Rincian Modal Bisnis Laundry Beserta Cara Memulainya

  • Whatsapp

Bisnis laundry mungkin tidak terdengar asing ditelinga banyak orang. Kenapa? Karena usaha ini kian menjamur sehingga tidak sedikit yang penasaran bagaimana cara memulai dan berapa modal bisnis laundry ini. Nah, inilah yang coba diulik pada pembahasan kali ini. Simak selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui detailnya.

Modal Bisnis Laundry

Usaha laundry merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa. Adapun bentuk jasa yang ditawarkan yakni mencucikan pakaian atau barang – barang lain yang sering digunakan orang pada umumnya. Banyaknya orang yang enggan mencuci sendiri atau terlalu sibuk membuat usaha ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Memulai Usaha Laundry

Adalah sebuah hal penting untuk memperhatikan hal – hal berikut ini sebelum lebih jauh bicara soal modal. Karena sebuah usaha sudah semestinya diperhitungkan dengan matang, agar bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Nah, adapun hal – hal yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Menentukan Lokasi

Salah satu tips sukses sebuah usaha adalah tepat memilih tempat yang strategis. Tidak mungkin sebuah usaha bisa ramai bila lokasi yang dipilih jauh dari pemukiman warga. Meskipun kini banyak yang menjalankan usahanya secara online, namun kenyataannya tetap mengalami kendala.

2. Mengamati Kompetitor

Mengamati competitor merupakan aspek berikutnya yang juga harus diperhatikan. Kenapa? Karena dengan melihat kompetitor seseorang bisa belajar untuk mulai menjalankan sebuah usaha. Hal yang perlu diamati adalah bagaimana pesaing memasarkan produk, berapa harga yang dibandrol dan seperti apa pelayanan yang diberikan. Meniru yang sudah ada atau membuat pelayanan yang lebih baik bukanlah hal yang salah.

3. Mempersiapkan Modal Usaha

Modal usaha laundry adalah ujung tombak dari sebuah usaha. bagaimana bisa usaha tersebut bisa dijalankan tanpa modal yang memadai. Tidak hanya untuk usaha laundry tapi hal ini juga berlaku untuk jenis usaha yang lainnya. Ada beberapa jalan yang bisa ditempuh saat seseorang kesulitan modal. Diantaranya meminjam ke sanak saudara atau bila memang terpaksa bisa meminjam ke bank.

4. Menentukan Strategi Marketing

Hal lain yang tidak kalah penting adalah menentukan pemasaran dalam hal ini jasa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari promosi hingga system D.O atau Delivery Order yang memudahkan pelanggan. Terlebih memberikan diskon atau potongan harga agar pelanggan setia.

Modal Awal Bisnis Laundry

Modal bisnis laundry awalnya memang cukup besar. Hal ini akan sebanding dengan apa yang akan didapat. Terlebih bagi yang mampu mengelola keuangan dengan baik dan sungguh – sungguh. Besar kemungkinan bisnis ini akan berjalan lancar. Buat yang penasaran berapa modal awal bisnis usaha laundry, simak detailnya di bawah ini :

1. Tempat Serta Alat Cuci

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah tempat usaha dan alat mencuci. Harga sewa kios tergantung pemilik apakah ingin bulanan atau tahunan. Nah, untuk lebih jelasnya bawah ini adalah harga yang bisa menjadi gambaran. Harga tersebut bisa saja berubah tergantung harga di masing – masing daerah.

Sewa kios tahunan    : Rp. 4 juta

Mesin cuci                : Rp. 5 – 15 juta

2. Perlengkapan Laundry

Beberapa perlengkapan ini wajib terpenuhi untuk mulai menjalankan usaha laundry. Harga yang tertera bisa saja berubah sesuai harga pasaran di setiap daerah. Jadi jangan jadikan patokan bahwa harga tersebut sama. Hal lain yang juga mempengaruhi adalah merek dari masing – masing produk.       

Timbangan                : 500 Ribu

Setrika dan meja setrika : 500 Ribu

Keranjang dan hanger    : 100 Ribu

Rak pengering           : 100 Ribu

Detergen dan pewangi   : 500 Ribu

Rak besi siku            : 1 juta

Ember besar             : 100 Rbu

3. Strategi Pemasaran

Penting untuk setiap usaha memikirkan mengenai strategi pemasaran. Dengan adanya promosi akan mempermudah usaha yang dirintis untuk lebih cepat dikenal orang. Meski harus mengeluarkan biaya, namun efeknya tidak akan mengecewakan. Ada banyak digital marketing yang bisa membantu untuk memuluskan nya. Akan ada efek besar terhadap usaha terlebih saat ini semua dapat diakses secara online.

Promosi                    : 500 Ribu

Spanduk                   : 200 Ribu

Brosur                      : 100 Ribu

4. Biaya awal bulan pertama

Perlu diperhatikan juga bahwa awal mula merintis sebuah usaha memang harus ada pengorbanan. Pada awal usaha dijalankan sobat harus juga menyediakan budget lain sebagai talangan untuk membayar tagihan awal. Tagihan yang dimaksud adalah air dan listrik.

Bayar listrik               : 500 Ribu

Bayar air                   : 300 Ribu

Jadi modal bisnis laundry yang dibutuhkan berkisar 18 juta, harga ini bisa saja berubah sesuai harga kebutuhan masing – masing yang berbeda di setiap daerah. Pada intinya modal yang dikeluarkan akan kembali seiring berjalannya sebuah usaha. Perlu ketelitian dan keuletan untuk membangun usaha sendiri mulai dari nol. Sebuah hasil yang baik tidak akan membohongi usaha yang telah dilakukan.

Jangan takut untuk memulai sebuah usaha, penjelasan mengenai modal bisnis laundry mungkin bisa menjadi pengetahuan baru untuk para pebisnis pemula agar mempersiapkan dan memperhitungkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke dalamnya. Jalankan bisnis dengan sungguh –sungguh dan telaten serta tidak patah semangat adalah kunci sukses sebuah usaha.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *