Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa yang Bisa Dicoba

  • Whatsapp

Mahasiswa dituntut untuk bisa melakukan pengelolaan uang dengan baik. Bagi sebagian mahasiswa, uang kiriman dari orang tua belum tentu cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Selain mengandalkan uang orang tua, mahasiswa dapat mencari beasiswa atau mencari pekerjaan sampingan untuk mahasiswa.

Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

Pekerjaan sampingan atau part time job cukup diminati bagi kalangan mahasiswa. Dari pekerjaan ini, mahasiswa bisa menambah uang jajan atau bahkan membiayai kuliah mereka. Ada banyak pilihan pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan. Pekerjaan ini dapat dilakukan sembari menuntut ilmu. Berikut beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang dapat dijadikan pilihan:

1. Berjualan Online

Transaksi digital semakin berkembang. Banyak e-commerce dan media sosial yang dijadikan pilihan untuk menjual dan membeli barang kebutuhan. Permintaan barang melalui platform digital juga semakin meningkat dari hari ke hari. Kesempatan bagus ini dapat dijadikan pilihan para mahasiswa untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Mahasiswa dapat memulai berjualan secara reseller atau dropshipper. Barang yang murah dan banyak dibutuhkan perlu dipertimbangkan dalam pemilihan item yang akan dijual. Setelah itu, buat akun online shop di e-commerce dan media sosial seperti Instagram.

Buatlah postingan di sosial media yang menarik perhatian pembeli. Tambahkanlah beberapa postingan menarik diluar item yang dijual. Bangun hubungan yang baik dengan para konsumen. Promosi awal dapat dilakukan dengan menawarkan barang ke teman atau kerabat terdekat.

2. Barista dan Waitress

Pekerjaan sampingan yang satu ini juga cukup digemari. Banyak cafe atau tempat makan yang membuka lowongan part time sebagai barista atau waitress. Pekerjaan ini dapat dijadikan pilihan mahasiswa untuk mengisi waktu di antara padatnya kuliah.

Pekerjaan ini biasanya dilakukan dengan sistem shift sehingga tidak akan mengganggu waktu kuliah mahasiswa. Menjadi seorang barista dan waitress cukup asik dilakukan. Skill membuat kopi yang enak dan berkomunikasi dengan konsumen akan terasah.

3. Illustrator

Bagi para mahasiswa yang mempunyai bakat desain dapat mencoba pekerjaan sampingan yang satu ini. Seorang desainer grafis atau ilustrator banyak dibutuhkan di berbagai tempat. Tidak harus datang ke tempat tujuan, mahasiswa dapat membuka jasa pembuatan ilustrasi secara online. Banyak situs freelancer yang menyediakan tempat untuk mencari pekerjaan di bidang desain.

Selain di situs freelancer, para illustrator dapat menjual karyanya di situs microstock seperti Shutterstock, Freepik, atau Adobe Stock. Melalui situs-situs ini, mahasiswa dapat memperoleh penghasilan pasif. Yang semakin menarik, situs microstock memberikan bayaran dalam kurs dollar.

4. Content Creator dan Content Writer

Content creator dan content writer adalah dua pekerjaan yang banyak dibutuhkan akhir-akhir ini. Berkembangnya media sosial mengharuskan berbagai institusi, perusahaan, atau startup membangun image yang bagus di mata followers-nya. Membuat konten yang bagus adalah salah satu kebutuhan branding perusahaan tersebut.

Bagi mahasiswa yang kreatif dan suka memikirkan konsep yang out of the box, menjadi content creator dapat dijadikan pilihan. Content creator perlu memberikan produk konten yang atraktif untuk ditayangkan di Instagram, Youtube, atau media sosial lainnya. Sedangkan bagi mahasiswa yang suka menulis, dapat menjadi seorang part time content writer.

Sebagai content writer, mahasiswa akan diasah kemampuan menulisnya. Biasanya content writer diminta untuk membuat tulisan untuk blog atau website. Baik content creator dan content writer memiliki target untuk meningkatkan pengikut dan menjaga hubungan baik dengan mereka.

5. Tutor Bimbingan Belajar

Pekerjaan ini sangat terbuka bagi mahasiswa jurusan apapun. Bagi mahasiswa yang memiliki keterampilan mengajar dan bersedia membagikan ilmunya, pekerjaan ini sangat mendukung. Mahasiswa dapat menjadi tutor anak sekolah mulai dari SD hingga SMA. Modal yang dibutuhkan cukup ilmu yang dikuasai.

Mahasiswa dapat memilih mata pelajaran yang akan diajarkan. Jadwalnya pun dapat diatur sehingga tidak akan mengganggu waktu kuliah. Banyak bimbel yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk menjadi tutor. Jadi, mahasiswa perlu aktif mencari informasinya. Sambil berkuliah, ilmu yang didapatkan akan bermanfaat bagi orang lain.

6. Makeup Artist

Profesi ini juga banyak dilakoni oleh sebagian mahasiswa. Bagi yang senang bereksperimen dengan riasan, pekerjaan ini cocok untuk menambah uang bulanan. Peluang menjadi make up artist juga terbilang cukup bagus karena banyak orang yang membutuhkan jasa ini.

Mahasiswa dapat mempromosikan jasa make up artist-nya melalui instagram. Buat postingan berupa foto hasil karya make up. Untuk awalan, teman atau saudara dapat diminta untuk menjadi model riasan. Menjadi make up artist dapat dijadikan pilihan sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa tanpa mengganggu waktu kuliah.

7. Admin Media Sosial

Pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang senang berselancar di dunia maya selama berjam-jam. Banyak Lowongan part time admin yang terbuka sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Sebagai admin media sosial, mahasiswa dituntut untuk mengelola dan mengembangkan media sosial. Selain itu, admin media sosial juga harus update dengan tren terkini.

Admin media sosial perlu membangun interaksi yang harmonis dengan para followers. Di sinilah, mahasiswa belajar mengembangkan skill komunikasinya. Dengan memiliki pemikiran dan pengetahuan yang luas akan membantu untuk menjadi admin yang baik.

Beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa di atas dapat dicoba bagi yang memiliki minat. Dengan malakoni pekerjaan sampingan, mahasiswa akan mendapat pengalaman baru sekaligus uang tambahan bulanan. Namun, jangan lupa untuk tetap menjalani kewajiban berkuliah dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *