Mengenal Pendidikan Luar Sekolah, Manfaat Serta Kelebihanya

  • Whatsapp

Sejauh ini untuk melaksanakan sebuah pendidikan pasti diselenggarakan dalam sebuah lembaga bernama sekolah.

Pendidikan yang diselenggarakan dalam lembaga bernama sekolah ini disebut sebagai pendidikan formal.

Read More

Di luar itu, ada juga yang diselenggarakan di luar pendidikan formal yang dikenal dengan Pendidikan Luar Sekolah (non formal).

Apa Itu Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan Luar Sekolah didefinisikan sebagai pendidikan yang dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal atau di luar lembaga bernama sekolah.

Dalam pendidikan non formal ini menggunakan sebuah kurikulum yang dirancang untuk mendidik warga sehingga memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan.

Penyelenggaraan pendidikan non formal ini diperuntukkan bagi warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pendidikan. Tujuan penyelenggaraannya untuk melengkapi pendidikan formal atau pendidikan sekolah.

Adanya pendidikan non formal ini bisa dalam bentuk pelatihan atau kursus pada bidang-bidang tertentu yang diajarkan selain di sekolah. Peserta didiknya juga lebih luas dan tidak terbatas umur.

Keberadaan pendidikan non formal ini memungkinkan para peserta didiknya untuk tetap belajar dan mengembangkan keterampilannya. Konsep pendidikan non formal ini sangat positif dan diajarkan secara efektif untuk semua peserta didiknya di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Peran Pendidikan Luar Sekolah

Ada tiga peran yang dilakoni oleh pendidikan non formal atau luar sekolah. Peran dari pendidikan non formal ini memiliki karakter atau ciri-ciri tertentu yang berbeda satu sama lain.

Kemudian pendidikan non formal ini dikembangkan menjadi beberapa kegiatan yang sesuai dengan karakter atau ciri tersebut. Berikut ini tiga peran pendidikan non formal selain di sekolah tersebut:

1. Sebagai Pengganti Pendidikan Sekolah

Keberadaan dan peran pendidikan non formal dapat menjadi pengganti pendidikan sekolah. Maksudnya adalah penyelenggaraan pendidikan luar sekolah ini bisa disetarakan dengan pendidikan sekolah. Contoh yang paling konkrit dari karakteristik ini adalah penyelenggaraan program kejar Paket A, B, dan C.

Penyelenggaraan program kejar paket ini disetarakan dengan pendidikan sekolah pada umumnya yang ditujukan untuk masyarakat tertentu.

Masyarakat yang memiliki keterbatasan terutama perihal pendanaan bisa mengikuti program kejar paket ini agar tetap memperoleh pendidikan yang setara dengan pendidikan di sekolah.

2. Sebagai Penambah Pendidikan Sekolah

Pendidikan non formal selain sekolah juga dapat menambah pengetahuan yang sudah didapatkan melalui pendidikan di sekolah.

Pendidikan ini diselenggarakan untuk memberikan tambahan pengetahuan atau keterampilan yang didapatkan di sekolah. Contoh penyelenggaraan pendidikan di luar sekolah ini adalah kegiatan les privat, les musik, dan sejenisnya.

Dalam pelaksanaan les privat atau les musik tidak menggantikan pendidikan sekolah. Justru dengan penyelenggaraan les privat, training, dan sejenisnya dilakukan dengan menyesuaikan apa yang sudah diterima di sekolah.

Kemudian dengan adanya les dan kegiatan semacam ini dilakukan dengan memberikan tambahan ilmu pengetahuan, bisa berupa latihan soal yang intensif misalnya.

3. Sebagai Pelengkap Pendidikan Sekolah

Selain menambah pengetahuan dari pendidikan sekolah, pendidikan di luar sekolah juga bisa berperan sebagai pelengkap dari pendidikan di sekolah.

Pengetahuan yang didapatkan dari dalam sekolah tentu masih sangat terbatas. Dengan adanya pendidikan di luar sekolah membuat peserta didik dapat semakin meningkatkan kualitasnya sebagai manusia.

Contoh pendidikan di luar sekolah sebagai pelengkap antara lain kursus atau pelatihan. Biasanya kursus atau pelatihan ini tidak berkaitan langsung dengan pelajaran-pelajaran di sekolah.

Namun, adanya kursus atau pelatihan ini dapat mendukung proses pendidikan di sekolah menjadi lebih baik. Adanya kursus atau pelatihan ini juga akan mengembangkan kemampuan manusia dari pengetahuan atau keterampilan yang tidak didapatkannya di sekolah.

Manfaat Adanya Pendidikan Luar Sekolah

Kegiatan di luar sekolah ini memberikan manfaat yang sangat besar terhadap Indonesia. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diciptakan dengan adanya penyelenggaraan pendidikan di luar sekolah.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Peserta didik yang turut bergabung dengan program pendidikan ini akan merasakan adanya peningkatan pada rasa percaya dirinya.

Tergabung dengan pendidikan di luar sekolah bisa membuat peserta didiknya untuk mendapatkan pendidikan yang setara dengan materi murid sekolah formal, sesuai dengan peran pendidikan di luar sekolah sebagai pengganti pendidikan sekolah.

Adanya pendidikan di luar sekolah ini juga bisa menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat akan pendidikan tetapi terhalang oleh keterbatasan.

Masyarakat yang mengikuti pendidikan di luar sekolah akan mendapatkan materi pelajaran yang setara dengan pendidikan di sekolah. Sehingga akan menciptakan masyarakat yang memiliki daya saing yang setara dengan para siswa di sekolah formal.

2. Mengembangkan Bakat yang Dimiliki

Pelaksanaan pendidikan di luar sekolah juga dapat mengembangkan bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Sebagai contoh seorang anak yang mengikuti les musik di luar jam sekolah akan mendapatkan tambahan pelajaran bermusik dari seorang guru lesnya. Meskipun sebetulnya dalam pelajaran di sekolah juga terdapat materi pelajaran bermusik.

Namun, adanya keterbatasan jam belajar di sekolah membuat perkembangan bakat anak terhadap musik tersebut menjadi terbatas juga. Sehingga keberadaan les musik dapat semakin meningkatkan bakat yang sudah dimiliki anak tersebut dari apa yang sudah dipelajarinya di sekolah.

Baca Juga: Tujuan Pendidikan Islam yang Harus Diketahui Oleh Setiap Muslim

3. Menciptakan Generasi Berdaya Saing Tinggi

Adanya pendidikan non formal ini akan menciptakan generasi yang berdaya saing tinggi. Hal ini bisa terjadi karena pendidikan non formal selain sekolah tidak memiliki kurikulum terikat yang membuat semua siswa mendapatkan pelajaran sama rata.

Pendidikan non formal menggunakan kurikulum yang melihat potensi dan kemampuan siswanya, sehingga siswa yang mengikuti bisa berkembang dengan maksimal.

Adanya pendidikan non formal terbukti memberikan manfaat bagi pendidikan di Indonesia.

Penyelenggaraan pendidikan luar sekolah dapat menjadi solusi untuk memeratakan pendidikan. Pendidikan non formal juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan individu siswanya semakin tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *