Proposal Bisnis Makanan, Pentingnya Proposal dan Contohnya

Bisnis makanan saat ini semakin marak dan menjamur, berbagai jenis makanan ditawarkan dengan berbagai tampilan menarik.

Peluang bagi para pebisnis untuk memulai usahanya di bidang makanan yang unik.

Read More

Untuk memulai hal tersebut maka dibutuhkan proposal bisnis makanan yang harus dipersiapkan.

Seorang pengusaha harus membuat proposal sebagai alat membuka peluang kepada para sponsor atau investor.

Unsur Yang Ada Dalam Proposal

Pentingnya Penulisan proposal yang baik dan benar agar tampilan proposal bisa memberikan informasi secara lengkap.

Maka perlu memahami unsur apa saja yang ada pada proposal bisnis tersebut. Inilah beberapa unsur yang harus ada saat menyusun proposal bisnis di bidang makanan.

1. Nama Perusahaan

Nama perusahaan tentu sudah jelas dicantumkan berdasarkan nama yang sudah ada. Hal ini penting sebagai identitas awal dalam proposal, kejelasan nama perusahaan menjadi awal pembaca melihat seperti apa perusahaan tersebut. Seperti saat perkenalan, tentu menyebutkan nama dengan jelas.

2.Tujuan perusahaan

Tujuan perusahaan merupakan penjelasan dari perusahaan tersebut terkait produk atau usahanya sendiri. Diberikan secara singkat, jelas dan terperinci. Sehingga pembaca proposal memahami inti dari tujuan perusahaan tersebut dan pengaruhnya pada produk.

3. Latar Belakang Usaha

Latar belakang ini biasanya merupakan informasi tentang hal apa saja yang melatarbelakangi bisnis makanan tersebut. Dan juga menjelaskan kenapa memilih produk makanan tersebut untuk ditawarkan ke khalayak luas.

Latar belakang ini dijelaskan dengan bahasa yang baik dan benar serta penjabaran jelas. Sehingga pembaca proposal mampu memahami latar belakang usaha yang sedang dilakukan.

4. Survey Pasar

Pada bagian survey pasar, harus berisi tentang penjelasan berdasarkan fakta yang riil terjadi. Seperti apa produk makanan tersebut di mata masyarakat.

Bagaimana produk tersebut terlihat, dikonsumsi dan sebagainya. Penjelasan yang diuraikan harus singkat, padat dan jelas pada bagian survey pasar ini.

5.Peluang Bisnis

Pada peluang bisnis, penjelasan juga dibagi menjadi dua, yaitu rumusan masalah dan solusi masalah. Keduanya harus dijelaskan juga berdasarkan fakta dan deskripsi yang singkat serta jelas.

  • Rumusan masalah, penjelasan berisi tentang fakta pencarian bahan baku dan penjelasan ide.
  • Solusi masalah, mencari beberapa solusi yang menjawab dari rumusan masalah tersebut.

6.Deskripsi Produk

Deskripsi bisnis lebih menjelaskan tentang produk makanan yang dibuat. Apa saja keunggulan yang diberikan dari produk makanan tersebut.

Sehingga pembaca proposal akan tertarik dan memahami gambaran produk secara rinci. Penjelasan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu produk dan keunikan.

  • Produk, mendeskripsikan tentang detail produk serta unsur-unsur pendukung produk.
  • Keunikan, menjabarkan apa saja keunikan produk dibandingkan dengan produk makanan yang yang sudah sama di pasaran.

7. Kesimpulan

Penjabaran pada kesimpulan yaitu memberikan kesan isi dari proposal secara keseluruhan. Kesimpulan ini diibaratkan ending dari proposal dan inti dari semua penjelasan produk yang akan dijabarkan pada proposal yang dibuat

Dengan memahami unsur yang ada pada proposal, maka selanjutnya pebisnis mampu mendapatkan gambaran seperti apa bentuk proposal nantinya. Karena proposal memiliki nilai yang penting untuk memulai bisnis terutama di bidang makanan.

Pentingnya Proposal Bisnis Makanan

Kenapa harus membuat proposal saat akan memulai bisnis? Karena proposal seperti panduan dan Penjabaran mengenai bisnis yang akan dilakukan. Apalagi jika bisnis yang akan dilakukan dalam hal makanan atau kuliner, inilah pentingnya membuat proposal bisnis.

  1. Sebagai panduan rencana awal dan akhir.
  2. Pengembangan strategi
  3. Berpikir kritis
  4. Menganalisa financial yang dibutuhkan.
  5. Identifikasi risiko.
  6. Gambaran kemampuan Bisnis yang dilakukan.

Dengan pentingnya membuat proposal yang ada. Maka inilah contoh dari proposal bisnis untuk makanan yang dijabarkan sebagai pemahaman.

Unsur Yang Ada Dalam Proposal

Pentingnya Penulisan proposal yang baik dan benar agar tampilan proposal bisa memberikan informasi secara lengkap.

Maka perlu memahami unsur apa saja yang ada pada proposal bisnis tersebut. Inilah beberapa unsur yang harus ada saat menyusun proposal bisnis di bidang makanan.

1. Nama Perusahaan

Nama perusahaan tentu sudah jelas dicantumkan berdasarkan nama yang sudah ada. Hal ini penting sebagai identitas awal dalam proposal, kejelasan nama perusahaan menjadi awal pembaca melihat seperti apa perusahaan tersebut. Seperti saat perkenalan, tentu menyebutkan nama dengan jelas.

2. Tujuan Perusahaan

Tujuan perusahaan merupakan penjelasan dari perusahaan tersebut terkait produk atau usahanya sendiri. Diberikan secara singkat, jelas dan terperinci. Sehingga pembaca proposal memahami inti dari tujuan perusahaan tersebut dan pengaruhnya pada produk.

3. Latar Belakang Usaha

Latar belakang ini biasanya merupakan informasi tentang hal apa saja yang melatarbelakangi bisnis makanan tersebut. Dan juga menjelaskan kenapa memilih produk makanan tersebut untuk ditawarkan ke khalayak luas. Latar belakang ini dijelaskan dengan bahasa yang baik dan benar serta penjabaran jelas.

4. Survey Pasar

Pada bagian survey pasar, harus berisi tentang penjelasan berdasarkan fakta yang riil terjadi. Seperti apa produk makanan tersebut di mata masyarakat.

Bagaimana produk tersebut terlihat, dikonsumsi dan sebagainya. Penjelasan yang diuraikan harus singkat, padat dan jelas pada bagian survey pasar ini.

5. Peluang Bisnis

Pada peluang bisnis, penjelasan juga dibagi menjadi dua, yaitu rumusan masalah dan solusi masalah. Keduanya harus dijelaskan juga berdasarkan fakta dan deskripsi yang singkat serta jelas.

Rumusan masalah, penjelasan berisi tentang fakta pencarian bahan baku dan penjelasan ide. Solusi masalah, mencari beberapa solusi yang menjawab dari rumusan masalah tersebut.

Dengan beberapa penjabaran yang jelas, maka diharapkan bisa menjadi jawaban untuk solusi bisnis pada bagian proposal. Sehingga pembaca proposal bisa memperoleh informasi secara utuh dan menyeluruh dari proposal bisnis bidang makanan ini.

6. Deskripsi Produk

Deskripsi bisnis lebih menjelaskan tentang produk makanan yang dibuat. Apa saja keunggulan yang diberikan dari produk makanan tersebut. Sehingga pembaca proposal akan tertarik dan memahami gambaran produk secara rinci.

Produk, mendeskripsikan tentang detail produk serta unsur-unsur pendukung produk.

Keunikan, menjabarkan apa saja keunikan produk dibandingkan dengan produk makanan yang yang sudah sama di pasaran.

Dengan memahami unsur yang ada pada proposal, maka selanjutnya pebisnis mampu mendapatkan gambaran seperti apa bentuk proposal nantinya. Karena proposal memiliki nilai yang penting untuk memulai bisnis terutama di bidang makanan.

Contoh Proposal Bisnis Makanan

Nama Perusahaan :

PT Karisma Utama

Tujuan :

Melakukan produksi bahan makanan berupa tahu Bagi masyarakat Indonesia yang dibentuk lebih unik serta menarik. Dan membantu para pengusaha tahu untuk produksi tahunnya di Indonesia.

Latar Belakang Usaha :

Tahu merupakan bahan yang mudah didapatkan. Tahu bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat camilan bagi masyarakat luas.

Survey Pasar

Masyarakat sangat menggemari tahu sebagai bahan makanan bahkan lauk. Tahu juga dibandingkan dengan berbagai menu makanan. Sehingga masyarakat pasti akan menyukai tahu sebagai bahan dasar cemilan dengan nuansa baru.

Survey terhadap pasar, perusahaan telah melakukan analisa di pasaran. Yaitu :

  • Masyarakat cenderung menyukai camilan.
  • Kebiasaan orang-orang menjadikan camilan sebagai oleh-oleh.
  • Kandungan gizi tahu yang sangat baik.

Peluang Bisnis

Berikut ini peluang bisnis didasarkan pada Rumusan masalah dan solusi masalah.

Rumusan masalah

Perlunya mencari tempat untuk penyediaan tahu sebagai bahan baku utama. Serta ide melakukan pengolahan tahu yang akan diolah menjadi stik tahu berbagai rasa.

Solusi masalah

Adanya kerjasama antar pengusaha tahu untuk menyetor tahu sebagai bahan baku dalam pembuatan stik tahu. Serta mengadakan agen-agen untuk menjualkan produk hasil olahan tahu.

Deskripsi Produk

Produk yang akan dihasilkan berupa stik tahu. Stik olahan berbahan dasar tahu dengan memberikan berbagai macam varian rasa.

Varian rasa ini seperti keju, jagung bakar, pedas, asin, original, balado dan barbeque. Dan memberikan harga yang terjangkau serta kemasan menarik sehingga masyarakat tertarik.

Keunikan

  • Stik tahu masih jarang ditemukan sebagai camilan dengan berbagai varian rasa.
  • Dibungkus dengan unik dan mudah dibuka tutup, sehingga camilan mudah untuk dimakan dimana saja dan kapan saja.
  • Tampilan varian rasa yang disajikan dari stik tahu ini akan memberikan berbagai sensasi tersendiri

Baca Juga: Bingung Membuat Surat Bisnis, Yuk Simak Contoh Surat Bisnis Berikut Ini!

Kesimpulan

Dengan adanya contoh proposal yang dibuat, maka pebisnis bisa melakukan kerjasama dengan para produsen atau investor. Sehingga bisnis bisa lancar dan sukses dilakukan.

Dengan penjelasan mendetail tentang proposal bisnis makanan, maka selanjutnya pebisnis bisa memulai usahanya.

Proposal yang sudah dibuat bisa membantu dan membuka peluang kerjasama serta memberikan panduan penting dalam awal bisnis.

Selain itu proposal ini juga mewakili perusahaan dalam memahami produk yang akan dikenalkan kepada khalayak luas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *