Tipe, Harga, dan Alasan Memiliki Lahan Makam di San Diego Hills

  • Whatsapp

Semakin sempitnya lahan kosong di area Jakarta, Bandung, dan sekitarnya sama artinya dengan semakin kecilnya lahan untuk pemakaman umum. Keberadaan lahan untuk pemakaman umum saat ini juga sangat mengenaskan, kotor, dan tidak terawat. Saat ini, ada San Diego Hills, sebuah lahan pemakaman luas yang bersih, asri, dan terjaga keamanannya.

Mengapa Memilih San Diego Hills

Sebagai sebuah lahan pemakaman yang bersifat permanen, kompleks pemakaman yang terletak di Karawang, Jawa Barat ini aman dari penggusuran. Penggusuran kompleks pemakaman sering terjadi seiring dengan kebutuhan manusia untuk memperoleh tempat tinggal. Oleh sebab itu, tidak jarang bila sebuah lahan pemakaman seringkali digusur atau ditimbun untuk dijadikan sebuah kompleks perumahan atau gedung.

Selain itu, semakin sedikitnya lahan untuk pemakaman umum membuat banyak makam-makam yang kemudian ditumpuk. Dengan kata lain, sebuah makam yang sudah cukup lama akan ditimbun ulang dan ditumpuk dengan makam yang baru. Hal ini tentu akan membuat sedih bagi sanak keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, dengan kondisi tersebut, sanak keluarga akan kesulitan saat berziarah.

Tipe-Tipe dan Harga Makam di San Diego Hills Terpopuler

Dari semua tempat pemakaman yang pernah ada, rasanya hanya di sinilah sebuah kompleks pemakaman yang sangat elit. Ada beberapa tipe makam yang disediakan oleh pengelola makam. Berikut ini adalah beberapa tipe makam yang terdapat di San Diego Hills, lengkap dengan harganya.

1. Tipe Single Burial

Pada tipe ini, tidak ada pembatas yang jelas antara satu kavling makam dengan kavling lainnya. Tipe ini sangat cocok untuk memakamkan satu orang jenazah dengan harga yang ekonomis. Harga lahan makam di tipe Single Burial ini mulai 63 juta rupiah.

Harga yang dibayarkan untuk tipe Single Burial ini sudah mencakup pemotongan, penyiraman, dan pemupukan rumput, serta keamanan. Fasilitas tersebut untuk menjaga agar lahan pemakaman tetap terawat, rapi, dan bersih.

2. Tipe Semi Privat

Salah satu lahan yang paling banyak dicari di kompleks ini adalah lahan tipe Semi Privat. Perbedaan dengan tipe Single Burial, tipe ini sudah memiliki pembatas pada masing-masing lahan. Pembatas pada lahan ini bisa berupa tembok, tanaman, atau kombinasi keduanya.

Harga yang ditawarkan untuk membeli lahan makam di tipe Semi Privat berkisar mulai Rp 100 juta dengan fasilitas yang lengkap. Selain fasilitas yang lengkap, lahan di tipe Semi Privat ini bisa untuk dua orang jenazah. Lahan di tipe ini juga sudah dibedakan sesuai dengan kepercayaan dan aturan masing-masing.

3. Tipe Paviliun

Selain dua tipe di atas, ada juga lahan makam Tipe Paviliun yang disediakan di kompleks makam yang terletak di Karawang ini. Makam Tipe Paviliun merupakan lahan makam yang diperuntukkan bagi dua orang jenazah yang sudah mencakup bangunan paviliun. Bangunan paviliun ini akan membuat peziarah tidak akan kehujanan atau kepanasan.

Luas lahan di tipe Paviliun ini berkisar antara 50 meter persegi. Harga beli lahan makam untuk tipe ini mulai Rp 1 Miliar dengan fasilitas yang super lengkap. Fasilitas perawatan dan kebersihan makam sudah termasuk ke dalam harga beli lahan. Makam tipe Paviliun ini tidak tersedia untuk pemakaman Islam dan hanya bisa untuk nuansa Universal (Kristen, Katolik, Budha) dan Tionghoa.

Memiliki sebuah lahan pemakaman yang bersih dan asri untuk sanak keluarga yang meninggal tentu harapan setiap orang. Lahan pemakaman yang bersih dan asri menjadi bentuk penghormatan dari saudara yang ditinggalkan kepada mereka yang telah meninggal. Hanya ada kompleks pemakaman San Diego Hills yang mampu memberikan jaminan lahan makam yang bersih dan asri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *