Gadget  

6 HP yang bisa Dilipat Terbaru dan Harganya

Advertisements
Tampil Elegan dengan HP yang bisa Dilipat Berikut Ini!

Pada masa sebelum kemunculan Android, bentuk dan warna ponsel cukup bervariasi. Melihat kerinduan akan keunikan ponsel, maka banyak pabrikan yang mencoba merilis hp yang bisa dilipat. Hal ini membuat pasaran ponsel pintar menjadi lebih semarak.

Jika dibandingkan dengan ponsel pada umumnya, harga ponsel lipat ini bisa dikatakan lebih mahal. Setelah pertama kali diperkenalkan di tahun 2019, kini sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh banyak perusahaan ponsel ternama.

Ponsel android lipat ini memiliki semua keunggulan portabilitas dibandingkan dengan android biasa. Selain itu, layar mereka juga jauh lebih lebar, hampir sama dengan jenis tablet. Namun tentu untuk urusan harga, ponsel ini cukup elit mengingat teknologinya yang tinggi. 

Daftar HP yang Bisa Dilipat Terbaik Versi 2022

Jika kamu ingin membeli hp lipat, maka beberapa deretan jenis hp berikut bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih:

1. Samsung Galaxy Fold 3

Samsung Galaxy Fold 3 hp yang bisa dilipat

Banyak orang berpendapat bahwa Samsung Galaxy Z Fold 3 bukan hanya merupakan ponsel lipat terbaik hingga saat ini. Walaupun harganya selangit, namun semua sebanding dengan kualitas dan fitur yang disediakan.

Keunggulan dari ponsel dengan layar 7,6 inchi ini adalah desainnya yang lebih tahan banting dan tahan air. Selain itu, ponsel ini juga memiliki stylus S pen yang mampu dioperasikan dengan lebih mulus.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kualitas kamera Samsung Galaxy fold 3 juga lebih mumpuni. Jadi jika harga bukan masalah, maka ponsel ini menjadi rekomendasi terbaik untuk versi hp lipat.

2. Samsung Galaxy Fold 2

Samsung Galaxy Fold 2

Generasi kedua dari Samsung Galaxy Fold ini tentunya membawa kebaikan untuk menutupi kekurangan dari seri sebelumnya. Ponsel ini mengalami perubahan yang lebih kentara di sisi desain. Layar eksternalnya saat terlipat masih bisa digunakan untuk semua fitur dasar.

Layar dari Galaxy Fold 2 saat dilipat juga lebih panjang dari Galaxy Fold yaitu 6,2 inchi. Jadi saat dalam keadaan terlipat, ponsel ini terlihat tidak ada bedanya dengan ponsel biasa. Namun saat terbuka penuh, layarnya terlihat sangat lebar yaitu 7,6 inchi.

Dengan menggunakan chipset Snapdragon 865 Plus pengalaman menggunakan ponsel lipat menjadi lebih menarik. Selain itu ponsel ini memiliki RAM berkapasitas 12GB dan penyimpanan eksternal mulai 256 GB.

Namun sayangnya, kapasitas penyimpanan eksternalnya tidak dapat diperbesar lagi. Ukuran baterai bawaan dari ponsel ini adalah 4.500 mAh dan sudah mendukung layanan 5G. 

3. Huawei Mate Xs

Huawei Mate Xs hp yang bisa dilipat

Jika dibandingkan dengan generasi pertama Huawei dan Huawei Mate X, tentunya Huawei Mate Xs sebagai seri pamungkas memiliki fitur yang lebih bagus. Hp yang bisa dilipat ini memiliki desain inti yang lebih bagus serta lebih tahan lama.

Sayangnya, hp yang satu ini tidak mendukung pembaruan versi OS. Sehingga kamu hanya bisa menikmati Android 10 tanpa bisa merasakan versi terbarunya di masa datang.  Selain itu, ponsel ini juga tidak terhubung ke layanan Google, misalnya Google Maps.

Namun, hp ini tetap sangat menakjubkan dengan layar penuhnya yang berukuran 8 inchi. Bahkan ketika dilipat pun, layarnya tetap sama seperti layar hp konvensional yaitu 6,6 inchi. Ditambah lagi desain bebas poninya membuat tampilan layar lebih luas.

Dengan dukungan chipset Kirin 990 kelas atas, RAM 8GB, penyimpanan 512GB, baterai 4500 mAh dan kamera quad-lens, ponsel yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar $ 2.750. 

4. Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold hp yang bisa dilipat

Pada awalnya ponsel ini dinamakan dengan Samsung Galaxy Fold. Namun sekarang sudah diubah agar terdengar lebih edgy dengan nama Samsung Galaxy Z Fold. Setelah diluncurkan pada Februari 2019, ponsel satu ini langsung menarik perhatian dunia.

Walaupun sempat mengalami kendala saat pertama kali diluncurkan, namun pesona hp lipat pertama dari Samsung ini memang tidak dapat dilupakan. Keunggulan pertama yang langsung dapat dilihat dari generasi pertama Galaxy Z Fold ini adalah antarmukanya yang apik.

Hal ini didukung pula dengan layar HD+ Super AMOLED 4,6 inci di bagian depan dan layar QHD Dynamic AMOLED 7,3 inci yang dapat dilipat di bagian dalam. Ponsel ini dapat digunakan untuk penyelesaian tugas hingga 3 aplikasi. 

Keunggulan lain dari ponsel dengan chipset Snapdragon 855 ini adalah memiliki enam kamera dan penyimpanan hingga 512 GB. Keenam kamera tersebut juga dapat menghasilkan gambar tajam sesuai dengan kualitas kamera Samsung. 

5. Samsung Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3

Jika dibandingkan dengan Galaxy Z Flip atau Galaxy Z Flip 5G, Samsung Galaxy Z Flip 3 memang tidak mengalami perubahan yang signifikan. Walau demikian, ponsel berjenis clamshell ini tetap diklaim sebagai salah satu hp yang bisa dilipat terbaik.

Dengan kemegahan chipset Snapdragon 888 dan RAM 8GB, ponsel dengan resolusi tinggi ini memang tidak perlu diragukan performanya. Layar utama ponsel ini berukuran 6,7 inchi dengan performa dari AMOLED berkecepatan refresh 120Hz.

Namun sayangnya, performa baterai dan juga kamera yang dimilikinya tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan di pasaran. Walau demikian, ponsel dengan model clamshell besutan Samsung ini memiliki desain ergonomis yang mudah untuk dipegang dan tidak licin. 

6. Motorola Razr 2020

Motorola Razr 2020

Ponsel reboot dari seri flip Razr ini merupakan ponsel clamshell Motorola ini dirilis pada tahun 2020. Jika melihat desainnya, sekilas memang lebih mirip dengan Motorola Razr V3 hanya saja dengan teknologi yang lebih baru dan canggih.

Ponsel yang juga disebut dengan nama Motorola Razr 5G ini memiliki layar luar seluas 2,7 inchi dan dengan kamera 48 MP. Salah satu kesenangan saat menggunakan kamera berbentuk clamshell ini tentu adalah sensasi bunyi ketika dibuka dan ditutup.

Selain itu, kamu bisa memposisikan layar ponsel setengah terbuka dan setengah tertutup. Bahkan jika harus menutup hingga berbunyi pun layar kamera tetap aman dan meninggalkan kesan tersendiri. 

Namun sayangnya, ponsel ini masih menggunakan layar plastik internal (P-OLED) yang tidak terlalu bagus. Bahkan beberapa ulasan mengatakan bahwa tampilan layar ini hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel murah.

Walau demikian, resolusi 2142 x 877 pixel yang dimilikinya membuat kekurangan tersebut sedikit bisa dimaafkan. Belum lagi dengan penyimpanan internal yang hanya bisa sampai kapasitas 256 GB dan tidak dapat diperluas lagi. 

Namun tenang, untuk urusan baterai, Motorola Razr 2020 masih bisa diandalkan karena cukup tahan lama. Harga untuk ponsel yang satu ini juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan ponsel lipat pada umumnya. 

Keberadaan ponsel Android memang mempermudah hidup di era teknologi seperti sekarang ini. Namun, pengalaman berkomunikasi akan lebih menyenangkan jika bentuk ponsel pintar bisa lebih semarak seperti dulu.

Dengan keberadaan hp yang bisa dilipat, memori tentang keberadaan hp dengan berbagai macam bentuk dan warna berhasil dibangkitkan. Hal ini membawa angin segar bagi penjualan hp Android, di luar harganya yang memang cukup fantastis.

Baca Juga: 5 HP Samsung yang Bisa Dilipat dan Harga Terbarunya