Investasi Pahlawan Negara, Ori 18 Obligasi

  • Whatsapp

Investasi Ori 18 Obligasi bantu negara dan tambah kaya. Obligasi menjadi salah satu instrumen investasi yang paling aman. Pasalnya diterbitkan dan dijamin langsung oleh pemerintah melalui kementerian keuangan. Investor akan mendapat return yang disetorkan setiap bulan sampai habis jatuh tempo 3 tahun lagi, tepatnya untuk Ori18 pada 15 Oktober 2023.

Pada prinsipnya pemerintah membutuhkan dana untuk APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara) yang digunakan untuk pembangunan negara, jadi bila membeli Ori 18  maka menjadi salah satu yang ikut mendanai APBN.

Mengenal ORI (Obligasi Ritel Indonesia)

Mengutip dari kementerian keuangan Indonesia, Ori merupakan gagasan pemerintah untuk pembiayaan APBN dengan mengeluarkan surat berharga negara kepada perseorangan warga negara Indonesia.

Manfaat Investasi Ori18

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, bila membeli obligasi telah membantu pemerintah untuk kepentingan negara.

Membantu negara yang terancam resesi karena pandemi covid-19. Jika vaksin covid-19 tidak segera ditemukan maka resesi sangat mungkin. Meningkatnya pengangguran dan bisnis yang bangkrut adalah contoh nyata jika terjadi resesi. Meski belum benar-benar terjadi sudah bisa merasakan efek resesi dari sekarang.

Mendapat imbal hasil berupa kupon Ori 18 Obligasi yang akan diberikan setiap bulan sampai waktu jatuh tempo. Imbal hasil yang diberikan Ori 18 Obligasi sebesar 5,7% per tahun. Ini adalah angka pasti yang dijamin pemerintah

Cara Membeli Ori 18 Obligasi

Untuk membeli Ori18  semua dilakukan secara online melalui salah satu dari 26 mitra distribusi yang bekerjasama dengan kementerian keuangan.

26 mitra distribusi penjual Ori18 adalah PT. Bahana Sekuritas, PT. Mandiri Sekuritas, Tbk., PT. Star Mercato Capitale, PT. Danareksa Sekuritas, Tbk., PT. Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk., PT. Bareksa Portal Investasi,  PT. Nusantara Sejahtera Investama.

Investree Radhika Jaya, PT. Mitrausaha Indonesia Grup, Bank Permata,Bank Maybank Indonesia, Bank Panin, Bank OCBC NISP, Bank DBS Indonesia, Bank UOB Indonesia, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, PT. Lunaria Annua Teknologi. Bank Victoria International, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank HSBC, BNI, BRI, BTN, Bank CIMB Niaga,

Semua info terbaru tentang ORI periode berikutnya juga bisa diakses melalui website resmi kementrian keuangan di www.kemenkeu.go.id

Hasil Keuntungan Investasi Ori18

Minimal pembelian Ori18 adalah 1 unit dengan harga Rp. 1 juta, sedangkan maksimal pembeliannya 3000 unit yang senilai Rp 3 miliar. Untuk mengetahui nilai keuntungannya akan dijelaskan dalam contoh berikut. Misalnya membeli Ori18  1 unit (Rp. 1 juta) maka dalam satu tahun keuntungannya adalah Rp. 57 ribu (Rp. 1 juta x 5,7%). Sehingga dalam 1 bulan akan menerima Rp. 4.750 dikurangi pajak per bulan sebesar 15% maka nilai bersih imbal hasil yang diperoleh setiap bulan adalah Rp. 4.038.

Setelah berakhirnya masa jatuh tempo Ori 18 Obligasi maka uang pokok yang sudah diinvestasikan akan dikembalikan sesuai jadwal.

Waktu Pembelian Ori18

Penawaran Ori18 dibuka pada tanggal 1 Oktober 2020 dan akan berakhir pada 21 Oktober 2020. Jika sudah melewati masa penawaran, bisa menunggu ORI yang akan diterbitkan berikutnya, jadi pantau website kementerian keuangan. Biasanya ORI diterbitkan satu kali dalam setahun.

Yang Cocok Investasi Ori18

Hal perlu dilakukan seseorang sebelum terjun dalam investasi adalah mengetahui profil risiko diri sendiri. Apakah tipe orang yang mudah panik terhadap kenaikan atau penurunan harga. Menginginkan investasi dengan return tinggi meski resiko juga tinggi, atau ingin mengambil investasi yang minim resiko.

Instrumen investasi beragam jenisnya diantaranya saham, emas, reksa dana dan obligasi yang paling likuid atau mudah diperdagangkan atau diuangkan kembali.

Untuk investor pemula dengan profil risiko mudah panik terhadap penurunan harga dan ingin minim resiko maka Ori18 pilihannya. Hal ini bukannya tanpa dasar, karena Ori18 tidak akan terkena sentimen negatif seperti saham yang harganya bisa naik turun karena keadaan makro ekonomi dan mikro ekonomi.

Teliti Sebelum Berinvestasi

Pastikan sudah mengetahui resiko dan keuntungan investasi yang akan dipilih. Investasi untuk membantu mencapai tujuan keuangan, oleh karenanya tentukan hasil investasi untuk tujuan apa. Menggunakan dana dingin alias tidak digunakan dalam waktu dekat sangat dianjurkan. Singkirkan niat investasi dengan modal hutang, sangat beresiko.

Sebelum investasi pada instrumen apapun sebaiknya sudah memiliki dana darurat minimal enam kali pengeluaran bulanan. Bagaimanapun tidak bisa memprediksi masa depan. Jadi perlu uang tunai yang mudah diambil jika terjadi kebutuhan tidak terduga.

Membeli instrumen investasi yang sudah terdaftar di OJK dan badan lain yang berwenang. Membeli dalam jumlah nominal kecil terlebih dahulu supaya jika rugi tidak terlalu dalam. Karena investasi itu ilmu yang bisa dipelajari bukan spekulasi seperti meja judi. Jadi teliti sebelum investasi.

Membeli Ori 18 Obligasi menjadi momentum yang tidak boleh dilewatkan. Manfaat untuk mencoba menjadi investor serta pahlawan negara bisa dapat sekaligus. Penawaran Ori18 Kemenkeu hanya ada setahun sekali, sebaiknya persiapkan diri saat ada kesempatan investasi obligasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *