Ini 5 Kiat Sukses Online Shop di Instagram

  • Whatsapp
Online Shop di Instagram

Kini, memiliki sebuah bisnis tidak perlu harus punya toko. Dengan adanya media sosial, toko  tersebut bisa dibangun dengan mudah. Bisnis ini dinamakan online shop. Banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan bisnis olshop. Salah satunya adalah Instagram. Agar sukses online shop di Instagram, ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan.

Instagram sendiri merupakan media sosial yang memiliki pengguna terbanyak nomor 3. Saat ini, Instagram juga memiliki banyak fitur yang mendukung pebisnis olshop. Lalu apa saja kiat sukses untuk berbisnis online shop di Instagram? Ini dia daftarnya!

1. Buat Feed yang Menarik

Kiat pertama adalah dengan membuat feed yang menarik. Feed sendiri merupakan tampilan gambar yang diposting. Dengan membuat feed yang menarik, para pengguna Instagram akan betah melihat produk yang diposting. Sebelum membuat feed, tentukan terlebih dahulu tema dari feed yang akan dibuat.

Beragam tema bisa dipilih seperti warna-warni, pastel, atau monokrom. Tema yang digunakan juga disesuaikan dengan produk yang dijual agar bisa senada. Contohnya adalah jika produk yang dijual merupakan produk untuk pria, maka bisa menggunakan tema monokrom. Apalagi, feed merupakan hal pertama yang dilihat dari akun olshop .

2. Rajin Posting

Selanjutnya adalah rajin posting. Apa saja yang diposting? Semuanya. Tidak hanya produk baru yang diposting, produk lama juga harus rajin diposting. Tidak hanya diposting pada feed, produk juga harus diposting pada ig story. Minimal posting adalah 1 hari sekali, agar lebih baik maka postinglah setiap 3 jam.

Dengan begitu, para followers akan selalu teringat dan terbayang-bayang ingin membeli produk tersebut. Untuk mendukung produk yang dijual, posting juga mengenai testimoni pelanggan secara berkala. Dijamin! Bisnis online akan semakin lancar dan banjir pesanan.

3. Manfaatkan Promotion Fitur

Pada Instagram juga terdapat fitur promosi yang bisa dimanfaatkan para pebisnis baru. Dengan fitur ini, tidak hanya pada followers, produk juga akan ditampilkan pada target pasar yang dipilih. Peluang pasar akan semakin luas dan besar. Cara untuk menggunakan fitur ini juga cukup mudah.

Pertama-tama ubah akun menjadi akun bisnis. Selanjutnya pilih produk yang akan diiklankan dan klik menu promotions yang terdapat pada kanan bawah. Ikuti langkah-langkah yang ada hingga muncul opsi terakhir yaitu buat promosi. Pada promotions juga terdapat pengaturan mengenai target pasar yang ingin dicapai. Sangat mudah dan efektif!

4. Jangan Takut Endorse

Endorse menjadi kiat sukses online shop di Instagram paling ampuh selanjutnya. Nah, endorse paling populer adalah endorse pada orang terkenal di media sosial seperti artis atau selebgram. Bagi yang ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar bisa langsung melakukan endorse. Walaupun biaya yang dikeluarkan cukup besar, namun sebanding dan worth it.

Untuk melakukan endorse pada orang terkenal sangat mudah. Cukup hubungi nomor yang tertera pada akun artis atau selebgram yang ingin diendorse. Selain banyak yang akan membeli produk, akun bisnis olshop juga akan semakin dikenal dan bertambah follower. Jangan takut akan biayanya yang besar ya!

5. Jangan Lupa Giveaway

Banyak pebisnis yang jarang melakukan giveaway karena takut bangkrut. Padahal, giveaway merupakan salah satu kiat promosi sukses online shop di Instagram yang akan menambah penjualan. Gunakanlah produk yang dijual untuk dijadikan giveaway, jangan gunakan produk orang lain.

Saat melakukan giveaway, sisipkan juga strategi promosi lain. Berikan syarat-syarat yang harus diikuti seperti wajib share ke ig story dan komen postingan dengan tag teman lain. Dengan begitu, banyak yang akan melihat dan tertarik membeli produk yang dijual.

Itulah 5 kiat sukses online shop di Instagram yang masih jarang diketahui. Bagi pebisnis yang baru saja menggunakan Instagram, bisa menggunakan kiat-kiat diatas. Agar bisnis bisa kebanjiran order, akun Instagram juga harus selalu aktif dan fastrespon ketika menjawab pelanggan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *