Prospek Kerja Public Relation dan Kampus Rujukan Jurusan PR

  • Whatsapp
Prospek Kerja Public Relation

Menentukan jurusan kuliah bukan perkara remeh, tapi harus ada pertimbangan khusus agar tidak menyesal pada pertengahan jalan. Berbagai aspek pun turut dipertimbangkan mulai peluang hingga kampus yang membuka jurusannya. Contohnya, ulasan menarik tentang prospek kerja Public Relation dan daftar kampusnya ini, yang mungkin bisa dijadikan satu referensi terbaik, sebagai berikut: 

Berbagai Prospek Kerja Public Relation Terbaru 

Sebagai jurusan yang menekankan pada studi dalam bidang hubungan manusia sebagai makhluk sosial yang menjalin kerjasama dengan banyak pihak, memungkinkan terciptanya peluang yang besar. Khususnya, pada bidang-bidang pekerjaan yang menuntut skill komunikasi dan kepercayaan diri seperti: 

1. Reporter 

Seorang lulusan Public Relation dituntut untuk menguasai berbagai macam kecakapan khususnya bidang komunikasi di depan umum. Karenanya, profesi yang menantang mental seperti menjadi wartawan bisa menjadi pilihan hidup di masa depan nanti. Terlebih ada banyak pilihan mulai dari wartawan untuk berita olahraga, kriminal, wisata, kuliner, maupun bidang pemberitaan yang lain. 

2. Devisi Humas 

Pada sebuah instansi baik perusahaan swasta maupun lembaga pemerintahan, divisi ini dianggap sebagai salah satu yang terpenting. Terutama berkaitan sebagai tugas pokoknya dalam menyebarkan informasi dan menjembatani antara internal perusahaan dengan mitra luar. Orang dengan keterampilan komunikasi unggul laiknya lulusan Public Relation adalah yang paling tepat untuk menempati posisi ini. 

3. Anchor News 

Selain menjadi wartawan, prospek kerja Public Relation yang tidak kalah menggiurkan adalah menjadi anchor news atau pembawa acara berita profesional. Pekerjaan ini cukup populer di dunia pertelevisian dan mempunyai prestise tersendiri saat menjalaninya. Berkat bekal yang dimiliki berupa kecakapan komunikasi, membuat peluang lulusan untuk menekuni bidang ini sangat terbuka lebar. 

4. Event Organizer 

Bidang pekerjaan yang terus berkembang sekarang adalah event organizer dan ini tepat untuk  para lulusan Public Relation. Alasannya, karena lulusan jurusan ini memiliki keterampilan dalam manajerial sebuah acara mulai dari mengonsep hingga melaksanakannya. Oleh sebab itu, bila profesi EO ini dijalani, maka peluang besar bagi kesuksesan sebuah acara yang ditangani. 

5. Pemandu Acara 

Berikutnya, salah satu profesi yang tidak kalah penting dan selalu dibutuhkan di manapun adalah pemandu acara tertentu. Sarjana bidang Public Relation sangat sesuai untuk menekuni pekerjaan ini karena memiliki kecakapan-kecakapan yang sangat menunjang. Yakni, dalam kemampuan memikat setiap pengunjung acara dengan skill komunikasi andal yang mampu menghidupkan berbagai macam suasana. 

6. Manajer Bidang Pemasaran dan Sosmed 

Posisi marketing pada sebuah perusahaan memiliki fungsi yang urgent dalam sejumlah riset berkaitan dengan kemajuan perusahaan. Tanggung jawab besar ini menuntut kecakapan dalam penjalinan kerja sama dengan banyak pihak di lingkungan eksternal kantor. Berdasarkan hal tersebutlah maka sarjana Public Relation dengan kecakapan komunikasi tinggi dianggap layak untuk mengampu manajerial pemasaran. 

7. Sales 

Sembilan, kecakapan yang berkaitan dengan komunikasi dan ketahanan mental dalam menghadapi banyak tipe orang juga membuka peluang persalesan. Mahasiswa yang menyelesaikan pendidikan Public Relation tentu mahir dalam hal menawarkan sesuatu atau bernegosiasi dengan para konsumen dalam banyak keadaan. Karena itulah posisi sebagai sales sering dianggap pas untuk menyalurkan  keterampilan tersebut. 

8.  Tenaga Pendidik 

Terakhir, namun tidak terlewatkan dalam daftar prospek kerja Publik Relation paling menggiurkan ialah menjadi seorang tenaga pendidik. Lulusan jurusan ini bisa memilih untuk mengabdikan diri pada jenjang sekolah menengah atas dan sederajat atau pada tingkat perguruan tinggi. Tentunya, jika memilih opsi kedua, maka harus siap menempuh jenjang S2 terlebih dahulu. 

Informasi Kampus Rujukan yang Membuka Jurusannya 

Setelah membaca beberapa prospek kerja Public Relation di atas, kini adalah waktu yang tepat untuk menyimak daftar kampus rujukannya. Ternyata, sebagai studi keilmuan populer dan urgen, jurusan ini banyak dibuka di perguruan negeri maupun swasta, semisal: 

1. Perguruan Tinggi Negeri 

Bila berminat untuk mencoba peruntungan dengan mendaftar jurusan Public Relation di perguruan tinggi maka ada banyak pilihannya. Seperti beberapa kampus negeri ternama yang disebutkan berikut ini: 

  • UI Jakarta; 
  • Unpad Jawa Barat; 
  • Undip Jawa Tengah; 
  • UGM di Yogyakarta; 
  • Unesa Surabaya; dan 
  • Berbagai perguruan tinggi ternama yang lainnya. 

2. Kampus Swasta 

Selain dari perguruan tinggi negeri yang disebutkan di atas, keilmuan ini juga banyak tersedia di kampus-kampus swasta terbaik Indonesia. Beberapa di antaranya yang termasuk dalam daftar rekomendasi terbaik adalah: 

  • Universitas Budi Luhur; 
  • Bina Nusantara University; 
  • Mercu Buana Jakarta; 
  • Esa Unggul; 
  • Undira; serta 
  • Beragam kampus swasta dengan jurusan Public Relation lainnya. 

Nah, demikianlah tadi sejumlah informasi penting yang wajib dipahami terkait prospek kerja Public Relation terbaru beserta kampus rekomendasinya. Bagaimana? Sudahkan membuat rencana studi PR di kampus-kampus pilihan yang disebutkan? Jika  sudah memiliki, sebaiknya segera saja siapkan segala sesuatunya mulai biaya, hingga hal administratif seperti dokumen dan keterampilan pendukung sedari sekarang!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *