Jadwal Pencairan BPNT Agustus 2022, Syarat, & Cara Mencairkannya

Advertisements
BPNT AGUSTUS NAIK 3x LIPAT

Bansos lain yang dinantikan oleh masyarakat untuk cair di bulan Agustus yaitu bantuan langsung tunai BPNT. Kapan jadwal pencairan BPNT Agustus? Dan bagaimana cek jadwal dan penerima bantuan tersebut?

Saat ini sudah mulai memasuki bulan Agustus. Oleh sebab itu, pencairan BPNT ini akan segera dilaksanakan. Banyak yang belum mengetahui kapan waktu pencairan tersebut sehingga pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi lengkap mengenai pencairan BPNT.

Sekilas Informasi Tentang BPNT 2022

Sekilas Informasi Tentang BPNT 2022

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai ini adalah program bansos yang akan diberikan kepada masyarakat yang berhak. Ini dapat dilihat dari terdaftar tidaknya calon penerima di DTKS. Jika terdaftar, maka Anda bisa mengajukan untuk mendapatkan bansos BPNT ini.

Setiap bulannya, penerima bantuan akan mendapatkan dana sebesar Rp 200 ribu. Nantinya, BPNT ini dapat ditukarkan untuk membeli kebutuhan pangan sampai batas maksimal Rp 200 ribu.

Penerima dapat membeli kebutuhan pokok atau sembako, contohnya seperti beras, telur, sampai lauk yang menghasilkan protein nabati dan hewani. Dalam menukarkannya, ada beberapa sembako yang tidak bisa didapatkan.

Contohnya adalah minyak goreng. Bantuan ini tidak boleh diperuntukkan untuk membeli barang sekunder seperti pulsa dan lain sebagainya.

Hal penting lainnya mengenai BPNT yaitu bisa dicairkan ketika penerima sudah memiliki KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial). Kartu ini memiliki fungsi yang sama sebagai ATM untuk membeli kebutuhan pokok di tempat yang menyediakan transaksi ini (e-waroeng).

Pada awalnya, dana dicairkan dalam bentuk uang tunai di bulan yang dirapel 3 bulan pertama sekaligus. Jadi, yang didapatkan adalah Rp 600 ribu. Begitu juga dengan pencairan di bulan April sampai Juni. Jadi, total yang akan didapatkan nantinya adalah Rp 2,4 juta dalam setahun.

Cara Menukarkan BPNT di E-Waroeng

Cara Menukarkan BPNT di E-Waroeng

Ketika Anda ingin mencairkannya untuk mendapatkan kebutuhan pokok, caranya mudah sekali. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi ke e-waroeng dengan membawa KKS. Penerima dapat memilih e-waroeng yang murah dan dimanapun berada.
  • Cek kuota bantuan terlebih dahulu agar bisa mengetahui berapa yang bisa dibelanjakan. Cara mengeceknya yaitu lewat mesin pembaca KKS/EDC.
  • Pilih pangan yang diinginkan. Lalu, lakukan pembelian dengan masukkan harga dan PIN.
  • Akan muncul transaksi berhasil di mesin EDC tersebut dan Anda sudah bisa mendapatkan bahan pangan yang diinginkan.

Sebagai penerima, Anda juga berhak untuk memberikan keluhan kepada perangkat desa atau kelurahan apabila mendapati harga dari e-waroeng tersebut terlalu tinggi dan tidak wajar.

Jadwal Pencairan BPNT Agustus

Jadwal Pencairan BPNT Agustus

Jadwal pencairan BPNT Agustus 2022 akan dilakukan setelah bulan Juli sudah dicairkan. Itu artinya penyaluran bantuan ini akan diberikan mulai dari tanggal 1 sampai akhir bulan. Dengan demikian, pemberian bantuan ini belum pasti pencairannya kapan.

Penerima perlu menunggu pencairan tersebut. Namun yang pasti, pencairan akan berlangsung di bulan Agustus dan akan diberikan kepada penerima.

Sebelum itu, penerima perlu terdaftar di DTKS sebagai salah satu syarat wajib untuk mendapatkan BPNT ini.

Setelah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan BPNT 2022 dan mengetahui informasi jadwal pencairan BPNT Agustus, Anda perlu untuk melakukan pengecekan apakah sudah terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Cara Cek Penerima BPNT Agustus 2022

Cara Cek Penerima BPNT Agustus 2022

Untuk melakukan pengecekan apakah Anda terdaftar atau tidak bisa dilakukan dengan yaitu menggunakan online. Cukup sediakan HP saja dan tidak perlu ke kantor dinsos untuk mengeceknya.

Sediakan juga koneksi internet karena Anda memerlukannya untuk memuat situs resmi dari kemensos. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Silahkan untuk login ke website cekbansos.kemensos.go.id melalui browser yang dimiliki. Ini merupakan tahap awal untuk menerima BPNT Agustus 2022.
  • Selanjutnya, isi data diri lengkap untuk mengecek apakah nama Anda termasuk dalam daftar penerima BPNT. Cara ini dilakukan untuk mengecek penerima masuk DTKS atau tidak.
  • Selanjutnya, masukkan alamat lengkap mulai dari Provinsi sampai dengan desa atau kelurahan sesuai dengan KTP.
  • Tahap selanjutnya yaitu memasukkan nama alamat kabupaten atau kota dari tempat tinggal penerima BPNT.
  • Masukkan pula alamat kecamatan yang terdaftar di KTP dan sudah masuk di data DTKS.
  • Setelah alamat sudah terisi lengkap, barulah isi kolom nama dari penerima BPNT. Isikan nama lengkap sesuai yang tertera pada KTP.
  • Tahap selanjutnya yaitu memasukkan kode OTP sesuai kode yang muncul di kotak layar website. Kode ini berfungsi sebagai verifikasi captcha demi faktor keamanan dari website tersebut.
  • Setelah itu, klik Cari Data.
  • Nantinya, halaman website akan memproses data tersebut. Jadi, tunggulah beberapa menit sampai data muncul apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima BPNT atau tidak.

Agar tidak gagal dalam proses pencarian nama Anda, pastikan untuk menggunakan koneksi internet yang lancar agar tidak lemot. Apalagi saat banyak yang mengakses situs ini.

Kategori dan Syarat Penerima BPNT

Kategori dan Syarat Penerima BPNT

Perlu diketahui ada beberapa kategori atau syarat agar bisa mendapatkan bansos sembako atau BPNT ini. Berikut adalah beberapa kategori yang bisa mendapatkan bansos sembako:

  • Asli kewarganegaraan Indonesia.
  • Usia sudah melebihi 18 tahun dan mempunyai identitas lengkap yaitu KTP.
  • Selanjutnya sudah terdaftar di DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial serta sudah memiliki Kartu Sembako.
  • Tergolong masyarakat miskin. Selain itu, termasuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.
  • Tidak punya penghasilan tetap setiap bulannya.

Perhatikan apakah syarat tersebut terpenuhi. Jika sudah, maka penerima dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan BPNT.

Cara Mencairkan BPNT 2022

Cara Mencairkan BPNT 2022

Tahap selanjutnya jika ingin mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yaitu harus memperhatikan beberapa langkah yang tepat.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ingin mencairkan dana BPNT sebesar Rp 200 ribu wajib membawa beberapa dokumen sebagai persyaratan.

Nantinya, dokumen tersebut akan diserahkan kepada petugas di Kantor Pos. Jadi, Anda perlu memenuhi persyaratan dokumen ini karena jika tidak membawanya, maka pencairan BPNT Agustus 2022 bisa gagal dan tidak dapat dicairkan.

1. Syarat Pencairan BPNT

Sebelum mencairkannya, Anda perlu untuk membawa sejumlah dokumen untuk pencairan bansos ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Surat undangan yang dikeluarkan oleh RT/RW setempat. Surat ini berisi barcode yang digunakan untuk mencairkan bansos BPNT.
  • Jangan lupa untuk membawa identitas diri seperti dan KK baik asli maupun fotocopy sebagai berjaga-jaga.

Setelah syarat tersebut dipenuhi, barulah KPM bisa mendatangi Kantor Pos terdekat sesuai tanggal atau jadwal yang disampaikan oleh surat undangan tersebut.

2. Alur Pencairan Dana Bansos BPNT

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah alur dari pencairan dana bansos BPNT tersebut.

  • Kunjungi Kantor Pos terdekat di wilayah masing-masing.
  • Selanjutnya, ambil nomor urut antrian. Lalu, tunggu sampai dipanggil oleh petugas Kantor Pos.
  • Setelah dipanggil, serahkan dokumen yang menjadi syarat pencairan dana kemudian minta untuk mengajukan pencairan BPNT.
  • Nantinya, petugas Kantor Pos akan memeriksa dokumen tersebut apakah sudah lengkap dan benar. Jika sudah, bansos Kartu Sembako BPNT akan diberikan secara langsung oleh petugas kepada penerima ini.

Perlu diketahui bahwa pencairan dana BPNT ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Pencairan bansos BPNT ini akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat sebanyak 18,8 juta orang di Indonesia. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan jadwal pencairan BPNT Agustus ini. Pencairan akan didapatkan sampai akhir tahun, bulan Desember 2022.

Baca Juga: Jadwal Cair BSU Agustus 2022 Disalurkan, Cek Nama & Login Disini!