Fitur dan Rekomendasi Mobil Paling Irit yang Trendy

  • Whatsapp

Mobil memang masih menjadi pilihan masyarakat sebagai sarana transportasi sehari-hari.

Kini kecenderungan anak muda untuk mencari mobil sebagai kendaraan pribadi dibarengi dengan peningkatan pencarian mobil yang irit bahan bakar.

Read More

Perusahaan pembuat mobil kemudian berlomba-lomba mengklaim mobil buatannya sebagai mobil paling irit. Namun ada baiknya mengenal terlebih dahulu mengenai mobil irit.

Fitur yang Menjadikan Mobil Irit

Sebelum menentukan pilihan untuk membeli mobil paling irit, sebaiknya ketahui terlebih dahulu fitur-fitur yang membuat mobil menjadi irit bahan-bakar.

Beberapa fitur berikut ini sudah lazim ditemui dalam mobil-mobil yang dikenal sebagai mobil irit. Fitur-fitur tersebut antara lain:

1. Eco Indicator

Mobil-mobil baru yang diklaim sebagai mobil irit bahan bakar di Indonesia pasti memiliki fitur Eco Indicator. Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi pengoperasian transmisi otomatis yang ada dalam mobil.

Untuk mengetahui ada tidaknya fitur ini sangat mudah karena ada indikator berupa lampu berwarna hijau pada Multi Information Display pada mobil.

Fitur ini memang tidak secara langsung dan selalu membuat mobil menjadi irit bahan bakar. Namun, adanya indikator ini sebagai penanda bahwa perilaku berkendara dari supir tersebut sudah baik, sehingga dapat mengirit bahan bakar.

Dengan perilaku berkendara yang irit ini, yang ditandai dengan Eco Indicator yang menyala, sistem mobil akan secara otomatis mengontrol mesin untuk menghemat sistem bahan bakar.

2. Cruise Control

Fitur Cruise Control ini berfungsi untuk membantu peningkatan efisiensi penggunaan bahan bakar mobil. Namun sayangnya, fitur ini masih tersedia pada beberapa mobil saja dan belum merata ke seluruh mobil.

Fitur ini akan membuat mobil menjalankan sistem penghematan bahan bakar ketika pengendaranya mengaktifkan fitur ini.

Adanya fitur ini membuat pengendara dapat mengatur laju mobil sehingga tetap memiliki kecepatan yang konstan tanpa perlu menginjak pedal gas.

Fitur ini akan berjalan maksimal bila digunakan di jalan tol yang bebas hambatan, sehingga laju kendaraan bisa berjalan dengan stabil. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengemudi harus berkendara dengan stabil pada kecepatan tertentu.

3. Auto Start-Stop

Fitur ini adalah fitur yang sudah banyak diaplikasikan ke dalam kendaraan baik itu motor atau mobil. Pada motor, fitur ini dikenal juga sebagai fitur idle stop yang membuat mesin kendaraan mati sesaat ketika berhenti. Namun, pengendara cukup menarik gas pada motor untuk menyalakan kembali mesin motornya.

Fitur ini kemudian juga teraplikasikan pada mobil-mobil yang mengusung tema mobil irit. Keberadaan fitur Auto Start-Stop pada mobil ini sangat membantu untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada mobil.

Teknologi ini terbukti dapat menghemat 5-14% penggunaan bahan bakar mobil ketika mesin tidak beroperasi. Teknologi ini juga berpengaruh pada pengurangan emisi gas buang mobil.

Rekomendasi Mobil Paling Irit 2020

Saat ini, mobil yang irit bahan bakar menjadi mobil yang paling banyak dicari, sehingga berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk memproduksi mobil jenis ini. Dari sekian banyak mobil yang irit bahan bakar,

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mobil paling irit dari stophoax.id yang bisa kalian pertimbangkan.

1. Honda Brio

Mobil Honda Brio menjadi salah satu mobil irit bahan bakar yang banyak diincar oleh kaum muda. Bentuknya sangat trendy dan cocok untuk anak muda.

Tentu saja mobil Honda Brio ini juga memiliki kemampuan untuk irit bahan bakar dengan teknologi CVT with Earth Dreams Technology. Teknologi tersebut juga membuat perpindahan transmisi pada Honda Brio lebih halus.

Honda Brio menjadi andalan perusahaan mobil Honda dalam persaingan di kelas City Car atau mobil yang cocok untuk wilayah perkotaan.

Mobil Honda Brio memiliki mesin dengan kapasitas 1.200 cc yang sangat cocok untuk digunakan di wilayah perkotaan. Soal bahan bakar, mobil Honda Brio ini mampu melaju sejauh 21,2 km hanya dengan 1 liter bahan bakar.

2. Toyota Agya

Lain Honda, lain pula Toyota. Salah satu perusahaan mobil asal Jepang ini juga tidak ingin kalah dalam persaingan memperebutkan pasar mobil irit di kelas City Car.

Toyota meluncurkan mobil bernama Toyota Agya yang langsung dapat merebut hati masyarakat pecinta mobil irit. Mobil Toyota Agya ini menggunakan mesin 1.200 cc yang sangat perkasa.

Fitur keselamatan dan keamanan yang tertanam dalam mobil Toyota Agya ini juga sangat komplit. Mobil Toyota Agya menggunakan fitur dual SRS airbags sebagai perlindungan dari benturan keras.

Toyota Agya juga menggunakan sistem khusus agar dapat selip pada ban. Soal konsumsi bahan bakarnya, Mobil Toyota Agya ini mampu melaju hingga 20,7 kilometer per liternya.

3. Nissan March

Masih dari negara Sakura, Jepang, perusahaan mobil yang lain, Nissan juga turut andil dalam persaingan mobil kelas LCGC yang dikenal irit bahan bakar. Mobil Nissan March yang dikeluarkan Nissan ini menjadi salah satu pesaing berat dua mobil sebelumnya dan menjadi salah satu rekomendasi mobil irit yang cocok untuk anak muda.

Mobil Nissan ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1.198 cc dengan teknologi khusus yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 76 PS.

Tampilannya yang sporty membuat mobil ini banyak dilirik oleh anak-anak muda di Indonesia. Soal kemampuannya menyerap bahan bakar, mobil Nissan March ini mampu melaju sejauh 21 kilometer hanya dengan satu liter bahan bakar saja.

Berbagai pilihan mobil paling irit di atas menjadi rekomendasi bagi yang ingin mencari mobil irit bahan bakar.

Tak hanya irit bahan bakar, mobil-mobil di atas juga dilengkapi dengan tampilan yang cukup keren. Sehingga tidak heran bila mobil-mobil irit bahan bakar tersebut banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *