Apa dan Bagaimana Itu Sistem Pendidikan Nasional?

  • Whatsapp

Dalam sebuah Undang-undang, Pemerintah di Indonesia memang memiliki sebuah tugas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini. 

Hal ini tentu tidak terlepas dari sistem pendidikan nasional yang harus dikonsep sedemikian rupa agar bisa selaras dengan tujuan yang ada. 

Read More

Beberapa hal yang terkait dengan sistem tersebut yaitu dengan mengusahakan dan menyelenggarakan pendidikan yang tepat. 

Tentunya hal yang menjadi dasar sebuah sistem pendidikan nasional yaitu untuk meningkatkan sebuah keimanan dan juga ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki akhlak mulia. 

Sebuah sistem ini juga harus bisa menjamin adanya pemerataan kesempatan dalam menjalankan pendidikan serta adanya mutu manajemen pendidikan. Untuk lebih lanjut akan sistem pendidikan nasional ini,  simak ulasannya berikut ini! 

Apa Itu Sistem Pendidikan Nasional?

Berbicara mengenai sebuah sistem, merupakan suatu perangkat yang terhubung dalam suatu keseluruhan dan saling bertautan. 

Lain halnya dengan pendidikan yang merupakan usaha sadar dalam menyiapkan peserta didik dengan melalui sebuah kegiatan tertentu baik bimbingan,  pengajaran, maupun adanya latihan.  

Pendidikan nasional merupakan sebuah pendidikan yang berlandaskan atau berpedoman pada pancasila dan juga UUD Negara Republik Indonesia tahun1945 yang berakar pada beberapa aspek. 

Aspek tersebut meliputi nilai-nilai agama dan juga nilai kebudayaan yang ada di Indonesia.

Dengan adanya hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sistem pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan pada pancasila dan juga UUD 1945 yang berakar pada nilai agama dan juga kebudayaan nasional yang dianggap sebagai pedoman tuntutan zaman. 

Sistem pendidikan nasional juga bisa menjadi satu kesatuan yang berhubungan dengan tujuan pendidikan nasional yang bersumber pada nilai agama dan juga kebudayaan nasional di Indonesia. 

Adanya sebuah pendidikan nasional ini untuk menghadapi adanya tantangan agar sesuai dengan tuntutan perubahan yang ada pada kehidupan baik lokal, nasional, maupun internasional.  

Fungsi Sistem Pendidikan Nasional

Pada dasarnya fungsi dari sistem pendidikan ini telah diatur dalam undang-undang.

Dengan adanya sebuah sistem ini akan memberikan arahan bagaimana sebuah pendidikan nasional berlangsung berikut beberapa fungsi dari adanya sebuah sistem tentang pendidikan nasional tersebut,  diantaranya:

1. Memberikan Arahan Terbentuknya Karakter Bangsa

Pada dasarnya sebuah pendidikan nasional akan memberikan pengajaran dan juga ilmu pengetahuan yang membentuk karakter bangsa. 

Dengan adanya sistem yang telah dikemas sedemikian rupa, tentu arahan tersebut akan semakin mudah. Tentunya karakter yang diharapkan meliputi ketaqwaan kepada Tuhan YME dan juga kreativitas serta kecerdasan. 

2. Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara Maksimal

Adanya sistem tentang pendidikan nasional akan mampu dalam mengembangkan watak serta peradaban bangsa yang lebih bermartabat yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Potensi peserta didik akan lebih maksimal baik dari segi ilmu, kreativitas, mandiri dan juga tanggung jawab ketika tercantum dalam sebuah sistem pendidikan.  

3. Meningkatkan Mutu Pendidikan

Mutu pendidikan menjadi ranah yang sangat penting untuk selalu ditingkatkan.  Hal ini dikarenakan berimbas pada perkembangan zaman serta teknologi yang ada. 

Dengan selalu meningkatkan mutu, tentunya pendidikan yang ada di Indonesia akan semakin maju dan juga berkembang.  Dengan adanya mutu yang baik, kehidupan dan martabat masyarakat Indonesia akan bisa sesuai dengan tujuan nasional.  

Tujuan Sistem Pendidikan Nasional

Lain halnya dengan sebuah fungsi,  tujuan sistem pendidikan nasional menjadi arahan yang menjadikan peserta didik harus memiliki komponen yang diharapkan. 

Adanya tujuan ini memberikan sarana apa yang harus dicapai dalam sebuah pendidikan nasional ini. Adapun beberapa tujuan dari sistem pendidikan nasional ini,  diantaranya:

1. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Seperti yang tercantum dalam undang undang, bahwa masyarakat indonesia diharapkan ketika menempuh sebuah jalan pendidikan,  mampu untuk memajukan bangsa ini.

Kehidupan berbangsa dan bernegara bisa berjalan dengan baik apabila masyarakat atau ranah dalam memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. 

2. Mengembangkan Manusia Indonesia Seutuhnya

Tujuan dari mengembangkan manusia seutuhnya ini yaitu menjadi manusia yang memiliki sifat beriman dan juga bertaqwa terhadap Tuhan YME. 

Dengan asas berbudi pekerti luhur dan juga memiliki sebuah pengetahuan serta keterampilan. Kesehatan baik jasmani rohani juga turut diusung dalam tujuan sistem pendidikan ini.  

3. Arahan Membentuk Karakter Bangsa

Seperti halnya ilmu pengetahuan,  kreativitas, keterampilan, rasa percaya diri,  motivasi, serta hal yang lainnya, karakter tersebut sangat diharapkan. 

Dengan sebuah sistem menjadikan arahan bagaimana sebuah pendidikan mampu menciptakan peserta didik yang bisa memiliki beberapa karakteristik tersebut.  

4. Mencapai Efisiensi Yang Sebesar-Besarnya

Adanya sebuah sistem pendidikan nasional diharapkan mampu mencapai efisiensi yang sebesar-besarnya.orang-orang tidak akan memiliki sebuah batas dan juga membiarkan waktu berlalu begitu saja.

Tentunya hal ini akan berimbas pada harapan dari suatu bangsa yang selalu dibangun setiap saat.  Dengan adanya sistem akan mampu mencapai sebuah efisien dan juga harapan yang lebih besar.  

Pada dasarnya sebuah tujuan dari sistem pendidikan kni untuk memudahkan dalam menciptakan cita-cita bangsa Indonesia. 

Dengan tujuan anak-anak peserta didik nisa memiliki beberapa karakter yang diharapkan demi membangun sebuah bangsa ini kedepannya.  

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Teknologi Tepat Guna Dan Jenisnya

Bagaimana Sistem Pendidikan Nasional Yang Ada Di Indonesia? 

Pada dasarnya sistem akan pendidikan nasional yang ada di Indonesia ini diselenggarakan baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur. 

Ada jalur pendidikan nasional yang dibagi menjadi tiga bagian. Baik formal, non formal, dan informal, semuanya tercantum dalam sebuah sistem pendidikan ini.  

Untuk jalur formal diantaranya pendidikan dasar,  pendidikan menengah, dan juga pendidikan tinggi yang diatur sedemikian rupa sesuai dengan ketetapan menteri pendidikan.

Sistem pendidikan  memberikan pedoman bagaimana sebuah pendidikan harus dilangsungkan.

Baik dari segi materi, keterampilan, dan juga langkah menempuh pendidikan. Adanya jalur yang harus ditempuh menjadikan rangkaian untuk mencapai tujuan dari pendidikan nasional. 

Berbagai jenis pendidikan nasional yang ada di Indonesia baik itu sekolah tinggi,  militer, dan juga yang lain telah ditetapkan dan memiliki ketentuan tersendiri yang diatur oleh sistem pendidikan nasional.

Sistem tersebut akan mengarahkan agar peserta didik benar-benar berlandaskan pada ajaran yang bertujuan membentuk karakter bangsa ini 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *