Gadget  

7 Merk HP Buatan Indonesia yang Tak Kalah Saing dan Bagus!

Advertisements
7+ Daftar Merk HP Buatan Indonesia Yang Paling Bagus

Bicara soal HP, pastinya hampir semua orang familiar dengan merk HP OPPO, Vivo, Apple, Samsung, Realme, Xiaomi. Namun tahukah kamu ada juga merk HP buatan Indonesia yang tidak kalah berkualitas loh.

Seperti Smartphone Mito Mobile, Evercross, Polytron, HiMax, Advan dan lain sebagainya. Bahkan salah satu diantara itu, ada yang mampu bersaing dengan smartphone buatan luar negeri.

Hanya saja untuk sekarang, HP buatan Tanah Air sudah jarang terdengar lagi di masyarakat. Nah buat kamu yang penasaran dengan produk smartphone lokal, berikut ini ulasan lengkapnya.

HP Buatan Indonesia

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi HP buatan Indonesia terbaik yang sempat naik daun, diantaranya:

1. Advan 

Advan 

Advan merupakan salah satu HP buatan Indonesia yang dirilis pada tahun 2007. Hingga saat ini Advan sudah banyak memproduksi berbagai macam seri HP untuk di kelasnya seperti Advan G5, Advan i5 dan lain sebagainya. 

Salah satu keunggulan dari advan yaitu mempunyai spesifikasi mumpuni untuk di kelasnya yang dibandrol dengan harga terjangkau yakni rata-rata 1 jutaan. Contohnya Advan i5a aa yang saat ini sudah merambah ke pasar Asia Tenggara. 

Untuk mempromosikan produknya Advan bekerjasama dengan para pemain FC Barcelona. Untuk saat ini HP Advan mempunyai pabrik di Semarang, Jawa Tengah. 

Pekerjaan yang dilakukan pabrik Advan meliputi perakitan, pengetesan sampai dengan pengemasan. Advan sendiri mempunyai tim R&D yang bertugas untuk menguji smartphone yang telah diproduksi. 

Adapun pengujian HP Advan meliputi drop test, burning room, kemampuan layar serta uji daya tahan HP itu sendiri lewat temperatur and humid test machine. 

2. Evercoss 

Evercoss 

HP buatan Indonesia selanjutnya yang tidak kalah berkualitas dengan HP Buatan luar negeri yaitu Evercoss. HP ini kali diluncurkan pada tahun 2008 di Jakarta. Sebenarnya untuk nama pertama dari perusahaan ponsel ini cukup terkenal pada zamannya yaitu Cross Mobile. 

Namun baru pada tahun 2013 cross mobil berganti nama menjadi Evercoss dengan memproduksi berbagai macam produk elektronik. Salah satunya HP Android yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni namun dibanderol dengan harga terjangkau. 

Meskipun tidak bersaing dengan pasar internasional paling tidak evercross cukup terkenal di pasar lokal mulai tahun 2016 hingga 2018. Dan salah satu buktinya ada pada HP Evercoss Winner Y Star yang laku hingga 70000 unit hanya kurun waktu 2 bulan. 

Pastinya ini cukup membanggakan pasalnya mampu bersaing dengan smartphone dari kompetitor ternama seperti Oppo, xiaomi ataupun Samsung.

3. MITO 

MITO 

HP buatan Indonesia terbaik selanjutnya yaitu Mito. Smartphone ini berhasil menjadi top 3 vendor smartphone terbesar di Indonesia khususnya di penghujung tahun 2012 dengan pertumbuhan Market Share yang tinggi. Bahkan channel distribusinya sudah merata di seluruh Nusantara. 

Salah satu series HP Mito yang laku sebanyak 10.000 unit hari yaitu Mito A60 di tahun 2014. Ponsel ini dibanderol kurang dari 1 jutaan dan dilengkapi dengan spesifikasi cukup mumpuni. 

Dari banyaknya smartphone buatan Mito ada salah satu HP Mito yang bisa membawa citra baik Indonesia yakni Mito Fantasy Selfie A77. 

Mito mobil sendiri adalah salah satu vendor ponsel tertua di Indonesia yang pertama kali didirikan tahun 2006. Adapun prestasi yang sudah diraih oleh Mito Mobile seperti Best Seller mobile, The Most Favorite, The Most Innovative Phone serta rekanan dari beberapa operator telekomunikasi terbesar di nusantara.

4. Polytron

Polytron

HP buatan Indonesia berikutnya yang tidak kalah berkualitas dengan kompetitor lainnya yaitu Polytron. Polytron tidak hanya memproduksi barang-barang elektronik, namun perusahaan ternama di Indonesia ini juga memproduksi HP Android, bahkan beberapa produk hp-nya telah berstandar internasional. 

Salah satu produk HP terbaik yang pernah dirilis yaitu Polytron Prime 7S. Adapun HP lainnya yang sempat terkenal di luar negeri yaitu Polytron Zap 6 Posh. 

Polytron series ini mampu eksis di pasar India yang dilengkapi dengan spesifikasi cukup mumpuni seperti RAM 2GB dan processor 1.3 GHz quad core MT6735A. HP Polytron Ini dibanderol dengan harga terjangkau yaitu 1,4 jutaan. 

Meskipun harga yang dibanderol terjangkau namun spesifikasi yang di disematkan cukup mumpuni pada masanya. Bahkan cukup membuat penggila smartphone di India tertarik dengan HP pabrikan Indonesia ini.

5. HiMax 

HiMax  HP Buatan Indonesia HP Buatan Indonesia

HP buatan Indonesia kelima yaitu Himax. Mungkin sebagian dari kamu tidak asing apabila mendengar smartphone lokal ini, terutama untuk anak generasi 90-an. Ponsel Android ini sudah ada sejak tahun 2012.

Dengan meniru teknik marketing vendor Xiaomi, ponsel ini mulai melakukan produksi dengan spesifikasi yang mumpuni, namun di bandrol dengan harga murah. Bahkan Himax sendiri sempat memperoleh pujian di pasar Asia.

Salah satu series hP Himax yang mempunyai spesifikasi lebih kuat jika dibandingkan kompetitornya namun dibanderol dengan harga yang lebih miring yaitu Himax Polymer dan Himax Pure 3. Untuk pasar lokal Himax Pure 3 terjual hingga ribuan unit dalam kurun waktu 2 jam.

6. Zyrex 

Zyrex 

Untuk awalnya, Zyrex hanya membuat barang elektronik laptop. Namun dengan seiring perkembangan zaman serta semakin banyaknya keperluan konsumen terhadap barang elektronik HP, barulah perusahaan ini yang didirikan pada tahun 1996 ini ini memproduksi smartphone untuk pasar Indonesia. 

Akan tetapi produk HP yang dikeluarkan tidak dapat bersaing dengan kompetitor Hp luar negeri maupun dalam negeri sendiri. Paling tidak Zyrex pernah merilis smartphone terbaik yang diberikan nama za977. 

Namun untuk saat ini, perusahaan tersebut sedang vakum terutama di dunia smartphone. Semoga untuk kedepannya perusahaan ini ini bisa kembali bangkit dan mampu bersaing di pasar Internasional.

7. Digicoop

Digicoop HP Buatan Indonesia

Digicoop merupakan salah satu HP buatan Indonesia asli yang berada di Cikarang. Ponsel adalah ponsel terbaru buatan Tanah Air. Digicoop sendiri langsung di buat oleh tim ITB atau Institut Teknologi Bandung.

Ternyata usut punya usut, Digicoop di klaim sudah mengusung TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri sesuai dengan Kementerian Komunikasi serta Informasi Republik Indonesia.

Sayangnya untuk bisa menggunakan ponsel lokal ini, kamu harus bergabung terlebih dahulu dengan anggota KDIM serta membayar sejumlah iuran yang nantinya akan memperoleh kegunaan lain selain ponsel.

Ponsel ini juga di bekali dengan spesifikasi mumpuni seperti jaringan internet 4G, RAM berkapasitas 1GB, memori internal 8GB serta kamera 5MP dan 2 MP. Hanya saja, untuk sekarang ini ponsel Digicoop sudah tidak terdengar lagi namanya.

Demikian pembahasan diatas mengenai daftar merk HP buatan Indonesia yang dilengkapi dengan spesifikasi cukup mumpuni, namun di bandrol dengan harga miring. Cocok banget untuk orang yang memiliki budget pas-pasan.

Tapi memang bicara soal kualitas, HP buatan Tanah air masih tertinggal jauh dengan HP buatan luar negeri, seperti Samsung, OPPO, atau Apple yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Nah apakah kamu tertarik untuk mencoba HP buatan anak bangsa? Atau justru sudah pernah memilikinya?

Baca Juga: 9 Game PSP Terbaik  Sepanjang Masa, Ukuran Kecil Grafik HD