Komunikasi Bisnis Adalah Hal Penting Untuk Membangun Bisnis yang Kuat

  • Whatsapp

Di dalam bisnis salah satu hal yang terpenting adalah membangun sebuah jaringan. Untuk melaksanakannya diperlukan suatu usaha, salah satu yang terpenting adalah komunikasi bisnis.

Karena komunikasi bisnis adalah kunci utama dalam membangun sebuah kepercayaan yang merupakan pondasi utama dari membuat jaringan yang besar dan kuat.

Read More

Pengertian Komunikasi Bisnis

Sebelumnya sudah disinggung bahwa komunikasi bisnis adalah hal yang penting untuk bisa membuat jaringan bisnis yang kokoh.

Namun apa itu sebenarnya komunikasi bisnis. Secara sederhana komunikasi bisnis merupakan kegiatan antara orang di dalam maupun di luar bisnis untuk berbagi informasi seputar bisnis.

Jenis Komunikasi Bisnis

Untuk jenisnya sendiri komunikasi bisnis dibagi menjadi beberapa bagian, dan tentunya semua memiliki tujuan masing-masing.

Oleh karena itu sangat disarankan kalau semua pihak yang memiliki kepentingan dalam bisnis memahami dan menerapkan semua jenisnya. Adapun jenis-jenis komunikasi bisnis itu diantaranya.

1. Internal Ke Atas

Pertama adalah komunikasi yang ditujukan kepada manajer atau petinggi perusahaan dan dilakukan oleh bawahan atau individu yang jabatannya lebih rendah.

Biasanya berisikan tentang feedback, survey, formulir, ataupun laporan dari karyawan untuk jajaran para manajer atau individu dengan jabatan lebih tinggi.

2. Internal Ke Bawah

Kalau tadi dari bawahan ke atasan, maka kali ini dari atasan ke beberapa bawahannya.

Dalam prosedurnya jenis komunikasi ini harus dilakukan dengan tetap professional, serta sifatnya jelas. Isi dari komunikasi ini biasanya adalah memo yang berisikan prosedur dan peraturan baru, dan sebagainya.

3. Bisnis Internal Lateral

Selanjutnya adalah jenis komunikasi yang terjadi di tempat kerja antara sesama karyawan. Jenis komunikasi ini memiliki sifat yang lebih teratur dibanding yang lainnya.

Komunikasi ini bisa terjadi antara karyawan dalam departemen yang sama ataupun antara karyawan yang berbeda departemen.

4. Komunikasi Eksternal

Sesuai dengan namanya, jenis komunikasi yang satu ini terjadi antara pihak dalam dengan pihak luar. Pihak luar ini diantaranya pelanggan, vendor, ataupun mitra. Sifat utama dari jenis komunikasi ini adalah kurangnya keteraturan.

5. Vertikal

Selanjutnya adalah jenis yang dilakukan antara jabatan atau antar tingkatan di perusahaan. Nantinya saat melakukan komunikasi ini akan didapatkan sebuah timbal balik. Contoh komunikasi jenis ini adalah rapat antara pejabat perusahaan tingkat direksi, tanpa melibatkan karyawan sama sekali.

6. Komunikasi Horizontal

Memiliki sifat yang lebih santai, komunikasi ini terjadi antara tingkatan yang sama dalam perusahaan. Biasanya berupa percakapan sehari-hari antara sesama karyawan dan di dalamnya terdapat candaan ataupun gurauan untuk mencairkan suasana.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Setiap komunikasi yang dilakukan tentu memiliki fungsinya sendiri, begitu juga dengan komunikasi bisnis. Adapun fungsi dari komunikasi bisnis diantaranya :

  • Fungsi informatif, yakni memberikan informasi kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam bisnis, baik luar maupun dalam. Pihak manajemen membutuhkan informasi untuk membuat sebuah peraturan, sementara karyawan membutuhkan informasi seputar jaminan untuk pekerjaannya.
  • Fungsi regulatif, berupa peraturan yang diterapkan dan harus ditepati oleh setiap pihak yang ada di dalam perusahaan. Biasanya yang membuat adalah atasan, dan harus ditaati oleh setiap pihak di dalam perusahaan.
  • Fungsi integratif, yakni sebagai penyedia sarana untuk memungkinkan karyawan melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik. Sarana ini terbagi menjadi dua yakni sarana komunikasi formal, dan non formal.
  • Fungsi Persuasif, dengan tujuan untuk meminimalisir perintah dari atasan dan lebih memilih untuk mempengaruhi atau mempersuasi karyawannya. Sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik tanpa paksaan.

Unsur yang Ada Di Dalamnya

Selain memiliki fungsi sebuah komunikas bisnis yang baik haruslah memiliki unsur-unsur guna mendukung terjadinya aktivitas komunikasi. Adapun beberapa unsur yang dimiliki oleh komunikasi bisnis ini diantaranya :

1. Terdapat Pertukaran

Komunikasi bisnis haruslah bersifat dua arah atau lebih, dan memungkinkan terjadinya pertukaran. Dalam hal ini ada pertukaran informasi antara pihak komunikator dan komunikan.

2. Menggunakan Saluran Personal Maupun yang Non

Saluran personal ini seperti bertemu langsung dan membicarakan sesuatu hal dengan orang yang bersangkutan. Ataupun non personal bisa menggunakan pengumuman maupun media untuk jangkauan yang lebih luas.

3. Memakai Simbol Atau Sinyal

Komunikasi bisa terjadi secara langsung maupun dengan bantuan alat pendukung. Ada beberapa metode atau alat yang bisa digunakan dengan tujuan agar penerima pesan mengerti isi pesannya.

4. Berisi Informasi, Gagasan, Opini, Instruksi

Merupakan isi pesan yang terdapat dalam komunikasi, dan bisa dilihat bentuknya beragam. Keberagaman bentuk ini didasarkan pada situasi, kondisi, ataupun tujuan tertentu.

5. Pencapaian Target Atau Tujuan Organisasi

Tentunya tujuan dari isi pesan yang dibuat sudah terlebih dahulu ditetapkan oleh pihak manajemen yang memiliki wewenang. Oleh karena itu komunikasi yang dilakukan bertujuan untuk mencapai tujuan tersebut ataupun sesuai dengan target.

6. Memiliki Tujuan yang Jelas

Terakhir adalah komunikasi yang dilakukan haruslah memiliki tujuan yang sifatnya jelas. Tentunya tujuan tersebut telah ditentukan oleh pihak pemegang kuasa dalam organisasi (dalam hal ini perusahaan), dan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis? Yuk Simak Beberapa Ide Bisnis Yang Menjanjikan Berikut Ini!

Manfaat yang Dihasilkan

Secara garis besar manfaat bisnis ini terbagi menjadi dua yakni manfaat internal dan juga internal.

Untuk manfaat internal komunikasi bisnis yakni membuat kinerja perusahaan menjadi efektif, dan tujuan dapat tercapai dengan cepat. Kekompakan dalam perusahaan juga akan lebih terjaga.

Adapun untuk manfaat komunikasi bisnis secara eksternal adalah akan adanya feedback positif ketika membangun nama perusahaan di mata masyarakat. Sehingga nama perusahaan dapat dikenal secara lebih luas, dan bisnis bisa berkembang dengan baik.

Jadi itulah tadi penjelasan terkait komunikasi, dan alasan mengapa komunikasi bisnis adalah hal penting yang harus diterapkan untuk membangun bisnis yang kuat. Memang bukan hal yang mudah, namun dampak yang diberikan juga sebanding dengan usaha yang dilakukan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *