7 Soft Skill yang Harus Dimiliki bagi Fresh Graduate yang Sedang Cari Kerja

  • Whatsapp
Soft Skill yang Harus Dimiliki

Dalam mencari pekerjaan dibutuhkan beragam skill terutama bagi yang baru lulus dan belum pernah bekerja. Tidak hanya hard skill, soft skill juga menjadi bekal penting bagi fresh graduate. Salah satu contoh soft skill yang harus dimiliki fresh graduate adalah problem solving yang baik.

Kedua skill tersebut sebenarnya sama-sama penting. Untuk cepat mendapatkan pekerjaan, hard skill dan soft skill harus seimbang. Namun, sebenarnya soft skill harus yang lebih diutamakan karena soft skill tidak bisa dipelajari. Berikut adalah 7 soft skill penting yang harus dimiliki para fresh graduate:

1. Kreatif

Bagi fresh graduate, kreatif menjadi salah satu soft skill yang harus dimiliki. Semua perusahaan akan selalu mencari pekerja dengan daya kreatif yang tinggi. Hal ini dikarenakan skill kreatif bisa menciptakan ide-ide baru yang luar biasa. Skill ini sangat dibutuhkan di posisi R&D atau pengembangan produk baru.

Dengan memiliki pekerja yang kreatif, perusahaan bisa terus berkembang dan berinovasi. Sebenarnya, skill ini sangat jarang ditemukan terutama pada fresh graduate. Walaupun begitu, skill kreatif tetap bisa muncul ketika para fresh graduate banyak membaca dan menggali ide-ide baru.

2. Inisiatif Tinggi

Selanjutnya adalah inisiatif yang tinggi. Maksud dari inisiatif adalah melakukan pekerjaan tanpa harus disuruh dan jika ada kesulitan langsung bertanya. Perusahaan akan suka dengan pekerja yang memiliki inisiatif tinggi. Tidak hanya itu, dengan inisiatif tinggi maka fresh graduate yang baru saja bekerja juga akan mudah diterima pekerja lain.

Bagi yang belum memiliki inisiatif tinggi bisa ditumbuhkan dengan mengembangkan pola pikir. Bisa juga dengan mengikuti kegiatan luar seperti organisasi. Dengan cara-cara tersebut, inisiatif akan secara natural terbentuk. Perusahaan senang, pekerja fresh graduate juga senang.

3. Kepemimpinan

Skill yang ketiga adalah kepemimpinan. Perusahaan juga sering mencari pekerjaan dengan skill kepemimpinan yang mumpuni. Untuk mendukung kemampuan skill ini, fresh graduate bisa melampirkan bukti seperti piagam pernah mengikuti kegiatan kepemimpinan. Bisa juga dengan menceritakan pengalaman pernah menjadi pemimpin suatu kegiatan.

Tidak hanya bagi perusahaan, kepemimpinan juga bermanfaat bagi fresh graduate karena bisa menjadi jembatan untuk naik pangkat. Jika masih belum terlalu memiliki jiwa kepemimpinan maka bisa dikembangkan dengan mengikuti berbagai pelatihan kepemimpinan. Tenang! Banyak kok yang menyelenggarakan kegiatan ini.

4. Public Speaking

Public speaking atau kemampuan berkomunikasi di depan orang banyak tanpa rasa takut menjadi soft skill yang harus dimiliki fresh graduate. Ketika mulai bekerja, pasti akan dihadapkan dengan orang banyak seperti dalam rapat. Selain rapat, bagi yang bekerja pada bidang marketing pasti akan selalu berhadapan dengan klien.

Jika pekerja tidak memiliki skill ini, maka perusahaan tidak akan bisa berkembang karena sulit mendapatkan konsumen. Kemampuan public speaking sangat dibutuhkan bukan? Segera latih skill ini dengan mengikuti berbagai pelatihan. Hal ini sangat penting terutama bagi yang malu berbicara di depan umum.

5. Kerja Tim

Semua pekerjaan pasti ada yang namanya kerja tim. Walaupun kelihatan mudah, kerja tim sangat sulit terutama bagi yang sulit beradaptasi dengan orang banyak. Ketika bekerja dalam tim, pasti akan berhadapan dengan berbagai karakter manusia. Jika tidak bisa bekerja dalam tim, akan menjadi masalah besar terutama fresh graduate  yang baru bekerja.

Memiliki kemampuan kerja tim yang baik juga sangat dicari perusahaan. Dengan kerja tim yang baik, akan menciptakan hubungan yang baik antar pekerja. Hubungan yang baik ini akan memberikan dampak baik bagi perusahaan.

6. Tahan Banting

Bekerja bukanlah hal yang mudah. Diperlukan mental yang kuat terutama ketika mendapat tekanan dari atasan atau pekerja lain. Pekerja sering dituntut untuk bekerja memenuhi target yang tentunya membuat stress. Maka dari itu, perusahaan sering mencari pegawai baru yang tahan banting atau mampu bekerja dalam tekanan.

Para pencari kerja fresh graduate harus benar-benar memperhatikan hal ini. Banyak fresh graduate yang tidak kuat dengan tekanan tersebut sehingga berhenti bekerja. Maka dari itu, siapkan mental baja sebelum bekerja. Dengan memiliki skill ini, maka pekerjaan akan lebih mudah dan dikerjakan dengan senang hati.

7. Berpikir Kritis

Ketika bekerja, karyawan pasti akan dihadapkan dengan permasalahan yang harus diselesaikan sendiri. Selain itu juga akan ada waktu dimana pekerja diharuskan memutuskan sesuatu dengan logis. Tanpa adanya kemampuan berpikir kritis, maka akan sulit untuk melakukan hal tersebut. Padahal, memutuskan sesuatu di hadapan karyawan lain pasti dihadapi ketika bekerja.

Berpikir kritis menjadi soft skill yang harus dimiliki walau sulit. Jangan cemas karena berpikir kritis bisa dilatih. Sering-seringlah bertanya, mendengarkan, dan mencoba berpendapat tentang suatu masalah. Tentu saja pendapat yang dikeluarkan harus logis. Dijamin! Kemampuan berpikir kritis akan meningkat.

Nah, diatas merupakan 7 soft skill yang harus dimiliki bagi fresh graduate yang sedang mencari kerja. Bagi yang masih belum terlalu bagus pada soft skill jangan khawatir! Perbanyaklah mengikuti kegiatan organisasi. Kegiatan seperti ini akan menumbuhkan kemampuan soft skill secara alami.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *