7 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Masa Pandemi yang Harus Dilakukan

  • Whatsapp
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Masa Pandemi

Kondisi sekarang harus diperhatikan dengan baik untuk jalankan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi. Pasalnya pandemi yang belum berakhir ini menuntut orang-orang untuk siap pada kondisi yang terjamin baik kebersihan juga kesehatannya. Agar bisa tetap menjaga kondisi tubuh dan memaksimalkan diri untuk menghindari virus. Apa saja yang dijalankan terkait perilaku hidup bersih dan sehat ini?

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Pada situasi pandemi saat ini maka orang-orang harus memperhatikan pola makan yang dikonsumsinya. Makanan sehat juga bergizi merupakan asupan yang harus masuk ke tubuh untuk mencegah virus. Dengan kondisi tubuh yang sehat juga tercukupi kebutuhan asupan makanan ini menciptakan kekebalan tubuh.

Adapun makanan sehat dan bergizi yang biasanya dikonsumsi seperti sayur, buah-buahan, daging, ikan dan lainnya. Bisa juga ditambahkan dengan mengkonsumi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Minum susu, jus buah juga bisa membantu menutrisi tubuh supaya lebih baik lagi.

2. Sering Mencuci Tangan

Berikutnya untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi yaitu dengan dengan melakukan cuci tangan secara teratur. Penggunaan sabun dan cuci tangan di air mengalir wajib dilakukan. Pasalnya virus dan bakteri yang menempel di berbagai tempat akan tersentuh area tangan.  Agar tidak terkontaminasi maka tangan harus segera dibersihkan dengan baik dan benar.

Mencuci tangan ini bisa mencegah penularan virus ataupun memutus mata rantai bakteri. Dimana benda-benda yang tersentuh pada area tangan bisa menjadi penyebab penyakit. Jika ingin menjaga kondisi tubuh tetap sehat maka bisa rutin mencuci tangan.

3. Olahraga yang Teratur

Berikutnya untuk bisa menjalankan olahraga secara teratur. Pasalnya aktivitas olahraga bisa memberikan efek sehat pada tubuh, dimana otot dan sendi bergerak dengan baik. Untuk bisa meminimalisir badan yang kaku dan kurang sehat. Dengan aktivitas olahraga teratur ini mengajak tubuh untuk tetap dalam kondisi prima.

Olahraga bisa dilakukan di dalam rumah dengan memilih aktivitas olahraga ringan. Bisa dilakukan selama kurang lebih 30 menit per harinya. Dengan begitu tubuh akan bugar serta terjaga kesehatannya.

4. Ciptakan Kondisi Lingkungan yang Bersih

Perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi memang harus diutamakan, yaitu dengan menciptakan kondisi bersih pada lingkungan sekitar. Dengan adanya tempat bersih maka kesehatan pun akan terjaga, pasalnya lingkungan bersih akan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu pula, lingkungan bersih juga sangat baik untuk bisa menciptakan kondisi fresh dan alami.

Misalnya saja dengan bersih lingkungan secara bersama, menata tempat sekitar agar nyaman. Bisa dengan memilah tempat pembuangan sampah agar lebih tertib. Dengan adanya lingkungan yang bersih juga bisa menciptakan kondisi yang sehat secara sempurna.

5. Menghindari Stres

Berikutnya untuk bisa menciptakan kondisi yang sehat maka bisa dengan menghindari stres. Pasalnya jika seseorang sudah merasa stres maka akan berpengaruh kepada kesehatan secara fisik maupun jiwa. Maka dari itu, jika aktivitas atau pekerjaan menyita waktu dan membuat stres bisa langsung meminimalisirnya.

Bermeditasi dan melakukan aktivitas fisik yang tenang dan damai juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari stres. Selain itu pula, bisa melakukan kegiatan yang sederhana dan mudah agar tidak menimbulkan stres. Jadi tubuh dan jiwa tetap terjaga kesehatannya selama pandemi dan meningkatkan imunitas.

6. Cukup Waktu Istirahat

Cobalah untuk memberikan cukup waktu istirahat bagi tubuh. Yaitu dengan menghindari aktivitas begadang. Tidur harus cukup yaitu 8 jam  sehari agar kondisi tubuh tetap terjaga dan tidak  kelelahan. Dengan begitu, tubuh akan semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit karena istirahat yang terpenuhi.

Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi ini pastinya akan mendukung tubuh untuk tetap bugar. Waktu istirahat ini menjadi faktor penting agar tubuh bisa terkontrol dengan baik. Sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit dan imunitas tubuh tetap terjaga dengan adanya kondisi yang baik.

7. Hindari Berkerumun dan Jaga Jarak Aman

Berikutnya untuk bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat maka hindari berkerumun saat pandemi. Pasalnya ketika berkerumun akan semakin memicu bertemu banyak orang, virus cepat menyebar melalui droplet. Maka dari itu, hindari berada di kerumunan dan jaga jarak saat di tempat umum, agar terhindar dari virus.

Jangan lupa pula untuk menggunakan masker pada kondisi di luar rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya melakukan pencegahan untuk penularan virus yang terjadi saat pandemi. Jadi setiap orang harus tetap waspada dan wajib menjalankan pola hidup sehat juga bersih secara teratur.

Beberapa perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi ini merupakan benteng imunitas tubuh yang terbaik. Pasalnya tubuh bisa merespon segala hal yang terjadi jika terjangkit virus atau bakteri, maka kondisikan tubuh dengan baik. Agar bisa tetap sehat dan imunitas selalu terjaga untuk bisa berperilaku hidup sehat baik secara fisik dan jiwa di tengah pandemi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *