Cara Bayar Pajak Mobil Online yang Ternyata Mudah Dilakukan

  • Whatsapp
BPKB (Foto: news.olx.co.id)

Saat ini hampir semua sektor perdagangan dan layanan pembayaran berpindah dari cara konvensional ke digital. Salah satunya layanan pembayaran pajak mobil dan motor.

Dahulu, harus rela mengantri dari pagi untuk membayarkan pajak mobil di loket. Namun, sekarang membayar pajak mobil online pun bisa dilakukan.

Read More

Sekarang pelayanan pembayaran pajak mobil online bisa dilakukan dimana saja menggunakan handphone, ke ATM, atau ke minimarket terdekat.

Hal ini dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor dapat membayar pajak tepat waktu tanpa harus menunggu antrian yang lama di kantor Samsat.

Selain itu, tentu terobosan semacam ini juga memudahkan petugas untuk melakukan pendataan karena sudah terintegrasi sistem online.

Keuntungan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pembayaran pajak bermotor melalui kanal pembayaran digital sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak yaitu petugas dan pemilik kendaraan bermotor.

Banyak keuntungan yang didapatkan bagi para pemilik kendaraan. Berikut beberapa keuntungan membayar pajak kendaraan online.

1. Bebas Denda

Keuntungan yang pertama adalah bebas denda bagi pemilik kendaraan yang terlambat membayarkan pajak kendaraannya kurang dari satu tahun.

Proses semacam ini sering disebut dengan istilah pemutihan. Pada masa pemutihan ini dianggap sebagai masa peralihan bagi para pemilik kendaraan untuk menggunakan fasilitas pembayaran digital.

Sayangnya hal ini tidak berlaku bagi para pemilik kendaraan yang terlambat membayarkan pajak kendaraannya lebih dari satu tahun. Maka, pemilik kendaraan tersebut harus membayarkan tunggakan kewajiban pajak kendaraannya di loket pembayaran kantor Samsat terdekat.

2. Pembayaran Melalui Layanan Pembayaran Digital

Untuk pembayaran pajak mobil online dapat dilakukan melalui kanal pembayaran digital seperti mobile banking dan internet banking.

Hal ini menjadi keunggulan tersendiri karena fasilitas ini sangat memudahkan pemilik kendaraan untuk membayarkan kewajibannya tanpa harus berdesak-desakan mengantri di loket pembayaran.

Beberapa bank seperti BRI, Mandiri, BTN, BNI, BCA, CIMB Niaga, serta Permata sudah menjalin kerja sama dengan Samsat Nasional untuk menyediakan kanal pembayaran online bagi pemilik kendaraan bermotor.

Selain itu pembayaran dapat juga dilakukan melalui e-commerce Tokopedia dan Klik Indomaret. Kemudahan tersebut sangat membantu pemilik kendaraan untuk membayar pajak kendaraannya tepat waktu. 

3. Pembayaran Melalui Minimarket

Selain melalui mobile banking dan e-commerce, pembayaran juga bisa dilakukan melalui minimarket.

Saat ini minimarket telah tersebar di seluruh pelosok negeri ini, hal ini sangat membantu pemilik kendaraan yang tinggal di kawasan di luar kawasan perkotaan. Karena dapat membayar pajak mobil online di minimarket terdekat. 

Bila pembayaran di minimarket, cukup menyebutkan nomor polisi kendaraan kepada kasir. Kemudian kasir akan memproses pembayaran dan memberikan struk pembayaran sebagai tanda bukti.

Kemudian, pemilik kendarakan akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK sebagai bukti sementara sampai TBPKB dan Pengesahan STNK yang asli dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Online

Pembayaran pajak melalui media aplikasi layanan digital muncul sebagai solusi bagi sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Serta, orang-orang tidak sempat untuk datang langsung membayar di loket Samsat. Bahkan enggan datang ke kantor Samsat karena pembayaran di kantor Samsat identik dengan antrian yang panjang dan lama.

Namun, membayar pajak mobil online maupun motor online saat ini mudah dilakukan. Prosedur pembayaran pajak yang mudah dilakukan dengan menggunakan smartphone dengan menginstal aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas).

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membayar pajak kendaraan online dengan memanfaatkan Samolnas.

1. Isi Data Diri dan Kendaraan

Pertama, hal yang dilakukan adalah mengisi data nama, nomor induk kependudukan, nomor polisi dan 5 angka terakhir pada rangka kendaraan pada aplikasi tersebut.

Kemudian tidak sampai 5 menit, pemilik kendaraan akan menerima informasi lengkap mengenai data kendaraan dan jumlah nominal besaran pajak yang harus dibayarkan. 

2. Pembayaran 

Kedua, setelah mendapatkan data kendaraan lengkap. Kemudian akan muncul kode pembayaran. Kode tersebut berlaku selama 2 jam sejak data lengkap dikirimkan. Pembayaran dapat dilakukan melalui mobile banking maupun internet banking bank-bank yang telah bekerja sama dengan Samsat Nasional. 

Selain itu, pembayaran dapat dilakukan melalui Klik Indomaret maupun Tokopedia sebagai kanal pembayaran e-commerce. Jika tidak memiliki keduanya, pembayaran juga bisa dilakukan di minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart.

Perlu diingat bahwa pembayaran melalui kanal pembayaran online maupun minimarket dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5.000,00 per kendaraan.

Baca Juga: Fitur dan Rekomendasi Mobil Paling Irit yang Trendy

3. Konfirmasi dan Menerima TBPKB dan Pengesahan STNK

Kemudian, setelah pembayaran dilakukan, pemilik kendaraan akan menerima tanda bukti pembayaran kendaraan dan pengesahan STNK dalam bentuk digital.

Tanda bukti pembayaran digital (e-TBPKB) dan e-Pengesahan STNK hanya berlaku selama 30 hari sejak pembayaran dilakukan. Lalu, fisik dari TBPKB dan stiker pengesahan STNK akan dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan.

Jangan lupa setelah menerima TBPKB dan stiker pengesahan STNK, cek ulang mengenai data kendaraan dan nominal pajak yang dibayarkan pada TBPKB dan pengesahan STNK tersebut.

Bila mengalami kesalahan cetak, pemilik kendaraan perlu untuk mengkonfirmasi. Atau, sebagai antisipasi kesalahan cetak, pemilik kendaraan bisa mencetak sendiri e-TBKB dan e-Pengesahan STNK.

Pembayaran pajak mobil online dan motor online dilakukan setahun sekali maksimal sampai batas jatuh tempo ulang tahun kendaraan bermotor. Untuk menghindari denda yang berlipat ganda, bayarlah pajak kendaraan bermotor tepat waktu sebelum waktu jatuh tempo.

Kemudian, janganlah menunggak pajak kendaraan bermotor bertahun-tahun karena hal tersebut akan berpengaruh pada legalitas kendaraan bermotor yang dimiliki.

Terlebih saat ini sudah tersedia layanan pembayaran pajak kendaraan online yang membantu pemilik kendaraan agar dapat membayar pajak tepat waktu. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *