Ide Bisnis Online yang Bisa Memberikan Penghasilan Tambahan Buat Kamu

  • Whatsapp

Di era digital seperti ini rasanya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa bisnis online merupakan bisnis yang paling populer di kalangan masyarakat.

Karenanya banyak ide bisnis online baru yang bermunculan sebagai bentuk inovasi dari pelaku usaha ini untuk meminimalisir terjadinya persaingan.

Read More

Biasanya beberapa ide bisnis ini juga ada yang berupa bisnis lama namun masih belum banyak dilirik oleh para pelaku usaha.

Hal ini dikarenakan, takut akan resiko yang dihadapi dan juga kurang familiar dengan bisnisnya. Padahal beberapa dari ide bisnis tersebut menghasilkan keuntungan yang luar biasa kepada para pelakunya.

Ide Bisnis Online

Tentunya tidak semua ide bisnis online bisa langsung dilakukan oleh semua orang. Karenanya dibutuhkan beberapa ide sebagai bahan referensi untuk memilih manakah ide yang paling baik, dan paling cocok untuk dilakukan. Beberapa ide bisnis sistem online tersebut, diantaranya :

1. Copywriter

Pertama adalah copywriter yang sebenarnya sudah sangat dibutuhkan namun masih banyak yang belum mau melakukannya. Padahal copywriter ini bisa memberikan tambahan pemasukan yang lumayan yakni ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulannya. Kerjanya sendiri yakni meyakinkan calon pembeli terhadap suatu produk.

2. Freelancer

Kalau untuk freelancer atau pekerja lepas ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan dari mulai nulis, input data, penerjemah, desain, dan sebagainya. Jam kerja dari freelancer ini juga diatur sendiri dan tidak terikat sama sekali dengan perusahaan manapun.

3. Affiliate Marketing

Ide bisnis online yang satu ini hampir sama dengan marketing hanya bedanya semua kegiatan dilakukan secara online. Sehingga keuntungan bisa lebih dioptimalkan, karena pelaku tidak membutuhkan modal untuk mencetak beberapa hal seperti ketika melakukan marketing offline.

4. Jasa Konsultasi Online

Bagi yang ingin menawarkan jasanya sebagai konsultan, maka bisa mencoba bisnis yang satu ini. Dengan membuat website untuk melakukan konsultasi, maka klien akan berdatangan dengan sendirinya. Beberapa konsultasi yang bisa dilakukan diantaranya seputar kesehatan, hukum, pendidikan, dan sebagainya.

5. Influencer

Di era digital ini, sosial media memang tengah menunjukkan geliat perkembangan yang pesat. Karenanya muncullah seseorang yang memiliki pengaruh kuat dengan bermodalkan sosial media yang dimilikinya. Orang tersebut dinamakan influencer.

6. Jual Beli Domain Atau Website

Hal ini dikenal dengan istilah flipping, dimana cara kerjanya sangat fleksibel dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Cara kerja yang paling populer yakni seseorang hanya tinggal membuat website dari nol, lalu meningkatkan performa website tersebut. Selanjutnya website akan dijual dengan harga yang sudah ditentukan.

7. Publisher Iklan

Selanjutnya adalah publisher iklan yang sesuai dengan namanya hanya menampilkan iklan saja. Iklan yang ditampilkan bisa dalam bentuk iklan baris ataupun bergambar di sosmed, web, atau blog pribadi.

8. Jasa Tulis Artikel

Hampir sama dengan copywriter, tapi kalau jasa tulis ini lebih luas cakupannya. Biasanya seseorang diminta untuk menulis, dan memposting hasil tulisannya di tempat yang sudah ditetapkan. Pemasukan yang didapat dari pekerjaan ini juga sangat lumayan.

9. Dropshipper

Ingin bisnis jual beli online yang minim resiko, maka dropshipper bisa dijadikan pilihan. Ide bisnis online ini hanya mengharuskan pelakunya untuk menjual kembali sebuah barang dari brand tertentu. Semua barang yang dijual tersebut juga tidak harus memiliki stok dulu sebelumnya.

10. Reseller

Kalau reseller ini sedikit berbeda dengan dropshipper, karena seseorang harus melakukan stok barang yang akan dijual terlebih dahulu. Sisanya semua prosesnya sama dengan dropshipper. Sehingga bisnis ini tetap bisa dijalankan, dan memiliki minim resiko.

11. Menjadi Penulis Buku

Selanjutnya dengan melakukan self publishing, yakni menulis buku dan menerbitkannya secara mandiri. Untuk sekarang ini sudah banyak penerbit yang menerima permintaan self publishing dengan harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

12. Kursus Online

Karena sangat menginginkan kemudahan, maka orang lebih memilih untuk melakukan kursus secara online. Apabila merasa memiliki kelebihan dalam bidang akademis, maka tidak ada salahnya untuk mendirikan jasa penyedia kursus online ini.

13. Membuat Online Shop

Online shop bisa dibilang adalah ide bisnis online yang paling digandrungi oleh masyarakat. Pelakunya hanya tinggal menjual produknya di beberapa tempat seperti marketplace, ataupun sosial media. Pastikan untuk selalu melakukan pemasaran dengan baik.

14. Menjual Informasi

Terakhir adalah menjual informasi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Dalam proses ini jangan sampai menjual informasi yang sifatnya illegal, karena tentu hal tersebut akan melanggar hukum. Jual saja informasi seperti rumah yang dijual, spesifikasi suatu hal, dan sebagainya.

Baca Juga: Komunikasi Bisnis Adalah Hal Penting Untuk Membangun Bisnis yang Kuat

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Membuat Bisnis Online

Melihat ada banyak sekali ide bisnis online yang bisa diterapkan tentu membuat pelakunya bingung. Oleh karena itu kali ini akan diberikan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum seseorang membuat bisnis online. Sehingga bisnis online bisa dilakukan dengan baik, dan lancar.

  • Kemampuan. Pertama adalah kemampuan diri sendiri. Perhatikan apa kemampuan yang dimiliki, apakah bidang penjualan, jasa konsultan, menulis dan sebagainya. Lalu pilih jenis bisnis yang sesuai.
  • Modal. Lalu perhatikan juga apakah modal yang dimiliki sudah cukup untuk membuat bisnis online tersebut. Kalau belum, maka bisa melakukan peminjaman ataupun menabung terlebih dahulu.
  • Kondisi lingkungan. Kadang kondisi lingkungan berpengaruh terhadap bisnis yang dijalani. Seperti bagaimana kemampuan membeli masyarakat, apa yang sedang trend saat itu.
  • Jenis bisnis yang dipilih. Terakhir adalah jenis bisnis yang dipilih juga harus diperhatikan. Jangan sampai memilih bisnisnya hanya karena ikut-ikutan saja tanpa memperhatikan lainnya.

Itulah tadi beberapa ide bisnis online yang bisa dilakukan guna menambah penghasilan, dan juga hal yang harus diperhatikan sebelumnya. Sehingga sekarang sudah tidak bingung lagi dalam mencari inspirasi, dan bisa segera memulai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *