6 Aplikasi Belajar Online untuk Menunjang Pendidikan Daring di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Pendidikan sangat penting bagi bangsa dan kehidupan manusia. Biasanya pembelajaran dalam sebuah pendidikan dilakukan di gedung sekolah atau universitas. Namun, ada kalanya hal tersebut tidak bisa dilaksanakan karena beberapa faktor dan alasan. Salah satunya ialah karena ada pandemi seperti saat ini. Maka, sebagai penggantinya, diadakan pendidikan daring di masa pandemi.

Pendidikan tetap harus jalan meski tak bisa dilaksanakan langsung di gedung sekolah, bagaimanapun caranya. Namun, karena saat ini sudah masuk era digital yang mana semuanya canggih. Hal ini tak menjadi suatu hambatan yang besar. Sebab, sudah tersedia banyak aplikasi untuk belajar online yang dapat membantu pendidikan daring saat pandemi ini.

1. Google Classroom

Aplikasi belajar online yang satu ini sepertinya sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Banyak siswa dan guru yang sudah menggunakan aplikasi google classroom untuk dijadikan media pendidikan daring di masa pandemi. Bagi yang belum memakai ini, aplikasi google classroom bisa dijadikan pilihan untuk belajar daring.

Tampilannya yang sederhana dan cara penggunaannya yang mudah membuat aplikasi ini digemari oleh banyak orang. Di dalam aplikasi google classroom, dapat membagikan materi pembelajaran dalam bentuk pdf, video, atau tautan yang bisa diakses. Tugas-tugas yang diberikan pun bisa dikumpulkan melalui aplikasi google classroom.

Kelebihan google classroom lainnya dapat membuat tenggat waktu pada pengiriman tugas, sehingga siswa akan tetap disiplin dalam mengerjakan tugas. Cara mengirim tugasnya pun sangat mudah, sehingga siswa tak akan kesulitan dalam mengirim tugas. Dalam google classroom, guru bisa membuka beberapa kelas. Oleh karena itu, kelas yang dibuat pun tak terbatas.

2. Quipper

Quipper juga sering dipakai untuk menunjang pendidikan daring saat pandemi seperti ini. Fitur-fitur yang tersedia di Quipper cukup bervariasi, sehingga dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran daring. Terdapat banyak sekali video dan soal-soal yang bisa diakses oleh siswa dan guru untuk dijadikan bahan belajar daring.

Ada fitur yang menarik lainnya di dalam Quipper, yaitu Bimbel atau bimbingan belajar. Fitur bimbingan belajar ini berguna untuk membuat jadwal atau waktu rencana belajar. Serta akan disesuaikan dengan kebutuhan. Fitur lainnya ialah tanya tutor, disini bisa digunakan untuk melakukan tanya jawab seputar informasi yang memang sedang dibutuhkan.

3. Edmodo

Aplikasi untuk belajar secara online untuk dapat menunjang pendidikan daring di masa pandemi berikutnya ialah Edmodo. Di Indonesia, mungkin Edmodo namanya tak seramai google classroom. Hal ini terjadi karena Edmodo lebih banyak digunakan oleh siswa dan guru di Amerika. Namun, ada beberapa sekolah juga di Indonesia yang sudah menggunakan aplikasi Edmodo.

Meski jarang terdengar di Indonesia, Edmodo memiliki banyak fitur-fitur yang dapat memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan pendidikan daring. Salah satunya ialah guru dapat membagikan tugas, materi, dan lainnya dengan sangat mudah. Namun, di Edmodo, siswa hanya bisa mengakses ketika guru memberikan undangan masuk ke dalam kelas belajar di Edmodo.

4. Zoom

Jika ingin menggunakan media yang bisa menyampaikan materi secara langsung melalui rekaman video bisa menggunakan aplikasi Zoom. Sudah banyak siswa dan guru di Indonesia yang menggunakan aplikasi Zoom untuk melaksanakan pendidikan daring saat pandemi. Aplikasi video ini lebih mudah diakses dan kuota yang digunakan tak sebanyak aplikasi video yang lainnya.

Di aplikasi Zoom juga terdapat fitur share screen yang dapat menunjang pembelajaran di Zoom. Dengan begitu, siswa tak hanya bisa mendengarkan guru menjelaskan materi. Namun, juga bisa melihat materi yang disajikan dalam bentuk power point dan lain-lain. Hal itu bisa membuat siswa tak merasa bosan saat dengan belajar daring.

5. Moodle

Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment atau yang biasa dikenal dengan nama Moodle ini bisa digunakan sebagai aplikasi belajar online. Moodle dapat diakses dengan mudah oleh siswa dan guru. Di dalam Moodle, guru bisa memberikan tugas, kuis, dan materi pembelajaran untuk siswanya.

Untuk menggunakan aplikasi Moodle, cukup dengan log in ke akun Moodle, siswa dan guru dapat langsung mengakses Moodle. Namun, perlu diingat, jangan lupa daftarkan atau membuat kelas online di aplikasi Moodle. Aplikasi Moodle dapat diunduh secara gratis di google play store. Moodle sudah terpercaya, sebab sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan ulasan yang baik.

6. Sevima Edlink

Aplikasi belajar online terakhir yang bisa digunakan ialah Sevima Edlink. Hampir sama seperti zoom, aplikasi Sevima Edlink menyajikan sarana belajar dalam bentuk video langsung. Maka, sejauh apapun jarak antara siswa dan guru, tak akan menjadi masalah untuk tetap belajar secara tatap muka meski hanya melalui media digital.

Aplikasi ini dapat meminimalisir terjadinya terlambat bergabung di dalam kelas, karena adanya jadwal pengingat untuk semua siswa. Tak hanya berbasis video, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membuat kuis, melakukan pemeriksaan laporan, dan lain-lain.

Demikian 6 aplikasi belajar online untuk menunjang pendidikan daring di masa pandemi saat ini. Apapun permasalahannya, pendidikan tetap harus dilaksanakan, untuk tetap dapat mencerdaskan generasi penerus bangsa. Semoga ulasan mengenai aplikasi belajar online ini bisa menjadi referensi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *