Tak Harus Besar, Modal Usaha Cafe Pinggir Jalan Minim Juga Bikin Untung

  • Whatsapp
Modal Usaha Cafe Pinggir Jalan

Maraknya persaingan perusahaan waralaba dewasa ini membuat semua jenis usaha berlomba-lomba menjaga eksistensinya tak terkecuali coffee shop. Terlebih, di Indonesia sendiri penikmat kopi jumlahnya sangat banyak hingga kedai kopi dapat dijumpai di setiap sudut jalan baik daerah perkotaan maupun pedesaan. Modal usaha cafe pinggir jalan yang dibutuhkan juga tak harus berjumlah besar, meski kedepannya bakal mendatangkan omset yang cukup menggiurkan.

Keuntungan yang akan didapat tergolong menjanjikan, pasalnya saja di kota-kota besar tak jarang ditemukan coffee shop yang bersebelahan namun sama-sama ramai pengunjung. Budaya minum kopi sudah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia, mulai dari pagi hingga malam ngopi sudah jadi aktivitas wajib. Berikut ini beberapa keuntungan yang bakal diperoleh saat menjalankan bisnis usaha cafe yang notabene adalah coffee shop:

1. Eksistensi Cafe di Pasar Besar

Modernisasi menuntut segala bidang untuk ikut berkembang seperti coffee shop yang tengah menjamur dan populer baru-baru ini. Cafe sederhana pinggir jalan-jalan kota tetap eksis dan ramai pengunjung ditengah persaingan sengit pasar. Meski berbeda dengan perusahaan waralaba terkenal yang menyediakan fasilitas  berupa tempat nyaman dengan menu berkelas serta desain interior menarik.

2. Menarik Banyak Pelanggan dengan Harga Murah

Harga kopi dari cafe merk ternama memang dipatok cukup tinggi untuk ukuran secangkir kopi bahkan mencapai 50 ribu. Harganya terpaut jauh dengan kopi yang dibeli dari cafe sederhana yang kisarannya 10 sampai 30 ribu saja. Kalangan anak muda baik mahasiswa maupun pekerja dapat dijadikan sasaran empuk cafe dengan harga terjangkau.

3. Modal yang Kecil

Tak hanya space dan ruang yang besar, namun biaya untuk membangun cafe waralaba modern memerlukan biaya yang cukup besar pula. Tak sama dengan modal usaha cafe pinggir jalan yang dapat memaksimalkan modal meski berjumlah minim. Biaya kecil bukan berarti menurunkan standar kualitas dan kenyamanan tempat.

Membahas soal modal usaha sebenarnya tergantung konsep yang diusung dari masing-masing cafe, fancy ataupun minimalis. Cafe dengan tema cukup mewah dengan lokasi di dalam mall pastinya membutuhkan modal yang besar. Apabila berkonsep minimalis akan lebih berhemat modal untuk biaya desain interiornya.

4. Pengelolaan Mudah

Tidak seperti jenis usaha lain seperti restoran cepat saji yang memerlukan banyak mesin-mesin canggih untuk penyajian. Pengelolaan coffee shop cukup mudah jika perawatan dilakukan dengan benar dan giat. Meski demikian untuk menyajikan kopi pelatihan khusus karena alat yang digunakan di café kopi biasanya berupa mesin khusus.

Jika sekiranya kurang memahami kebutuhan dan pengelolaan café yang membutuhkan modal usaha cafe pinggir jalan minim. Owner bisa memperbanyak ilmu baik dengan membaca, melalui internet atau kenalan yang memiliki usaha sejenis. Seiring dengan keuntungan yang diperoleh, fasilitas dapat ditambah seiring berjalannya waktu.

5. Tak Perlu Banyak Fasilitas Pendukung

Biasanya cafe-cafe besar memang menyediakan paket komplit fasilitas untuk menunjang performanya. Cafe sederhana cukup memberikan free wifi dan harga yang ramah di kantong dijamin akan mendatangkan profit. Apalagi menyasar kalangan anak-anak muda, pekerja kantoran atau mahasiswa.  

Kelompok tersebut umumnya cenderung tertarik akan sesuatu yang baru dan unik. Cafe yang mengusung konsep minimalis cocok dijadikan tujuan mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas kampus sambil nongkrong. Perlu diingat, hal terpenting selain akses wifi adalah kenyamanan dan menu ramah kantong.

6. Keuntungan Tinggi

Rentang keuntungan yang bakal diperoleh per item mungkin tidaklah besar, namun dengan tingkat penjualan besar maka pendapatan juga meningkat. Hal ini berkaitan dengan harga menu yang dibanderol tergolong kategori murah baik minuman atau makanan. Sehingga usaha cafe termasuk dalam jenis usaha dengan omset harian yang cukup tinggi.

Riset menunjukkan banyak cafe yang bertajuk coffee shop sukses bahkan mampu meraup omset jutaan dalam sehari. Keuntungan bersihnya sendiri jika dihitung sekitar 40 persen dari perolehan omset kotor, sangat menggiurkan bukan? Tak heran banyak yang menggeluti usaha dibidang ini dengan iming-iming perolehan omsetnya.

7.Peralatan dan Pembelian Stok Mudah Dijangkau

Perihal menu makanan dan minuman, pemasok bahan baku harus diperhatikan dengan baik sebab berkaitan dengan pengeluaran. Pertimbangan tingkat kesulitan mencari bahan yang dipakai juga penting. Coffee shop biasanya berjalan beriringan dengan menu makanan pendamping ngopi yang tersedia.

Mencari penjual atau supplier juga harus terpercaya untuk menjaga kualitas bahan baku yang digunakan agar tidak mempengaruhi rasa. Biasanya harga murah didapat melalui pemasok langsung untuk menghemat pengeluaran belanja. Untuk bahan kopi sendiri dapat diambil dari petani lokal dan harus pintar-pintar memilih sesuai dengan budget.

Terkadang beberapa orang mengurungkan niat membuka coffee shop karena besarnya biaya yang dibutuhkan. Tetapi dengan adanya hal tersebut, sebenarnya dituntut untuk berpikir kreatif agar berkembang walau modal usaha cafe pinggir jalan minim. Berapapun modalnya, yang terpenting dalam sebuah usaha cafe ini adalah perencanaan yang benar-benar matang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *