Persiapkan Pendidikan Abad 21 Guna Menghadapi Revolusi Industri 4.0

  • Whatsapp

Abad 21 merupakan abad yang modern dalam fase peradaban manusia.

Di mana pada abad ini terjadi revolusi industri 4.0, yaitu banyak tenaga manusia yang digantikan dengan tenaga robot. Untuk bisa bersaing, diperlukan perubahan tatanan pendidikan abad 21.

Read More

Persaingan manusia pada abad 21 tidak hanya berkompetisi dengan sesama manusia, tetapi juga dengan robot-robot ciptaan manusia itu sendiri, yang dinilai lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan segala jenis pekerjaan. 

Revolusi Industri sudah melewati beberapa fase, dan yang paling menantang adalah revolusi industri 4.0, di mana kemajuan teknologi semakin menggerus peradaban manusia.

Jika manusia tersebut tidak dibekali keahlian dan keterampilan bisa dipastikan akan terjadi banyak pengangguran. 

Hal yang Akan Terjadi pada Revolusi Industri 4.0 

Revolusi industri merupakan titik balik peradaban manusia. Khususnya revolusi industri 4.0, di mana teknologi menguasai sebagian besar bidang kehidupan. Oleh sebab itu, proses produksi meliputi manusia, data base,  dan robot. 

Menghasilkan produk di abad 21 menjadi lebih efektif dengan penggunaan robot, jumlah produk yang dihasilkan menjadi lebih banyak dan berkualitas karena bisa meminimalisir produk yang cacat. Berbeda dengan penggunaan tenaga manusia yang rentan terjadi kesalahan. 

Dengan demikian, revolusi industri 4.0 menjadikan manusia harus bisa meningkatkan keahliannya agar dapat bersaing dengan robot-robot tersebut. Terutama kemampuan untuk mengelola big data. Pendidikan abad 21 harus berbasis teknologi untuk menghadapi hal-hal tersebut. 

Komputer merupakan salah satu inovasi yang sangat revolusioner pada peradaban manusia.

Semua pekerjaan akan lebih mudah bila menggunakan sistem komputer. Komputer pun mampu diandalkan dalam pengolahan big data.  Khususnya pada abad 21, sistem komputer terus dirancang untuk menyempurnakan sistem yang sebelumnya. 

Hal-hal yang Harus Disiapkan untuk Pendidikan di Abad 21 

Melihat fenomena yang akan terjadi pada revolusi industri 4.0 di abad 21.

Manusia sebagai brainware harus mampu bersaing dengan robot-robot yang berbasis sistem komputer tersebut.

Oleh sebab itu, pendidikan abad 21 harus mempersiapkan hal-hal berikut ini, untuk menghadapi tantangan tersebut. Berikut diantaranya:

1. Pendidikan Berbasis Teknologi 

Salah satu faktor yang dapat membantu berjalannya revolusi industri 4.0 adalah menciptakan manusia yang ahli dan paham dalam bidang teknologi. Oleh sebab itu, pentingnya untuk menciptakan kurikulum pendidikan yang berbasis teknologi komputer, serta perakitannya. 

2. Pendidikan Berbasis Kreativitas 

Pada abad 21, sumber daya alam mengalami penyusutan persediaan atau kelangkaan. Oleh sebab itu, kreativitas merupakan sumber daya yang dapat diandalkan. Itulah sebabnya, pada saat ini pemerintah mendukung banyak perkembangan industri kreatif ini. 

3. Pemberian Keterampilan Pengolahan Database 

Manusia sebagai pelaku utama pergerakan revolusi industri. Khususnya untuk revolusi industri 4.0, di mana manusia menjadi pelaku utama pengolahan data base. Oleh sebab itu, pendidikan abad 21 harus memberikan keterampilan terhadap pengolahan database. 

4. Menjadikan Brainware Sebagai Pelaku Utama Industri 

Secanggih apa pun sebuah mesin tanpa didukung oleh brainware yang cakap dan ahli dalam penggunaan teknologi, tidak akan memberikan dampak yang positif. Itulah sebabnya, untuk memaksimalkan sistem komputer pada revolusi industri, harus didukung oleh manusia yang cakap dan terampil. 

5. Mengubah Kurikulum Pendidikan yang Lama 

Semua mata pelajaran yang menyangkut kurikulum yang lama harus diperbaharui dengan menggunakan kurikulum yang baru.

Di mana kurikulum tersebut dibekali dengan penggunaan teknologi serta rekayasa penciptaannya.

Pendidikan harus lebih menitikberatkan pada rekayasa pembangunan yang berbasis teknologi, serta konsep diciptakan teknologi yang baru. 

Pentingnya untuk melakukan perubahan pendidikan abad 21 dengan beberapa hal yang harus dilakukan perombakan pada sistem pendidikan, agar bisa menciptakan manusia yang berkualitas serta mampu menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. 

Perubahan Revolusioner Pendidikan di Abad 21 

Revolusi industri 4.0 menyangkut 3 komponen yaitu yang dapat berjalannya industri tersebut, meliputi manusia, robot, dan big data. 

Dalam sistem pendidikan abad 21 ini sangat dibutuhkan perubahan yang revolusioner. Salah satunya dengan sistem pendidikan yang berbasis teknologi. 

Kemajuan teknologi merupakan kemampuan untuk mengelola sumber daya dengan menggunakan mesin yang modern. Secanggih apa pun mesin tersebut membutuhkan manusia untuk proses inputnya. 

Sebagai brainware atau input sistem pada mesin yang canggih diperlukan keterampilan manusia yang ahli dalam bidangnya. Membentuk manusia yang ahli tersebut dibutuhkan pendidikan untuk mencetak keterampilan manusia yang lebih kompetitif. 

Dari fase revolusi industri yang pertama, peradaban manusia mengalami perubahan. Termasuk dalam hal ini menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Oleh sebab itu, pendidikan tidak hanya menyangkut kaidah-kaidah pendidikan terdahulu. Tetapi juga menyangkut teknologi serta penciptaannya. 

Baca Juga: Pentingnya Teknologi Industri Pertanian Untuk Ketahanan Pangan Umat Manusia

Titik Balik Peradaban Manusia di Abad 21

Revolusi industri abad 21 merupakan titik balik peradaban manusia menuju peradaban yang lebih modern, di mana penggunaan teknologi sebagian besar digunakan dalam bidang kehidupan.

Semua proses industri didukung mesin yang canggih. Itulah sebabnya harus memperhatikan sistem pendidikan abad 21 yang berbasis teknologi. 

Tenaga-tenaga manusia digantikan oleh penggunaan robot yang berbasis sistem komputer.

Penggunaan robot tersebut dianggap lebih cakap dan terampil dalam menyelesaikan semua pekerjaan industri. Penggunaan robot dinilai lebih efisien untuk menghasilkan barang industri yang lebih maksimal. 

Oleh sebab itu, revolusi industri 4.0 merupakan titik balik peradaban manusia yang modern. Diprediksi ke depannya, penggunaan robot akan merambah semua bidang kehidupan.

Sistem komputer akan menguasai kemampuan pikiran manusia. Manusia akan sangat bergantung sepenuhnya dengan penggunaan sistem komputer. 

Itulah sebabnya, dikatakan titik balik peradaban manusia. Manusia yang tidak mampu beradaptasi dengan zaman akan tereliminasi secara alami.

Manusia yang mampu beradaptasi adalah manusia yang membekali dirinya dengan berbagai keahlian penggunaan teknologi dan terutama adalah kepribadian yang unggul dan berdaya saing. 

Pendidikan abad 21 harus menciptakan manusia yang mampu untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Dalam hal ini, adalah penggunaan teknologi yang berbasis komputer. Oleh sebab itu, kurikulum pendidikan yang seharusnya digalakkan adalah keahlian penggunaan komputer. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *