Simak 11 Keuntungan Menabung Di Bank Syariah

  • Whatsapp

Tabungan Bank Syariah apabila dibandingkan dengan Bank Konvensional jarang dilirik oleh masyarakat. Padahal, bank syariah juga menawarkan berbagai keuntungan yang tak kalah menarik apabila dibandingkan dengan Bank konvensional. Selain menghindarkan nasabah dari riba, terdapat berbagai keuntungan menabung di bank syariah, salah satunya keuntungan finansial bagi nasabahnya.

Per Tahun 2017, bank syariah tercatat hanya memberikan kontribusi sebesar 10% saja. Sangat rendah apabila dibandingkan dengan bank lainnya. Sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa produk bank syariah hanya digunakan untuk tabungan ibadah saja seperti umroh maupun haji. Sehingga hal ini mengakibatkan kurangnya minat masyarakat untuk menabung di bank syariah. Selain itu, masyarakat luas juga belum mengenal lebih jauh tentang keuntungan menabung di bank syariah. Oleh sebab itu, simak ulasan manfaat menabung di bank syariah berikut ini!

1. Bebas Dari Riba

Bank konvensional memiliki riba yang sudah jelas dilarang dalam agama Islam. Memakan hasil riba merupakan suatu hal yang tidak dianjurkan oleh agama. Hukumnya adalah haram dan merupakan perbuatan dosa. Sementara, bank syariah tidak mengenal riba. Maka, dengan menabung di bank syariah, maka nasabah dapat terhindar dari riba dan dosa.

2. Pengalaman Baru Yang Tidak Ditawarkan Oleh Bank Lain

Bank Syariah memberikan berbagai penawaran menarik terkait produk perbankan. Terdapat dua jenis tabungan yang dapat dipilih oleh nasabah, yaitu tabungan iB yang dapat memudahkan proses transaksi nasabah setiap harinya serta skema yang dapat menjamin keamanan dana nasabah. Tabungan yang kedua merupakan jenis tabungan investasi.

3. Bonus

Sebagai pengganti bunga, bank syariah akan memberikan bonus kepada nasabah setiap bulannya. Terutama bagi nasabah yang memiliki investasi dalam jumlah besar. Besaran bonus beragam tergantung pada jumlah tabungan dan nominalnya selalu dirahasiakan.

4. Nasabah Dapat Terhindar Dari Kerugian

Sebagian besar nasabah tentu akan merasa cemas apabila bank yang dipercayakan sebagai tempat investasi justru mengalami kerugian. Nah, dengan menabung di bank syariah, nasabah dapat terhindar dari perasaan cemas tersebut. Sebab, bank syariah menerapkan sistem bagi hasil sesuai dengan pendapatan yang diperoleh oleh bank setiap bulannya. Sehingga, nasabah akan terhindar dari kerugian dan nilai investasi yang ditanam pada bank tidak berkurang.

5. Nasabah Mendapat Jaminan LPS

Setiap nasabah yang menabung di bank syariah, mendapatkan keuntungan berupa jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hal ini dapat menjamin dana investasi sehingga terhindar dari kerugian saat menghadapi masalah tertentu. Selain itu hal ini juga berlaku bagi tabungan non investasi. Tak tanggung-tanggung, LPS menjamin dana yang dipercayakan kepada bank sebesar 2 milyar rupiah.

6. Menerapkan Sistem Bagi Hasil

Keuntungan menabung di bank syariah selanjutnya adalah adanya sistem bagi hasil antara pihak bank dengan nasabah. Pihak bank akan menghitung pendapatan bank, serta biaya yang dikeluarkan oleh pihak bank diambil dari sistem bagi hasil yang merupakan bagian untuk pihak bank. Sistem bagi hasil ini dapat menguntungkan serta memberikan kemudahan bagi setiap nasabah yang menabung di bank syariah.

7. Dilengkapi Dengan Fasilitas Yang Menarik

Bank Syariah memberikan fasilitas gratis biaya administrasi bulanan bagi nasabah yang memiliki saldo dibatas batas minimal. Selain itu, terdapat juga gratis biaya cek saldo, tarik tunai, kartu ATM, serta biaya transfer yang dilakukan di ATM BRI, ATM Prima maupun ATM Bersama.

8. Nasabah Merupakan Mitra Bank

Bank Syariah memperlakukan setiap nasabahnya sebagai mitra. Berbeda dengan bank konvensional yang memiliki hubungan debitur dan kreditur. Hal ini yang mengharuskan pihak bank konvensional untuk memberikan bunga kepada nasabah tanpa memandang berapa keuntungan maupun kerugian. Sementara pada bank syariah, nasabah merupakan mitra yang berhak memperoleh keuntungan melalui sistem bagi hasil. Sehingga hal ini dapat menciptakan prinsip ekonomi yang adil dan juga transparan.

9. Pemberdayaan Dana Penabung

Bank syariah akan memanfaatkan dana penabung untuk hal-hal yang bermanfaat. Pihak bank akan menyeleksi betul setiap proyek yang hendak diberikan dana. Sehingga dalam hal ini pihak bank tidak hanya memikirkan keuntungan semata. Melainkan juga melihat dari sisi halal maupun haram.

10. Dana Bagi Umat

Keuntungan menabung di bank syariah yang terakhir adalah pemanfaatan dana bagi umat. Sebagian dana yang diperoleh pihak bank berasal dari umat, merupakan untuk umat, serta akan dikembalikan kepada umat melalui berbagai proyek bermanfaat yang didanai.

11. Bebas Biaya Administrasi

Bagi nasabah yang ingin menabung dalam jumlah yang tidak besar, hal ini tentu saja sangat menguntungkan. Sebab bank syariah memiliki fokus tujuan sebagai sarana menabung, bukan untuk bagi hasil. Inilah yang membedakannya dengan bank konvensional. Sebab, bank konvensional menerapkan biaya administrasi sebesar Rp.7.500,- hingga rp.12.000,- setiap bulannya.

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan menabung di bank syariah. Berdasarkan keuntungan yang telah dijelaskan, dapat dilihat bahwa bank syariah memberikan proses yang transparan serta jelas pemanfaatan dananya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba menabung di bank syariah?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *