Kata Bijak Pendidikan agar Selalu Semangat Belajar

  • Whatsapp

Pendidikan merupakan salah satu aset penting  yang wajib dimiliki oleh setiap orang di dunia. Dengan bekal pendidikan, seseorang akan mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai sesuatu.

Maka, semakin tinggi pendidikan yang ditempuh semakin luas wawasan yang didapatkan. Untuk dapat terus menempuh pendidikan terbaik maka ada kata bijak pendidikan yang bisa membantu menambah semangat.

Read More

Wajar 9 Tahun

Selain kata-kata bijak, Indonesia juga mendukung warganya untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin. Salah satu bentuknya adalah dengan mengadakan program wajib sekolah 9 tahun.

Sesuai namanya, diharapkan setiap penduduk dapat menempuh minimal 9 tahun pendidikan mulai dari sekolah pertama hingga sekolah menengah pertama.

Selain 9 tahun pendidikan yang diwajibkan, masyarakat Indonesia pun sudah semakin menyadari akan arti penting pendidikan. Terbukti dengan masih dilanjutkannya pendidikan setelah 9 tahun terpenuhi.

Memang menempuh pendidikan memang tidak mudah dan tidak sebentar, namun hasil yang didapatkan di akhir akan berbuah manis.

Kata-kata Bijak agar Semangat Menempuh Pendidikan

Dengan bentuk program tersebut dan biaya sekolah yang gratis, maka diharapkan semua masyarakat di Indonesia dapat mendapatkan pendidikan yang layak.

Agar semua orang selalu semangat dalam sekolah, berikut adalah beberapa kata bijak pendidikan yang bisa selalu diingat untuk memotivasi diri:

1. Bekal Terbaik

Salah satu kata bijak yang cukup terkenal dan dikenal oleh masyarakat adalah pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup.

Kata-kata yang berasal dari Aristoteles ini menyatakan bahwa dalam menjalani hidup, setiap orang pasti membutuhkan pengetahuan. Dan pengetahuan bisa didapatkan dari pendidikan yang tepat baik formal maupun non-formal.

Salah satu contoh nyata dari kata bijak pendidikan tersebut adalah ketika ingin melamar sebuah pekerjaan.

Salah satu cara perusahaan menjaga standar kinerja perusahaan adalah dengan memiliki kriteria untuk karyawannya. Contohnya, untuk melamar pekerjaan di perusahaan A, sang pelamar harus berpendidikan minimal S1. Jika tidak, maka otomatis akan dianggap gugur.

2. Investasi Terbaik

Sebuah kata bijak pendidikan dari Benjamin Franklin adalah Investasi dalam Pengetahuan Selalu Membayar Bunga Terbaik. Mungkin orang akan selalu berpikir mengenai uang ketika berbicara soal investasi. Padahal, investasi tidak selalu berupa uang, melainkan bisa dalam bentuk pendidikan.

Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh, semakin mahal pula biayanya. Namun anggap saja bahwa biaya yang dikeluarkan adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang berguna yang bisa dijadikan bekal di kemudian hari.

3. Akar yang Pahit

Kata bijak pendidikan lainnya dari Aristoteles adalah Pendidikan Mempunyai Akar yang Pahit, tapi Buahnya Manis. Bisa dikatakan, bahwa menempuh dan menjalankan pendidikan tidak selalu menyenangkan. Bahkan dalam menempuh pendidikan, ada banyak tahap yang harus dilalui mulai dari seleksi masuk hingga ujian akhir yang cukup sulit.

Meskipun perjalanannya tidak selalu mulus dan menyenangkan, namun hasil akhir dari pendidikan selalu layak dan berbuah manis. Hasilnya tidak akan selalu instant juga, oleh karena itu butuh kesabaran dan perjuangan hingga berbuah manis.

4. Senjata Ampuh untuk Mengubah Dunia

Seorang Nelson Mandela menyatakan bahwa Pendidikan adalah Senjata Paling Ampuh untuk Mengubah Dunia.

Tanpa pendidikan dan pengetahuan, seseorang tidak akan bisa mengubah dunia karena kondisi dunia yang selalu berubah. Jadi, jika ingin mengubah dunia dan membuatnya menjadi lebih baik, tempuhlah pendidikan & dapatkan ilmu mengenai berbagai hal di dunia.

5. Pendidikan Menentukan Kualitas Manusia

Sebuah kata bijak pendidikan yang dinyatakan oleh Josephine Winda adalah kualitas manusia berdasarkan pendidikannya. Apabila pada dasarnya kualitas manusia sudah baik dan juga mendapatkan pendidikan yang terbaik, maka hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Karena pendidikan juga dapat membentuk karakter seseorang, maka ada kata-kata yang menyatakan bahwa orang yang berpendidikan memiliki karakter yang lebih baik.

6. Tidak ada Jalan Pintas untuk Tempat yang Layak Dituju

Beverly Sills menyatakan bahwa segala sesuatu yang layak dituju tidak memiliki jalan pintasnya. Dan hal ini pun berlaku untuk kesuksesan. Jika ingin ke tempat yang layak dituju dan meraih sukses yang besar maka jalannya pun tidak mudah. Meskipun jalannya panjang dan berliku, percayalah bahwa hasilnya akan memuaskan dan menyenangkan.

7. Terus Belajar

Salah satu kata bijak pendidikan untuk penyemangat belajar adalah hiduplah seolah engkau mati besok dan belajarlah seolah engkau hidup selamanya.

Pendidikan dan belajar tidak mengenal usia dan kelamin, sehingga orang bisa belajar pada usia berapa saja dan kapan saja. Jangan hanya belajar ketika membutuhkan ilmu, namun belajarlah terus untuk mendapatkan ilmu baru.

8. Pendidikan Berasal dari Mana Saja

Sebagian besar orang mengetahui pendidikan secara formal saja, padahal pendidikan dan pengetahuan bisa berasal dari mana saja. Seperti kata Mark Twain – “Pendidikan terutama terdiri dari apa yang tidak kita pelajari”.

Jadi, pendidikan bisa didapatkan darimana saja dan kapan saja. Bahkan saat di rumah, kantor maupun organisasi, orang bisa mendapatkan pendidikan non formal yang bermanfaat.

Baca Juga: Memahami Tujuan Pendidikan Nasional, Makna, dan Fungsinya

9. Pendidikan Sedini Mungkin

Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu dini untuk menempuh pendidikan. Oleh karena itu, ada baiknya orang bisa mendapatkan pendidikan sedini mungkin.

Bahkan ada kata-kata dari Oliver Wendell Holmes yang menyatakan pendidikan seorang anak harus dimulai setidaknya seratus tahun sebelum dia lahir.

Jadi, meskipun anak tersebut belum lahir, pendidikan dapat diberikan sejak dalam kandungan. Hal ini bisa dilakukan dengan membacakan cerita kepada anak atau mendengarkan lagu-lagu pada kandungan. Meskipun terdengar konyol, namun cara ini cukup ampuh untuk mengajarkan sesuatu yang baru pada anak.

Itulah beberapa kata bijak pendidikan yang bisa diingat terus agar selalu bersemangat ketika menempuh pendidikan. Oleh karena itu, jangan lelah untuk terus belajar dan menempuh pendidikan untuk terus mendapatkan pengetahuan baru. Sebuah negara yang maju akan diikuti dengan rakyatnya yang berpendidikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *