5 Perbedaan Tabungan dan Investasi, Milenial Wajib Tahu!

  • Whatsapp

Bagi seorang milenial, hal yang mesti dipersiapkan untuk masa depan tentunya adalah persiapan keuangan. Sangat banyak milenial masa kini yang sudah memiliki pikiran tentang bagaimana cara mengelola keuangan untuk masa depan. Banyak yang tertarik mengelola keuangannya dengan cara menabung atau berinvestasi. Namun tahu kah bahwa ternyata ada perbedaan tabungan dan investasi yang harus dipahami?

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Sepintas, antara investasi dan tabungan adalah sama-sama merupakan kegiatan menyimpan uang. Namun, sebelum memutuskan untuk menyimpan uang dengan cara menabung atau berinvestasi, milenial harus tahu dulu apa perbedaan keduanya. Mari kita coba membedah kedua hal tersebut menurut definisi masing-masing.

Apa itu Investasi?

Umumnya, investasi merupakan kegiatan penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perseorangan dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh sebuah imbal balik yang lebih besar di masa depan. Sebenarnya ada banyak aktivitas investasi, tergantung dari jumlah dana dan tujuan dari investasi tersebut.

Secara sederhana, investasi merupakan cara untuk mengembangkan jumlah uang atau harta yang dimiliki saat ini dengan tujuan tertentu untuk masa depan, seperti ingin membangun rumah, menyekolahkan anak, membuka usaha, atau mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin.

Ada hal yang harus diperhatikan dalam berinvestasi, yakni memiliki tujuan yang jelas, menilai seberapa banyak modal yang dipersiapkan, serta memahami risiko pada diri sendiri sebagai investor dan jenis investasi apa yang akan diambil.

Apa itu Tabungan?

Umumnya, tabungan merupakan sebuah tindakan menyimpan uang secara sadar yang diperoleh dari pendapatan yang tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari atau lainnya. Simpanan uang tersebut juga dapat digunakan dan diambil kapan saja tanpa diikat oleh perjanjian dan batas waktu tertentu. Jenis tabungan yang paling marak digunakan adalah menabung di Bank.

Ada banyak jenis tabungan yang ada dan dapat digunakan sesuai dengan tujuang menabung itu sendiri. Di antaranya :

  • Konvensional yakni tabungan yang umum digunakan yang biasanya berupa buku tabungan, kartu debit, layanan bangking, dll.
  • Haji yakni tabungan yang dipersiapkan untuk seseorang yang merencanakan menunaikan ibadah haji di masa depan.
  • Tabungan anak yakni tabungan untuk yang ingin mengajarkan anak menabung sejak usia dini agar kelak memiliki kebiasan menabung di masa depannya.

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Setelah paham tentang definisi tabungan dan investasi, maka langsung saja untuk menjelaskan apa perbedaan antara tabungan dan investasi tersebut agar bagi yang ini mengelola keuangannya tidak salah pilih dan tergantung pada tujuan pengelolannya. Tidak ada larangan untuk memilih antara ingin menabung atau berinvestasi, keduanya di perbolehkan sekaligus atau pemilik ingin mencoba salah satunya saja.

1. Segi Risiko

Jika ingin memilih untuk menabung saja, maka pemilik uang tersebut terhindar dari risiko besar, karena tempat penyimpanan uangnya sudah terpercaya dan aman. Maka jika memutuskan untuk menabung di bank, pemilik tabungan uang akan menikmati bunga tabungan secara tahunan, tetapi jumlah bunganya tidak terlalu besar.

Jika memilih untuk berinvestasi, keuntungan yang ditawarkan oleh investor (sebutan orang yang berinvestasi) akan jauh lebih besar dibandngkan bunga tabungan. Uang yang disimpan untuk investasi, memiliki keuntungan pertambahan uang yang sangat besar, akan tetapi semakin besar pula risiko yang ditanggung oleh investor. Bahkan, kemungkinan uang tersebut akan hilang total juga ada.

2. Segi Kemudahan Akses

Perbedaan tabungan dan investasi selanjutnya adalah masalah kemudahan akses, jika milenial memilih untuk menyimpan uangnya dengan cara menabung di bank, maka keuntungan yang didapat adalah pemilik uang bisa menarik uang yang disimpan tersebut sewaktu-waktu jika sangat dibutuhkan. Sementara untuk yang memilih berinvestasi, biasa ada jangka waktu tertentu agar bisa pencarian dana dilakukan.

3. Segi Tenggat waktu

Seperti yang telah dijellaskan di atas, ada perbedaan tenggat waktu antara menabung dan berinvestasi. Jika memilih untuk menabung, artinya ada tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang bisa diperoleh oleh pemilik tabungan. Sedangkan, untuk memilih investasi, pemilik hanya akan memperoleh keuntungan jangka panjang saja.

4. Segi Instrumen

Instrumen yang digunakan untuk pemilik uang yang memilih menabung,  maka terdapat instrumen atau jenis tabungan yang bisa digunakan seperti :

  • Bank konvensional
  • Berjangka
  • Pelajar
  • Online
  • Pensiun
  • Giro

Sedangkan yang memilih untuk menyimpan uang dalam bentuk investasi, maka akan bisa melakukannya lewat instrumen seperti :

  • Properti
  • Reksadana
  • Emas
  • Obligasi
  • Saham
  • Deposito online

5. Kelebihan dan Keuntungan

Dalam menabung, uang yang disimpan dalam tabungan tidak akan tumbuh secara signifikan sedangkan dalam berinvestasi, memiliki peluang pertumbuhan uang yang sangat signifikan. Hal ini tentu merupakan keuntungan bagi yang memilih berinvestasi. Sedangkan, kekurangannya yakni berinvestasi ternyata memerlukan kecakapan dalam melihat situasi pasar, dan bagi yang menabung, tentu terbebas dari risiko besar.

Nah, itulah 5 perbedaan tabungan dan investasi yang wajib untuk diketahui. Bagi yang ingin mempersiapkan keuangan di masa depan, sangat disarankan untuk menabung uang dengan dua jalan di atas. Jadi, tentukan pilihan mulai sekarang, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *