Ketahui Pinjaman UMKM Online Pemerintah Untuk Bisnis Menjanjikan

  • Whatsapp
Pinjaman UMKM Online Pemerintah

Pinjaman UMKM online pemerintah menjadi salah satu solusi terbaik bagi para pebisnis kecil yang ingin mengembangkan usahanya. Bisa dibilang, dana segar yang diberikan bisa menjadi modal untuk bisnis agar semakin maju dan menghasilkan keuntungan menjanjikan. Tanpa adanya hal ini maka perjalanan jadi terhambat dan tidak bisa mencapai tujuan utama para pelaku bisnis.

Modal usaha berasal dari pemerintah ini pun bisa didapatkan pada jumlah yang cukup besar. Mulai dari berbentuk pinjaman seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga pinjaman barang sesuai kebutuhan masing-masing. Maka dari itu, ada baiknya bagi para pelaku bisnis kecil untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dan melengkapi persyaratan yang ada agar pinjaman bisa disetujui.

Untuk informasi lengkap mengenai pinjaman UMKM online pemerintah, maka simak ulasan di bawah ini, yaitu antara lain:

Mengenal UMKM

UMKM merupakan sebuah bisnis yang dijalankan oleh para individu maupun rumah tangga yang memiliki batasan omzet per tahunnya, berapa jumlah kekayaan, aset, jumlah karyawan haruslah sesuai ketentuan. Peranannya pun cukup penting dalam membantu perekonomian negara. Namun beberapa diantaranya mengalami kesulitan modal dan membuat bisnis jadi tidak berkembang dengan baik. Sehingga bantuan pinjaman sangatlah diperlukan.

Salah satu pinjaman UMKM online pemerintah yang terpercaya dan bisa didapatkan oleh masyarakat adalah KUR. Dalam hal ini, kredit KUR ditawarkan dengan tingkat bunga rendah. Namun meskipun begitu, proses pengajuan pinjaman bisa dibilang relatif mudah dan membuat para pelaku bisnis kecil pun merasa terbantu.

Namun sayangnya terkadang penyaluran pembiayaan modal usaha satu ini tidak sesuai karena kendala administratif yang kurang memadai. Hal ini dikarenakan sistem manajemen keuangan masih belum dikelola secara otomatis. Maka dari itu, pelaku bisnis kecil menengah perlu mempertimbangkan pinjaman modal usaha manakah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan tidak memberatkan.

Apa Saja Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah?

Demi mengembangkan usaha kecil atau UMKM yang ada di Indonesia, pemerintah memberikan program bantuan berupa pinjaman modal usaha untuk siapapun. Berikut inilah beberapa pilihan modal berbentuk kredit dan non-kredit yang perlu diketahui, yaitu antara lain:

1. Kredit

Untuk pinjaman modal berbentuk kredit, pemerintah menawarkan program berupa KUR atau Kredit Usaha Rakyat dan juga PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan). Berikut inilah ulasan selengkapnya, yaitu:

  • KUR

Pinjaman UMKM online pemerintah satu ini pada umumnya ditargetkan untuk para pengusaha kecil dan menengah yang memang sedang membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha.

Dikenal sebagai KUR yang menawarkan bunga rendah, tentunya pinjaman satu ini bisa diajukan secara mudah oleh masyarakat. Adanya subsidi dari pemerintah pun membuatnya jadi lebih mudah diakses melalui berbagai lembaga perbankan milik pemerintah. Misalnya saja seperti Bank BRI, Mandiri, hingga lainnya.

  • PKBL

Pelaku bisnis usaha menengah kecil juga bisa mengajukan pinjaman online pemerintah melalui PKBL atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Masyarakat  bisa melakukan pengajuan dengan limit pinjaman hingga mencapai Rp 500 juta tanpa jaminan.

Pada umumnya, PKBL memberikan pinjaman kepada para pengusaha kecil yang memang terbukti potensial dan ahli di bidangnya. Misalnya saja pemberian dana pinjaman atau modal usaha pada komunitas pengrajin atau pembuat seni kerajinan, serta lain sebagainya.

2. Non-kredit

Tidak hanya pinjaman berbentuk kredit saja, pemerintah juga memberikan pinjaman modal usaha dengan bentuk non kredit atau berupa barang. Hal ini bisa disesuaikan tergantung kebutuhan masing-masing pelaku bisnis, yaitu seperti berikut ini:

  • PNPM Mandiri

Berbeda dengan KUR yang menawarkan pinjaman berupa uang modal untuk pengusaha kecil, sedangkan PNPM Mandiri lebih memfokuskan pada pelayanan masyarakat. Dalam hal ini, program yang diberikan yaitu mulai dari kebijakan dan penganggaran sesuai kebutuhan masyarakat yang bukan berupa uang.

PNPM Mandiri sebisa mungkin mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya dengan memberikan bantuan modal usaha berupa barang-barang. Misalnya saja seperti mesin, kulkas, kompor, hingga tenda kaki lima.

  • UMi

Pinjaman UMKM online pemerintah lainnya yaitu UMi, dimana pembiayaan ultra mikro satu ini diberikan pada masyarakat yang membutuhkan dana segar. Tujuannya yaitu sama dengan KUR, yaitu memberikan pinjaman agar usaha menengah kecil bisa berkembang. Perbedaannya terletak pada jumlahnya yang hanya Rp 10juta.

Pemerintah mengalokasikan dana untuk hal ini demi upaya membantu para pelaku usaha kecil menengah yang memang berniat menjalankan bisnis namun terhalang modal. Sehingga akses pinjaman yang diberikan diharapkan bisa menjadi alternatif pilihan agar bisnis dapat berkembang pesat sesuai keinginan.

Nah itulah ulasan mengenai pinjaman UMKM online pemerintah yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha kecil menengah. Modal inilah yang nantinya bisa mengembangkan usaha sekaligus membantu perekonomian nasional. Sehingga UMKM pun jadi lebih berkembang pesat dan semakin sejahtera.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *