar pada perkembangan keduanya dan membantu mendirikan industri video game. Pong merupakan salah satu video game terbaik yang pernah dibuat.

6. Space Race (1973)

Space-Race-1973 game pertama di dunia

Space Race adalah game balapan ruang angkasa yang dirilis di tahun 1973. Tema balapan di ruang angkasa ini sangat menarik dimana pemain bisa beradu kecepatan dalam memindahkan roket. Dalam permainan, pemain harus berhadapan dengan asteroid yang merupakan rintangan yang muncul di sana.

Jangan sampai roket mengenai asteroid. Apabila roket tersebut mengenai asteroid, maka pemain harus kembali mengulang permainan dari awal. Tentu mekanisme semacam ini pada masanya adalah hal yang umum. Space Race menarik dimainkan bersama kawan dan termasuk menampilkan gameplay yang baik.

Daftar permainan klasik di atas akan memberimu pengetahuan yang baik mengenai game-game tertua di dunia, termasuk yang diklaim sebagai game pertama di dunia. Pada awal industri video game, game-game yang dirilis terbilang sederhana. Game pertama sendiri tidak dibuat sebagai produk utama (khusus game).

Menarik melihat ke belakang dan mengenang kembali game pertama di dunia. Pengembang game pertama di dunia pasti tidak mengira bahwa produk yang dibuat akan memberi pengaruh besar pada perkembangan video game. Berpikir video game akan dimainkan semua kalangan pun mungkin tidak.

Baca Juga: 9 Game Multiplayer Offline Android Terbaik dan Terbaru 2022