Ingin Tahu Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Kendaraan? Simak Ulasannya!

  • Whatsapp
Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Kendaraan

Memiliki sebuah asuransi terlebih kendaraan memang menjadi hal yangs angat menguntungkan terlebihuntuk menjawab segala kemungkinan yang mungkin saja terjadi. Ketika mengalami kecelakaan maupun kendaraan hilang, dengan adanya asuransi akan memudahkan pemilik kendaraan karena ringan dalam biaya yang harus dikeluarkan. Namun dibalik itu semua, tetap saja ada kelebihan dan kekurangan asuransi kendaraan.

Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan juga kekurangan ketika menggunakan sebuah asuransi, diharapkan akan mampu meminimalisir resiko yang ada. Ketika paha dengan apa risiko dan juga keuntungan yang ada, tentunya untuk mengambil langkah akan lebih mudah. Terlebih dengan banyaknya penyedia jasa asuransi saat ini menjadikan langkah cermat bagi kita. Nah, untuk lebih lanjut akan hal ini, siak ulasannya berikut!

Kelebihan Dari Asuransi Kendaraan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa asuransi akan memberikan banyak sekali manfaat bagi nasabahnya. Hal ini memberikan alasan mengapa semakin hari banyak orang yang mendaftarkan asuransi untuk kendaraan yang dimiliki. Nah, berikut beberapa kelebihan yang ada jika memiliki asuransi kendaraan, diantaranya:

1. Adanya Perlindungan Bagi Kendaraan

Salah satu hal pokok yang menjadikan alasan mengapa banyak orang yang menggunakan asuransi untuk kendaraannya yaitu karena mampu memproteksi segala kemungkinan yang ada. Ketika suatu kendaraan mengalami kerusakan, maka dengan adanya asuransi ini bisa menggantikan secara komprehensif atau keseluruhan kendaraan. Tentunya hal inilah yang menjadikan banyak orang mendaftarkan kendaraannya.

2. Pergantian Ketika Hilang

Ketika kendaraan hilang  ataupun dicuri orang, dengan menggunakan sebuah asuransi akan mampu menggantikan kendaraan tersebut. Hal ini tentunya tergantung dari jenis asuransi yang dipilihnya. Biasanya ketika memilih asuransi jenis all risk, maka ketika mengalami kecurian atau hilang bisa di cover oleh perusahaan asuransi. Tentunya hal ini juga diimbangi dengan dokumen lengkap serta surat dari kepolisian.

3. Pengelolaan Keuangan Yang Mudah

Dengan bergabung bersama asuransi, tentunya akan ada beberapa biaya yang menjadi tanggungan setiap bulannya. Hal ini pasti disesuaikan dengan kebutuhan serta produk asuransi yang diambil. Ketika memilih asuransi, hal ini  bisa disebut sebagai sarana membantu menyisihkan pendapatan untuk mengantisipasi dimasa mendatang. Pengelolaan keuangan juga akan lebih mudah ketika mendaftar asuransi ini.

4. Tabungan Esok Hari

Bagi yang mendaftarkan asuransi tentu biasanya memiliki keuangan yang stabil saat ini. tidak menutup kemungkinan kondisi keuangan di masa mendatang akan lebih baik atau bahkan bisa saja buruk. Dengan adanya asuransi ini akan menjadi tabungan esok hari terkhusus bagi kendaraan yang ada.

5. Memberi Rasa Aman

Berkendara merupakan sebuah kegiatan yang masih misteri. Alasannya kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama diperjalanan. Dengan mendaftarkan asuransi, rasa aman saat di perjalanan akan bisa muncul dan terhindar dari was-was.

Kekurangan Dari Asuransi Kendaraan

Memang pada dasarnya kelebihan dan kekurangan asuransi kendaraan ini menjadi perbincangan yang menarik. Dibalik banyaknya kelebihan yang kita dapatkan, faktanya terdapat beberapa kekurangan yang mengikutinya. Nah, berikut beberapa kekurangan dari asuransi kendaraan ini, diantaranya:

1. Pengajuan Klaim Terbatas

Hal yang sering terjadi bagi nasabah asuransi yaitu adanya klai yang terbatas. Biasanya nasabah mendapatkan hasil klaim yang tidak sesuai dengan perjanjian di awal. Bahkan ada beberapa jenis kali yang tidak masuk daftar perjanjian dan sulit untuk mendapatkan pembiayaan.

2. Dewan Syariah Tidak Dimiliki

Untuk kekurangan dari asuransi yang lainnya yaitu tidak adanya dewan syariah yang mengawasi kegiatan asuransi tersebut. hal ini tentu dikarenakan konsep asuransi yang masuk dalam jual beli sehingga produk yang ada masih harus sagat diteliti keberadaannya.

3. Dana Bisa Saja Hangus

Sudah bayar biaya premi setiap bulan namun tiba-tiba dana hangus begitu saja? Nah itu bisa menjadi salah satu kerugian ketika melakukan asuransi kendaraan. Ketika nasabah mengalami kendala terhadap pembayaran di tengah jalan, bisa saja klaim yang dilakukan keesokan hari tidak dapat dilakukan. Risiko lain yang bisa saja timbul yaitu tidak adanya refund meskipun telah melakukan pembayaran di waktu lalu.

4. Terdapat Penyusutan

Ketika telah mendaftar asuransi untuk jangka waktu tertentu, terkadang ada perusahaan yang memberlakukan ganti rugi secara penyusutan. Hal ini dikarenakan nilai kendaraan yang berkurang sehingga nilai asuransi juga turut berkurang.

5. Membutuhkan Pembaharuan

Bagi yang mengikuti asuransi jenis TLO atau total lost only, biasanya harus memperbaharui data dan juga ketentuan setiap tahunnya. Ketika memperbaharui data tersebut, akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Jika tidak dilakukan pembaharuan ini, semakin lama mengikuti asuransi maka nominalnya akan berkurang saat melakukan klaim.

Pada dasarnya untuk kelebih dan dan kekurangan kendaraan ini juga tergantung dari jenis asuransi yang dipilihnya.  Ketahui jenis asuransi yang ada serta bagaimana persyaratan serta ketentuan setiap perusahaan yang dipilih. Semakin banyak pengetahuan tentang asuransi tersebut, kegunaan ketika menggunakan asuransi juga bisa tepat sasaran.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *