Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi di Dunia dan di Indonesia

  • Whatsapp

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi komunikasi ikut berkembang dengan pesat. Di mana alat komunikasi memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dunia.

Dengan tujuan untuk melakukan komunikasi dengan keluarga maupun kerabat yang memiliki jarak yang jauh. Salah satunya adalah dengan menggunakan telepon genggam untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Read More

Teknologi Komunikasi di Dunia dan Perkembangannya

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa perkembangan teknologi komunikasi memang berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan tersebut dimulai pada tahun 3000 sebelum masehi.

Di mana manusia mencoba untuk berkomunikasi dengan sesama melalui simbol-simbol dan juga bahasa isyarat. Namun perkembangan selanjutnya sudah mulai menggunakan alat.

Alat-alat yang dimaksud ini merupakan alat yang bisa menghasilkan bunyi dan isyarat seperti pemberian peringatan terhadap bahaya. Sedangkan untuk alat yang menghasilkan bunyi ini seperti gendang dan terompet.

Namun teknologi yang digunakan tersebut semakin berkembang lagi, di mana masyarakat sudah menggunakan burung merpati sebagai alat untuk berkomunikasi.

Selain burung, sudah pula diberlakukan telegraf, telegram, dan surat menyurat untuk bertukar kabar dengan kerabat dan keluarga. Seiring dengan berjalannya waktu, mulai muncul yang dinamakan email dan juga telepon.

Namun pada waktu ini masih menggunakan telepon umum yang memberikan biaya tarif. Di mana biaya tarif yang diberikan ini berdasarkan dengan jumlah karakter yang dimasukkan.

Sehingga waktu terus berjalan dan telepon umum sudah berubah menjadi telepon genggam. Akan tetapi telepon genggam tersebut masih memiliki ukuran yang kecil dimana hanya bisa mengirim SMS dan menelpon.

Hingga tiba di zaman modern, telepon genggam sudah memiliki ukuran yang bervariasi. Selain itu, memiliki kegunaan yang banyak seperti untuk memotret atau video dan bermain sosial media.

Perjalanan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Seiring perkembangan teknologi komunikasi yang ada di dunia, negara Indonesia juga mengalami perkembangan teknologi komunikasi.

Di mana perkembangan teknologi yang ada di negara Indonesia bisa dilihat dari banyaknya jenis teknologi yang ada. Mulai dari teknologi tradisional hingga modern. Yuk simak ulasan lengkap mengenai perkembangan teknologi komunikasi yang ada di Indonesia.

1. Teknologi Komunikasi Tradisional

Berbeda halnya dengan perkembangan teknologi di Indonesia yang dimulai dari masa kerajaan.

Di mana media komunikasi yang digunakan oleh masyarakat pada zaman tersebut adalah dengan menggunakan batu, bambu, kayu, dan juga lontar. Selain itu, media komunikasi yang digunakan masyarakat ini berasal dari tulisan yang menggunakan bahasa Sansekerta.

2. Teknologi Komunikasi Mesin Cetak

Mesin cetak ini ditemukan pada tahun 1688 oleh pemerintah Hindia Belanda yang kemudian membawa masuk ke negara Indonesia. Adapun cetakan pertama dari mesin ini berupa surat kabar.

Dalam surat kabar itu berisi sebuah perjanjian. Setelah kemunculan dari surat kabar ini, selanjutnya diterbitkan sebuah iklan. Namun iklan yang diterbitkan pada waktu itu berisi sebuah pembelaan.

3. Teknologi Komunikasi Telegraf

Untuk teknologi komunikasi yang satu ini ditemukan pada tanggal 23 Oktober 1855 dan mulai dibuka oleh pemerintah Hindia Belanda.

Kegunaan telegraf pada waktu itu dijadikan sebagai penghubung antara Batavia dan Buitenzorg (Bogor). Selanjutnya telegraf ini sudah memiliki kantor sebanyak 28 yang kemudian dikembangkan dengan adanya kabel komunikasi di bawah laut.

4. Teknologi Komunikasi Telepon

Tepat pada tanggal 16 Oktober 1882 teknologi komunikasi berupa telepon ini digunakan di negara Indonesia loh.

Ternyata kemunculan telepon di Indonesia sudah lama yang ditandai dengan adanya jaringan telepon lokal yang menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok. Selanjutnya, dua tahun kemudian jaringan telepon ini sudah mulai dibangun di Semarang dan juga Surabaya.

5. Teknologi Komunikasi Telepon Genggam

Selanjutnya adalah telepon genggam yang digunakan sebelum masa reformasi dengan jumlah pelanggan mencapai 800.000 pengguna.

Pada tahun 1984 telepon genggam masih berbasis NMT dan pada tahun 1985 sudah berbasis AMPS. Namun di tahun 1993 telepon genggam ini sudah berbasis GSM dan merangkak ke tahun 2000-an telepon genggam kini berbasis CDMA.

6. Teknologi Komunikasi Radio

Perkembangan teknologi komunikasi selanjutnya adalah menggunakan siaran radio yang didirikan pada tanggal 16 Juli 1925. Seiring perkembangan zaman muncullah berbagai stasiun radio swasta yang lainnya.

Untuk radio siaran pada waktu itu harus dikembangkan berdasarkan peraturan. Karena radio siaran ini dibawa pimpinan pemerintah orde baru. Namun pada tahun 2015, peningkatan jumlah stasiun radio menjadi 674 stasiun.

7. Teknologi Komunikasi Televisi

Selain teknologi komunikasi menggunakan suara yang berasal dari radio, selanjutnya sudah ada gambar dan suara yang didapat dari televisi.

Namun gambar pada televisi masih dimulai dari warna hitam putih dengan channel populer yaitu TVRI dan RCTI. Selanjutnya, warna dari gambar televisi sudah berwarna dan memiliki banyak channel yang bisa dijadikan hiburan pada waktu yang luang.

8. Teknologi Komunikasi Komputer

Ada pula perkembangan teknologi komunikasi yang dinamakan komputer yang muncul pada tahun 1967.

Sampai akhirnya teknologi ini sudah banyak yang meminta untuk pemasangan untuk menggunakan perangkat komputer. Di awal tahun 2000-an, komputer ini sudah dilengkapi dengan CPU, RAM, dan jaringan dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Faktor Yang Menjadi Latar Belakang Pendidikan serta Tujuan dan Fungsi Pendidikan

9. Teknologi Komunikasi Dengan Menggunakan Internet

Kemunculan internet ini dimulai pada tahun 1984 namun masih menggunakan sebuah alat yang dinamakan pesawat radio.

Hingga di tahun 2009 internet ini sudah menghubungkan lebih dari 15.000 sekolah. Karena memang kehadiran internet ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang pendidikan.

Itulah beberapa informasi mengenai sejarah perkembangan teknologi komunikasi baik di dunia maupun di Indonesia.

Karena teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi memang sangat dibutuhkan khususnya di zaman modern ini. Sehingga bisa mengetahui kabar dari kerabat maupun keluarga yang jauh atau dekat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *