Jadwal Cair BSU Agustus 2022 Disalurkan, Cek Nama & Login Disini!

Advertisements
BSU DIPASTIKAN CAIR AGUSTUS 2022

BSU atau Bantuan Subsidi Upah 2022 diperkirakan akan cait di bulan Agustus. Banyak yang menanti jadwal cair BSU Agustus ini. Dikabarkan bahwa pencairan mulai awal Agustus. Benarkah demikian?

BSU atau BLT Subsidi Gaji ini akan diberikan kepada tenaga kerja yang memiliki pendapatan di bawah Rp 3 juta setiap bulan. Diketahui besaran dana yang diterima oleh penerima bantuan ini adalah Rp 1 juta setiap pekerja. Program ini sudah dibuat dan sama seperti tahun sebelumnya.

Jadwal Cair BSU Agustus

Jadwal Cair BSU Agustus

Bagi yang sudah tidak sabar menanti, Anda perlu bertahan. Hal ini karena BLT ini dipastikan akan cair sebagaimana yang dikutip dari Menaker, Ida Fauziyah, di akun Instagram pribadinya.

Namun, saat ini memang masih belum menemukan titik terang karena bantuan dalam tahap penyelesaian regulasi. Setiap BLT tentu membutuhkan peraturan yang terstruktur agar nantinya bisa disalurkan ke penerima yang tepat.

Menurut pihak Kemnaker, dirinya akan memberikan informasi kapan jadwal cair BSU Agustus atau tidak setelah semua proses regulasi ini telah selesai. Jika dilihat dari program BSU tahun lalu, pencairan bantuan ini ada di bulan ini (Agustus) sampai Desember.

Jadi, diprediksi BSU memiliki peluang besar untuk cair di bulan Agustus. Di tahun sebelumnya, pencairan BSU ini akan diberikan secara bertahap dari bulan Agustus sampai Desember. Jadi, prosesnya mungkin akan sama untuk jadwal cair BSU Agustus 2022 ini.

Nantinya, pencairan dananya akan digelontorkan ke rekening Himbara yang penerima miliki. Yang termasuk dengan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) adalh BRI, Mandiri, BNI, dan BTN.

Jadi, bagi tenaga kerja yang akan menerima BSU 2022 ini perlu untuk memiliki rekening Himbara terlebih dahulu. Meskipun sudah punya rekening swasta sebelumnya. Adapun mekanismenya bisa dengan sistem burekol.

Anda sebagai penerima harus sering-sering mengecek penyaluran ini secara berkala. Tujuannya agar dapat mengetahui lebih cepat kapan pencairan BLT BSU ini.

2 Cara Cek Status BSU 2022

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengecek status penyalurannya. Hal ini bisa dilakukan di situs Kemnaker resminya atau bisa melalui BPJS Ketenagakerjaan. Kenapa ada di BPJS Ketenagakerjaan?

Hal in karena program BLT ini sudah termasuk program dibawah naungan BPJS Ketenagakerjaan karena dananya akan diberikan kepada karyawan yang ada di Indonesia. Bagaimana cara cek pencairan tersebut? Simak informasi lengkapnya.

1. Cek Penyaluran BSU Lewat Kemnaker

Cek Penyaluran BSU Lewat Kemnaker

Cara pertama ini adalah melalui situs dari Kementerian Tenaga Kerja selaku pihak yang membuat program ini. Adapun langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Silahkan kunjungi website resmi dari Kemnaker atau klik link berikut ini: https://bsu.kemnaker.go.id/
  • Selanjutnya, buat akun terlebih dahulu agar bisa mengakses informasi yang diberikan oleh Kemnaker.
  • Isi kolom yang disediakan sesuai petunjuk dengan benar.
  • Lakukan aktivasi akun dengan melakukan verifikasi kode yang dikirim melalui pesan SMS di nomor HP yang sebelumnya sudah dimasukkan.
  • Setelah mendapatkan pesan tersebut, salin kodenya dan masukkan di kolom yang ada di situs tersebut.
  • Setelah kode berhasil dan benar, Anda akan kembali ke halaman login. Masuk kembali menggunakan nomor HP dan password yang sudah dibuat.
  • Lengkapi profil akun. Mulai dari biodata diri, alamat, status pernikahan, sampai lokasi. Sisipkan juga foto profil wajah Anda.
  • Setelah akun sudah berhasil dibuat, pilih menu Cek Pemberitahuan.
  • Di bagian itu, akan muncul notifikasi penting bagi penerima BSU. Jika jadwal cair BSU Agustus ini, maka Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa BSU telah diterima ke rekening Anda.

2. Cek Data Penerima BSU 2022 Via BPJS Ketenagakerjaan

Cek Data Penerima BSU 2022 Via BPJS Ketenagakerjaan

Cara kedua ini yaitu lewat situs dari BPJS Ketenagakerjaan. Caranya juga cukup mudah dan cepat. Yang dibutuhkan sebelumnya adalah menyiapkan nomor NIK serta KTP untuk melihat identitas lengkap.

Setelah itu, berikut adalah cara cek penyaluran BSU lewat BPJS Ketenagakerjaan:

  • Buka website https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Selanjutnya, lengkapi data NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir sesuai KTP.
  • Centang tulisan di paling bawah, dan pilih Lanjutkan.
  • Setelah berhasil mengisinya, akan muncul halaman baru yang menyatakan apakah nama tersebut lolos verifikasi validasi BPJS Ketenagakerjaan atau tidak.

QnA Seputar BSU

QnA Seputar BSU

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang program bantuan langsung tunai yang diberikan pemerintah ini, simak beberapa QnA yang sering diajukan oleh banyak orang dan bagaimana jawabannya.

1. Apa yang Dimaksud dengan Program Bantuan Subsidi Upah?

Bantuan Subsidi Upah atau BSU adalah wujud implementasi dari pemerintah yang memiliki misi mulia yaitu untuk memulihkan perekonomian nasional.

BSU juga dibuat untuk memberikan keuangan negara karena banyak para karyawan yang terdampak pandemi Covid-19 dari tahun 2020. Program bantuan ini dibuat karena termasuk dari stimulus pemerintah menangani masalah pandemi ini.

Hal tersebut dilakukan dengan berkoordinasi bersama Tim Satgas PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) serta beberapa lembaga terkait. Contohnya seperti kemnaker, BPJS Ketenagakerjaan, sampai dengan Kemenkeu.

2. Apa Landasan Hukum BSU?

Ada dua landasan hukum yang menjadi tolak ukur dari program ini diantaranya adalah Peraturan Pemerintah RI Nomor 23 Tahun 2020 yang berkaitan dengan pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional.

Landasan hukum kedua yaitu dari Peraturan Pemerintah RI Nomor 43 Tahun 2020 yang merupakan perubahan atas PP 23 Tahun 2020 yang mengalami penyempurnaan.

Di dalam landasan hukum tersebut berisi bahwa pemerintah perlu memberi bantuan berupa subsidi gaji bagi para buruh atau pekerja yang terkena dampak Covid -19 ini.

Dari kedua landasan hukum ini diketahui bahwa BSU adalah program pemerintah yang mempunyai payung hukum. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaannya tidak boleh sembarangan harus berdasarkan regulasi yang baik.

Itulah yang menyebabkan proses pencairan dilakukan secara bertahap dan masih dalam penyempurnaan regulasi.

3. Apa Tujuan dari Permenaker No. 14/20220 untuk BSU ini?

Sesuai dengan permenaker, program BSU akhirnya dibuat untuk melindungi, mempertahankan sampai meningkatkan kemampuan ekonomi dari karyawan maupun buruh untuk penanganan pandemi coronavirus ini.

4. Sejak Kapan BSU Dimulai?

Program ini dibentuk dengan memberikan pencairan dana mulai dari 25 Agustus 2020. Jadi, bukan hanya tahun ini saja bantuan tersebut diberikan, tetapi mulai dari tahun lalu.

Menurut keterangan dari Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan, pemberian BSU sudah dilakukan secara simbolik oleh presiden Joko Widodo di tanggal tersebut.

5. Berapa Jumlah Tenaga Kerja yang Menerima BSU?

Berdasarkan pernyataan resmi, bantuan BSU yang diberikan oleh pemerintah ini akan disalurkan kepada 15,7 juta pekerja atau buruh. Adapun anggaran yang digelontorkan adalah sebanyak Rp 37,7 triliun.

Dalam pelaksanaannya, jumlah ini kemudian meningkat dari rencana awalnya. Semula, pemerintah berencana memberikan anggaran untuk 13,8 juta pekerja, tetapi kini menjadi 15,7 juta pekerja.

Informasi tentang jadwal cair BSU Agustus 2022 sudah diketahui bahwa tinggal menunggu waktu saja. Sesuai dengan pernyataan dari pihak Kemnaker yang menyatakan bahwa proses regulasi sedang berjalan sehingga pencairan ini bisa dalam waktu dekat.

Baca Juga: BLT Agustus Kapan Cair? Bocoran Tanggal + Cara Dapatnya!