Jadwal Insentif Kartu Prakerja Agustus, Cek Nama Sekarang!

Advertisements
insentif kartu prakerja agustus

Apakah Anda sudah tahu bahwa program kartu prakerja telah memasuki gelombang 38? Ya, pendaftaran hingga penutupan dari program kartu prakerja gelombang 38 ini sudah berhasil dilakukan. Lalu, kapan insentif kartu prakerja Agustus (gelombang 38) akan cair?

Setelah Anda mendaftarkan diri di salah satu program terbaik dari pemerintah ini, Anda perlu mengetahui jadwal yang tepat mengenai kapan insentif kartu prakerja gelombang 38 akan cair. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri untuk mencairkan insentif yang sangat bermanfaat tersebut.

Insentif Kartu Prakerja Agustus (Gelombang 38) – Pendaftaran hingga Jadwal Cair

Karena pendaftaran kartu prakerja gelombang 38 sudah ditutup, jadi bagi orang-orang yang belum sempat mendaftarkan diri pada program ini bisa mengikuti program kartu prakerja gelombang 39. Untuk itu, mereka bisa mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pendaftarannya.

Sebab, program ini didukung dengan beberapa persyaratan tertentu yang wajib dipenuhi secara lengkap oleh para pendaftarnya. Dan di sini, kami juga akan membagikan informasi mengenai apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pemilik kartu prakerja, yang antara lain:

1. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 38

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 38

Untuk mengawali pembahasan kita kali ini, kami akan membahas tentang jadwal pendaftaran kartu prakerja gelombang 38 terlebih dahulu. Pada dasarnya, pendaftaran program ini sudah dibuka sejak tanggal 24 Juli 2022.

Tepat pada pukul 12.00 WIB, 24 Juli 2022, pendaftaran program kartu prakerja gelombang 38 mulai dibuka. Sejak saat itu, orang-orang mulai berlomba-lomba untuk mendaftarkan dirinya. Apalagi, proses pendaftaran ini juga bisa dilakukan secara online, sehingga bisa dibilang caranya sangat praktis.

Bagi Anda yang belum pernah mendaftarkan diri di program bermanfaat ini, Anda bisa langsung mengikuti pendaftaran selanjutnya di gelombang 39.

2. Penutupan Kartu Prakerja Gelombang 38

Penutupan Kartu Prakerja Gelombang 38

Pada dasarnya, kartu prakerja gelombang 38 adalah program kartu prakerja untuk periode bulan Agustus 2022. Jadi, tentu pendaftaran program ini akan ditutup sebelum bulan Agustus datang. Untuk lebih tepatnya, pendaftaran kartu prakerja gelombang 38 telah ditutup pada tanggal 26 Juli 2022.

Setelah para peserta mendaftarkan diri sejak sebelum hari penutupan tersebut tiba, sekarang mereka hanya perlu menunggu sampai pengumuman hasil seleksi diberikan. Jadi, para peserta hanya bisa berdoa dan menunggu saja.

Sementara itu, jika ternyata Anda tidak lolos di kesempatan kali ini, maka Anda bisa kembali mencoba untuk mendaftarkan diri di program kartu prakerja gelombang 39. Yang terpenting, Anda tidak patah semangat dan berani untuk terus mencoba.

3. Persyaratan untuk Daftar Program Kartu Prakerja

Persyaratan untuk Daftar Program Kartu Prakerja

Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap peserta kartu prakerja, dari gelombang mana pun. Semestinya, orang-orang yang hendak mendaftarkan diri pada program ini sudah mengetahui tentang apa saja persyaratan tersebut. Namun, di sini kami akan membagikannya lagi:

  • Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 18 tahun ke atas.
  • Peserta tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Berstatus sebagai pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, pekerja atau buruh yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja secara lebih baik lagi, hingga pekerja atau buruh yang dirumahkan dan bukan penerima upah.
  • Peserta tidak berstatus sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah yang lainnya.
  • Peserta tidak berstatus sebagai pejabat negara, pimpinan maupun anggota DPR/DPRD, ASN, TNI, POLRI, kepala desa, hingga direksi maupun dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Di dalam satu kartu keluarga, hanya boleh 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar sebagai penerima bantuan kartu prakerja.

4. Jumlah Insentif Kartu Prakerja Agustus (Gelombang 38)

Jumlah Insentif Kartu Prakerja Agustus (Gelombang 38)

Masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya tentang berapa jumlah insentif kartu prakerja periode Agustus dan gelombang 38. Sebenarnya, jumlah insentif kartu prakerja periode Agustus dan gelombang 38 ini tidak jauh berbeda dengan jumlah insentif kartu prakerja periode sebelumnya.

Untuk lebih tepatnya, jumlah insentif kartu prakerja Agustus (gelombang 38) adalah Rp. 3.550.000,00 dan pelatihan online yang sangat profesional. Nantinya, jumlah insentif ini akan dibagi menjadi beberapa jenis kebutuhan seperti:

  • Biaya pelatihan rutin: Rp. 1.000.000,00
  • Biaya insentif: Rp. 2.400.000,00
  • Biaya insentif survei: Rp. 150.000,00

Dengan adanya rincian yang jelas seperti ini, dapat membuat para peserta lebih mudah untuk memahaminya.

5. Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

Meskipun sudah ada banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mendaftar program kartu prakerja yang baik dan benar, tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum mengetahui caranya dengan baik.

Pada dasarnya, cara mendaftar program kartu prakerja bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Bahkan, metode ini juga bisa dilakukan secara online, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dan biaya. Berikut adalah cara tepat untuk mendaftar ke program kartu prakerja, yaitu:

  • Pertama-tama, Anda perlu masuk terlebih dahulu ke situs resmi program kartu prakerja. Dalam hal ini, Anda bisa mencarinya langsung melalui aplikasi browser pada perangkat Anda.
  • Kemudian, siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sesuai dengan milik peserta. Lalu masukkan data diri secara lengkap dan ikuti segala jenis instruksi yang muncul pada layar perangkat Anda.
  • Siapkan kertas dan alat tulis yang memadai, untuk mengikuti proses tes motivasi dan kemampuan dasar yang tersedia secara online.
  • Jika sudah, klik tombol “Gabung” pada bagian gelombang yang memang proses pendaftarannya sedang dibuka.
  • Selesai, sekarang Anda hanya perlu menunggu sampai pengumuman peserta lolos seleksi dikirimkan melalui SMS.

5 Manfaat Utama Kartu Prakerja

5 Manfaat Utama Kartu Prakerja

Melihat semakin banyaknya orang yang berlomba-lomba untuk mendaftarkan diri ke program kartu prakerja seperti ini, tentu Anda akan berpikir bahwa program ini memiliki beragam manfaat yang sangat menguntungkan.

Ya, salah satu program terbaik dari pemerintah ini memang memiliki beragam manfaat yang sangat menguntungkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja manfaat utama yang dimiliki program kartu prakerja, yaitu:

  • Setelah mendaftarkan diri dan berhasil lolos seleksi yang cukup ketat, Anda akan menerima bantuan dana sebesar Rp. 3.550.000,00, dan akan dibagi menjadi beberapa jenis insentif kebutuhan yang berbeda-beda.
  • Program kartu prakerja dapat membantu setiap individu dalam menambah dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan dalam dirinya masing-masing. Sebab, para peserta akan mengikuti program pelatihan yang dipimpin oleh para ahli profesional.
  • Peserta dapat memperoleh potongan biaya pelatihan profesional yang sangat menguntungkan. Melalui program kartu prakerja ini, pemerintah Indonesia akan menanggung biaya pelatihan hingga sebesar Rp. 1.000.000,00.
  • Program kartu prakerja dapat diibaratkan sebagai pelengkap pendidikan formal bagi setiap individu yang berhasil lolos seleksi.
  • Program kartu prakerja mampu meningkatkan nilai tambah bagi peserta program tersebut. Sehingga, ilmu yang dimiliki masing-masing peserta dapat terus bertambah.

Setelah mengetahui fakta mengenai insentif kartu prakerja Agustus (gelombang 38) yang ada di atas, Anda pasti akan tertarik untuk mengikuti program ini di gelombang selanjutnya. Namun, jika Anda sudah berhasil lolos pada gelombang 38, maka Anda hanya perlu menunggu sampai dana cair.

Baca Juga: BLT UMKM Cair Agustus di Hari Ini? Ini Cara Klaimnya dan Ceknya